Cari di Blog Ini

Kamis, 08 April 2010

Penerbangan Mukomuko-Padang Dilayani Pesawat Febrian Airlines

Febrian Airlines, maskapai penerbangan yang melayani jalur penerbangan Mukomuko-Bengkulu dan Mukomuko-Padang. Maskapai ini mulai melayani rute penerbangan pada tanggal 7 April 2010 dengan pesawat terbang type Superking. Penerbangan perdana pada rute Mukomuko - Bengkulu dan Mukomuko - Padang telah dilaksanakan pada tanggal 7 April 2010.
Bandara Padang, Sumatera Barat. ZonaAero
Bandara Padang, Sumatera Barat
Febrian Airlines Layani Mukomuko-Padang

Maskapai penerbangan Febrian Airlines melayani jalur Mukomuko-Bengkulu dan Mukomuko-Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mulai April 2010. Harga tiket pesawat untuk kedua rute penerbangan tersebut antara Rp350 ribu hingga Rp450 ribu per orang, kata Bupati Mukomuko, Ichwan Yunus, melalui Kabag Humas, Yanzuri Nawawi, Kamis.

Penerbangan perdananya telah dimulai tanggal 7 April 2010, dengan menggunakan pesawat jenis Superking, dengan kapasitas sembilan tempat duduk dan dijadwalkan melakukan penerbangan dua kali dalam seminggu. Masalah penjualan tiketnya akan dilayani oleh perusahaan badan usaha milik daerah (BUMD) setempat, sebelumnya akan dikoordinasikan dengan perusahaan Febrian Airlines.

Bandara Mukomuko mulai tahun 2010 ini akan dikembangkan, karena mendapat bantuan dari Dirjen Perhubungan udara sebesar Rp8 miliar, dana bantuan itu akan digunakan pembuatan pagar, pembelian kendaraan pemadam kebakaran dan sarana pendukung lainnya. Dengan kelengkapan sarana tersebut, mudah-mudahan Bandara Mukomuko bisa beroperasi secara rutin sesuai harapan masyarakat setempat, karena selama ini transportasi ke daerah itu menggunakan jalan darat yang melelahkan.

Jarak tempuh melalui jalan darat dari Kota Bengkulu-Mukomuko selama tujuh jam, sedangkan Mukomuko-Padang, Sumbar sekitar lima jam, dengan adanya transportasi udara tersebut, maka akan mempercepat transportasi warga di daerah itu, terutama para karyawan perkebunan besar setempat.

Sementara hewan ternak yang masih banyak berkeliaran di sekitar landasan Bandara Mukomuko itu, ia mengatakan, akan ditertibkan agar tidak mengganggu kelancaran penerbangan di wilayah itu. "Pemkab Mukomuko sudah menginstruksikan kepada pemilik ternak, agar semua ternaknya dikandangkan dan tidak berkeliaran di sekitar landdasan Bandara tersebut," katanya.

antaranews.com