Cari di Blog Ini

Kamis, 22 April 2010

VSS Enterprise, Pesawat Antariksa Untuk Wisata Angkasa

VSS Enterprise, Virgin Galactic. ZonaAero
VSS Enterprise, Virgin Galactic
Jet wisata angkasa dipamerkan

Sir Richard Branson memamerkan secara resmi pesawat terbang yang akan digunakan untuk keperluan komersil bagi para penumpang yang ingin ke luar angkasa. SpaceShipTwo, SS2 kini tengah dipresentasikan kepada dunia di Mojave, California. Kendaraan itu akan menjalani test terbang selama 18 bulan sebelum diijinkan untuk membawa penumpang dalam perjalanan singkat ke atas atmosfir Bumi. Sir Richard, kepala kelompok usaha Virgin, berencana menjalankan penerbangan pertama di New Mexico, AS sebelum melebarkan operasinya di penjuru dunia.

Dibangun dari bahan karbon ringan dan bertenaga roket hibrida, model SS2 dibentuk berdasarkan pemenang lomba konsep SpaceShipOne, sebuah roket yang mengangkat pesawat sebelum diterbangkan ke udara. "Kami menginginkan program ini menjadi sebuah awal baru dalam era penerbangan luar angkasa,'' kata Sir Richard kepada wartawan sebelum memamerkan pesawat itu.

SS1 menjadi pesawat luar angkasa swasta pertama di dunia dengan serangkaian penerbangan luar angkasa di tahun 2004. Penerusnya, dua kali lebih besar, dengan panjang 18m. Jika SpaceShipOne hanya memiliki pilot tunggal dan mampu menampung dua penumpang, maka SS2 akan menampung hingga dua kru dan enam penumpang.

Sekitar 300 orang dilaporkan telah mendaftarkan diri untuk menumpang pesawat tersebut. Mereka bersedia membayar sekitar AS $200.000 untuk mendapatkan pengalaman enam menit mengambang di angkasa dalam sebuah total dua jam tur penerbangan. "Sangat luar biasa untuk mengira hanya 450 orang yang pernah ke luar angkasa, itu termasuk semua kosmonot Rusia, Cina dan astronot Amerika Serikat,'' kata Sir Richard kepada BBC News. "Kami harus mampu merealisasikan perusahaan penerbangan luar angkasa komersil kami, Virgin Galactic, untuk membawa sekitar 1.000 orang dan membuat mereka menjadi 'astronot' dalam 12 bulan setelah kami mulai.''

Banyak orang yang telah mendaftar menghadiri pameran pesawat ini di landasan pacu Mojave. Diantaranya adalah penyanyi dan penari Inggris Sarah Brightman, yang terkenal dengan tembang diskonya berjudul I Lost My Heart to a Starship Trooper.

Gubernur California Arnold Schwarzenegger dan Gubernur New Mexico Bill Richardson juga memiliki andil dalam pembentukan Virgin SpaceShip (VSS) Enterprise. Otoritas New Mexico menginvestasikan hampir US $200 juta dalam pembangunan fasilitas di Upham, yang akan menyediakan landas pacu sepanjang 3.000m dan sebuah terminal serta bangunan hangar pesawat yang didesain oleh Foster.

Perusahaan Virgin Galactic enterprise akan memiliki saingan tapi Sir Richard meyakini akan memimpin pasar. Pesawat SpaceShipTwo yang diberi nama WhiteKnightTwo ini sudah selesai dibangun tahun lalu dan siap untuk menjalani uji coba.

sumber : bbc.co.uk