Cari di Blog Ini

Rabu, 15 Mei 2013

AirAsia Tingkatkan Frekuensi Penerbangan Lombok-Kuala Lumpur

Informasi Penerbangan: Penerbangan Lombok-Kuala Lumpur yang dilayani AirAsia makin ditingkatkan lagi frekuensinya. Jika sebelumnya rute penerbangan Lombok-Kuala Lumpur dilayani pesawat AirAsia sebanyak 4 kali seminggu, kini dilayani setiap hari. Untuk merayakan peningkatan frekuensi penerbangan pada rute ini, AirAsia menggelar promo tiket pesawat all-in-fare yang harganya dimulai dari Rp 299 ribu.
AirAsia. ZonaAero
AirAsia Layani Penerbangan Lombok-Kuala Lumpur Setiap Hari

AirAsia menambah frekuensi rute penerbangan Lombok-Kuala Lumpur menjadi setiap hari. Harga tiketnya, mulai dari Rp 299 ribu untuk rute tersebut. Nantinya, penambahan frekuensi penerbangan ini mulai efektif pada 11 Juni 2013 mendatang. Sebelumnya, frekuensi penerbangan Lombok-Kuala Lumpur hanya 4 kali seminggu. Kini, traveler dapat berpergian ke Kuala Lumpur dengan penerbangan satu hari sekali sepanjang minggu dari Lombok. "Penambahan frekuensi penerbangan Lombok–Kuala Lumpur dari 4 kali seminggu menjadi 7 kali seminggu, memberikan fleksibilitas bagi penumpang dalam mengatur waktu penerbangan sepanjang minggu," kata Presiden Direktur AirAsia Indonesia, Senin (13/5/2013).

Pesawat yang terbang dari Kuala Lumpur menuju Lombok berangkat mulai pukul 08.40 waktu setempat dan tiba pada pukul 11.45 WITA. Setelah itu, pesawat akan terbang dari Lombok menuju Kuala Lumpur pada pukul 12.15 WITA dan tiba pada pukul 15.25 waktu setempat.

Dalam merayakan penambahan frekuensi ini, AirAsia menawarkan promo all-in-fare mulai dari Rp 299 ribu (harga sudah termasuk pajak bandara dan biaya lain-lain) untuk rute Lombok-Kuala Lumpur. Sementara itu, penerbangan Kuala Lumpur-Lombok mulai dari Rp 332 ribu. Promo ini tersedia mulai dari hari ini, 13 Mei 2013 hingga 19 Mei 2013 dengan periode perjalanan mulai 11 Juni 2013 hingga 30 April 2014. Traveler bisa mendapatkan kursi super hemat ini melalui website resmi AirAsia, serta aplikasi AirAsia yang tersedia di perangkat iPhone dan Android.

Para calon penumpang disarankan untuk memesan bagasi secara online bersamaan dengan pemesanan kursi. Hal ini dapat menghemat hingga 66% dibandingkan dengan check-in bagasi melalui konter di bandara.

travel.detik.com

Tahun Ini Garuda Indonesia Akan Terbangkan 112.688 Jemaah Haji Indonesia

Informasi Penerbangan: Pada musim Haji tahun 2013, Garuda Indonesia akan menerbangkan 112.688 orang jemaah Haji asal Indonesia. Para jemaah Haji tersebut berasal dari 10 daerah embarkasi Haji yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk melayani penerbangan Haji tahun 2013, Garuda Indonesia akan mengoperasikan 10 unit pesawat Airbus A330-300, 3 unit pesawat Boeing 747, dan 1 unit pesawat Boeing 777.
Penerbangan Haji Garuda Indonesia. ZonaAero
Angkutan Haji: Garuda Layani Penerbangan 112.688 Jemaah

Maskapai penerbangan pelat merah PT Garuda Indonesia Tbk akan mengangkut 112.688 jemaah haji asal Indonesia pada musim haji 2013 mulai 10 September 2013. Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Sattar menjelaskan 112.688 jemaah haji tersebut tergabung dalam 295 kelompok terbang dari 10 embarkasi. "Kita gunakan 14 pesawat buatan 2010 yaitu 10 unit Airbus A330-300, tiga pesawat Boeing 747 dan satu Boeing 777," ujarnya di sela-sela penandatangan perjanjian pengangkutan jemaah haji 2013 antara Kementerian Agama dan Garuda Indonesia serta Saudi Arabian Airlines di Jakarta, Senin (13/5/2013).

Kapasitas penumpang Airbus A330-300 mencapai 375 orang, Boeing 747 berkapasitas 455 kursi, dan Boeing 777 memiliki kapasitas 314 orang. Emirsyah Sattar menjelaskan pihaknya akan mengakut 10 embarkasi jemaah haji sejak 10 September 2013 hingga kepulangan jemaah haji pada 19 November 2013. Pada musim haji 2013, Garuda Indonesia akan menerbangkan jemaah dari 10 embarkasi yaitu embarkasi Aceh (3.984 jemaah), Medan (8.324 jemaah), Padang (7.514 jemaah), Palembang (7.378 jemaah), Jakarta (22.151 jemaah), Solo (33.188 jemaah), Banjarmasin (5.240 jemaah), Balikpapan (5.352 jemaah), Makassar (14.993 jemaah) dan Lombok (4.564 jemaah).

Menurut Emirsyah Sattar, para jamaah haji hanya hanya dapat membawa barang bawaan tidak melebihi berat 32 kg, baik saat keberangkatan menuju Jeddah atau Madinah maupun kepulangan ke Tanah Air. Barang bawaan tersebut terdiri dari kopor, satu tas tentengan di kabin, tas paspor dan pihak Garuda Indonesia akan memberikan secara cuma-cuma lima liter air zam-zam kepada setiap jamaah di Bandara debarkasi Indonesia.

Selain itu pada penerbangan jemaah haji 2013 maskapai pelat merah itu juga menggunakan 556 orang awak kabin yang 60% di antaranya merupakan awak kabin yang berasal dari daerah-daerah embarkasi sehingga memudahkan komunikasi dan pelayanan pada jemaah haji.

web.bisnis.com

Senin, 13 Mei 2013

Garuda Indonesia Bersiap Buka 4 Rute Penerbangan Domestik Dan Internasional Dari Bali

Informasi Penerbangan: Garuda Indonesia saat ini tengah bersiap untuk membuka 2 rute penerbangan domestik dan 2 rute penerbangan internasional. 2 rute penerbangan domestik baru itu adalah Denpasar-Bandung dan Denpasar-Balikpapan yang rencananya diresmikan pada 18 Mei 2013. Sedangkan 2 rute penerbangan internasional tersebut adalah Denpasar-Brisbane dan Denpasar-Bangkok yang akan dilayani pada awal Agustus 2013.
Garuda Indonesia di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali. ZonaAero
Garuda Buka Empat Rute Baru, Tambah 24 Pesawat

Dalam waktu dekat, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk akan membuka empat rute baru di Denpasar, Bali yakni dua rute domestik dan dua rute internasional. Dirut Garuda Indonesia Emirsyah Satar mengatakan untuk rute domestik yakni penerbangan Denpasar-Bandung dan Denpasar ke Balikpapan akan dibuka pada 18 Mei 2013 mendatang. Sedangkan untuk 2 rute internasional, yakni penerbangan Denpasar-Brisbane dan Denpasar-Bangkok akan dibuka pada awal Agustus tahun ini. "Flight Garuda Indonesia di Bali saat ini mencapai 34 flght per hari, dimana 13 penerbangan di antaranya menuju Jakarta. Selain itui Garuda Indonesia di Bali sudah melayani sembilan destinasi internasional dan akan bertambah menjadi 11 destinasi," ujar Emir saat meresmikan crew center Garuda Indonesia di Benoa, Bali.

Emir menambahkan saat ini, melalui Denpasar, Garuda Indonesia melayani penerbangan internasional, seperti Jepang, Korea, Australia. Tengok saja ada layanan terbang Denpasar-Narita, Denpasar-Osaka, Denpasar-Haneda, Denpasar-Seoul, Denpasar-Sydney, Denpasar-Melbourne, Denpasar-Perth, dan Denpasar-Singapura.

Untuk meningkatkan layanan, Garuda Indonesia akan mendampingi tiap-tiap penerbangan internatonal oleh dua pramugari negara asal yang diterbangkan. Bahkan pihaknya akan mendatangkan 24 pesawat baru terdiri dari empat Boeing 777-300 ER, tiga Airbus A330, sepuluh Boeing 737-800NG, dan tujuh Bombardier CRJ100 NextGen. Hingga saat ini, Garuda Indonesia telah mengoperasikan 106 pesawat. Garuda Indonesia menargetkan hingga tahun 2015 nanti akan mengoperasikan 194 pesawat.

www.poskotanews.com

Citilink Akan Tambah 4 Rute Penerbangan Internasional

Informasi Penerbangan: Maskapai Citilink Indonesia berencana untuk menambah 4 rute penerbangan internasional pada tahun 2014. 4 rute penerbangan internasional yang akan dioperasikan oleh Citilink tersebut adalah penerbangan ke Australia, Thailand, Singapura, dan Malaysia. Penambahan rute baru untuk penerbangan internasional tersebut dikarenakan jumlah penumpang pesawat Citilink yang makin meningkat dari tahun ke tahun. Sementara untuk tahun 2013 ini Citilink masih fokus pada rute penerbangan domestik di Indonesia.
Citilink Indonesia. ZonaAero
Maskapai Citilink Tambah Rute Internasional

Maskapai PT Citilink Indonesia hingga tahun 2014 akan menambah rute internasional di empat negara yakni Singapura, Thailand, Malaysia dan Australia. "Untuk tahun ini kami masih memfokuskan pada penambahan rute-rute domestik," ungkap VP Marketing Communication Citilink, Aristo Kristandyo saat Workshop dengan wartawan Kemenhub.

Menurutnya penambahan rute tersebut dikarenakan jumlah penumpang anak perusahaan Garuda Indonesia ini terus meningkat, dimana tahun 2012 Citilink berhasil mengangkut 3,8 juta penumpang, tahun ini ditargetkan sebanyak 7,8 juta, tahun 2014 target 11 juta penumpang, dan pada 2015 harapannya dapat mengangkut 17 juta penumpang. "Peningkatan jumlah penumpang akan kami barengi dengan menambah 10 pesawat tiap tahunnya," jelas Aristo.

Dia menambahkan tahun 2012 lalu, Citilink Indonesia berhasil menjual tiket dengan total nilai Rp 2,09 triliun dan didominasi dari agen dengan kontribusi sekitar 60 persen, sedangkan melalui internet masih 10- 30 persen sisanya melalu call center. Maskapai penerbangan anak usaha PT Garuda Indonesia Tbk ini juga berencana mengembalikan beberapa unit pesawat Boeing kepada lessor di kuartal III 2013, atau sekitar Juli sampai September 2013. Saat ini, Citilink memiliki 7 unit pesawat Boeing 737-300 dan 737-400. Pengembalian dilakukan demi menghemat biaya operasional perusahaan mulai dari biaya sewa pesawat hingga pengoperasian sesuai dengan konsep penerbangan yang dianut maskapai, yakni single aircraft low cost carrier (LCC).

Sedangkan sebagi pengganti 7 unit pesawat Boeing 737-300 dan 737-400 dengan pesawat Airbus 320 yang notabene memiliki jumlah kursi lebih banyak, sekitar 180 kursi penumpang.Citilink saat ini memiliki 30 pesawat dengan dua tipe, yaitu 18 Airbus 320 dan 7 Boeing 737-300 dan 737-400.

www.poskotanews.com

Jumat, 10 Mei 2013

Singapore Airlines Tingkatkan Frekuensi Penerbangan Ke Jakarta Dan Denpasar

Informasi Penerbangan: Frekuensi penerbangan menuju Jakarta dan Denpasar (Bali) yang dilayani oleh Singapore Airlines akan makin ditingkatkan. Untuk rute Singapura-Jakarta-Singapura akan meningkat menjadi 9 penerbangan setiap hari. Sedangkan pada rute penerbangan Singapura-Denpasar-Singapura akan ditingkatkan menjadi 4 penerbangan setiap hari.
Singapore Airlines. ZonaAero
Singapore Airlines Akan Tambah Penerbangan ke Jakarta & Bali

Kesempatan turis mancanegara untuk liburan ke Indonesia akan semakin besar. Singapore Airlines akan menambah jumlah penerbangan dari Singapura menuju Jakarta dan Bali. "Bali adalah destinasi turis yang penting di Indonesia. Jadi kita akan menambah jumlah penerbangannya," kata General Manager Singapore Airlines Indonesia, David Lau, Jakarta, Rabu (8/5/2013).

Jumlah penerbangan ke Jakarta akan tersedia mulai dari pagi hingga sore hari. Hal ini memungkinkan wisman untuk berkunjung Jakarta, pergi-pulang dalam 1 hari. Penambahan jumlah penerbangan ini rencananya dimulai 26 Juli 2013 mendatang. Tak hanya Singapura-Jakarta-Singapura, penambahan rute juga akan dilakukan pada rute Singapura-Denpasar-Singapura. "Akan ada 9 kali penerbangan dari Jakarta ke Singapura dan sebaliknya. Begitu juga dengan Denpasar, akan ada 4 kali penerbangan," tutur PR Manager Singapore Airlines, Glory Henriette.

Saat ini, Singapore Airlines hanya menyediakan penerbangan rute Jakarta-Singapura sebanyak 8 kali per hari. Tapi nanti akan ditambah menjadi 9 kali per hari. Untuk rute Singapura-Denpasar saat ini tersedia 3 kali penerbangan dalam sehari. Tapi mulai 26 Juli 2013, penerbangan akan bertambah jadi 4 kali dalam sehari. "Yang ke Jakarta totalnya jadi 63 kali per minggu, yang ke Denpasar menjadi 28 kali dalam seminggu," tutur Glory.

Menurut Glory, Denpasar dan Jakarta adalah salah satu pasar terbaik Singapore Airlines. Banyak permintaan penerbangan menuju dua destinasi tersebut. "Jakarta dan Denpasar itu banyak permintaan, tapi kadang turis-turis nggak jadi datang karena kehabisan kursi. Karena itu kita tambah rute," tutup Glory.

travel.detik.com

Penerbangan Jakarta-Bengkulu Dilayani Garuda Indonesia

Informasi Penerbangan: Rute penerbangan Jakarta Bengkulu dilayani maskapai Garuda Indonesia mulai 15 Mei 2013. Garuda Indonesia mengoperasikan pesawat jenis Boeing 737-500 untuk melayani rute penerbangan Jakarta-Bengkulu tersebut.
Garuda Indonesia. ZonaAero
Garuda Segera Layani Penerbangan Jakarta-Bengkulu

Maskapai Garuda Indonesia segera membuka rute penerbangan baru. Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Bengkulu, Eko Agurianto mengatakan, Garuda akan melayani penerbangan Jakarta-Bengkulu. "Penerbangan perdana direncanakan pada 15 Mei 2013 dari Jakarta ke Bengkulu dan akan mendarat di Bandara Fatmawati," katanya di Bengkulu, Kamis (9/5/2013).

Ia mengatakan, Garuda Indonesia akan menggunakan pesawat Boeing 737 seri 500 kapasitas 96 kursi, yaitu 12 kursi kelas bisnis dan 84 kelas ekonomi. Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah, kata dia, sebelumnya telah mengundang seluruh kepala daerah kabupaten dan kota untuk menyambut pengoperasian pesawat kebanggaan Indonesia itu. "Sebab ini momen penting bagi Bengkulu, mengingat untuk pertamakali akhirnya Garuda bakal melayani penerbangan ke daerah kita," tambahnya.

Menurut dia, Gubernur Bengkulu dan sejumlah direksi maskapai Garuda Indonesia direncanakan mengikuti terbang perdana pesawat tersebut dari Jakarta menuju Bengkulu. Eko mengatakan selama ini kehadiran pesawat Garuda melayani suatu daerah seringkali dijadikan salah satu patokan untuk mengukur kemajuan ekonomi daerah tersebut. "Termasuk daerah kita, selama ini banyak investor yang mempertanyakan, apakah Garuda sudah terbang ke Bengkulu atau belum, mudah-mudahan pertanyaan itu segera terjawab," ujarnya.

Kehadiran Garuda di Bengkulu akan menambah jumlah maskapai yang melayani jalur perhubungan udara ke daerah tersebut. Sebelumnya telah ada Lion Air, Sriwijaya Air dan Citilink dengan jumlah penerbangan lima kali dalam sehari.

www.republika.co.id

Kamis, 09 Mei 2013

67 Pesawat Baru Akan Memperkuat Armada Singapore Airlines

Informasi Penerbangan: 67 pesawat baru dari jenis Airbus A380 dan Boeing B777 akan memperkuat armada udara maskapai Singapore Airlines. 67 pesawat terbang bermesin jet dan berbodi lebar tersebut akan diterima oleh Singapore Airlines mulai tahun 2014 hingga 2015. Penambahan pesawat baru ini adalah merupakan program rutin Singapore Airlines untuk meremajakan armada pesawatnya.
Singapore Airlines, Airbus A380-800. ZonaAero
Singapore Airlines Order 67 Pesawat

Maskapai penerbangan Singapore Airlines telah memesan 67 pesawat. Hal ini dikatakan oleh Glory Henriette, Manager Public Relations Singapore Airlines, Rabu (8/5/2013), di Jakarta. "Kami sudah order pesawat tahun ini tahun lalu, ada 67 pesawat," kata Glory.

Ke-67 pesawat tersebut terdiri dari Airbus A380 dan Boeing B777. Pesawat akan datang pada tahun 2014 - 2015 dengan status kepemilikan milik maskapai, bukan menyewa.

Saat ini, maskapai memiliki 102 pesawat terbang (in flight). "Pesawat SQ tidak pernah digunakan lebih dari enam tahun. Pesawat lama akan dikirim ke leasing," tambah Glory yang enggan menyebutkan investasi pesawat baru.

www.tribunnews.com

Rabu, 08 Mei 2013

Merpati Nusantara Airlines Melayani Penerbangan Perintis Di Maluku

Informasi Penerbangan: Dengan menggunakan pesawat jenis Casa 212, Merpati Nusantara Airlines melayani beberapa rute penerbangan perintis di Maluku. Penerbangan perintis di Maluku mulai dilayani pesawat maskapai Merpati Nusantara Airlines pada 4 Mei 2013. Untuk wilayah Indonesia bagian Timur, selain di Maluku, Merpati Nusantara Airlines juga melayani penerbangan perintis di Papua.
Merpati Nusantara Airlines. ZonaAero
Merpati Layani Penerbangan Perintis di Maluku

PT Merpati Nusantara Airlines memenuhi harapan masyarakat Provinsi Maluku. Mulai Sabtu (4/5/2013), Merpati memulai penerbangan perintis, menerbangi berbagai daerah di Maluku. Menggunakan pesawat tipe Casa 212, Merpati akan meningkatkan mobilitas masyarakat Maluku yang akan melakukan kegiatan bisnis, wisata, maupun kegiatan sosial politik dan budaya dari satu daerah ke daerah lainnya. "Mulai 4 Mei kami melayani masyarakat Maluku yang akan melakukan perjalanan dari berbagai daerah di wilayah Maluku. Merpati akan melayani penerbangan dari Ambon menuju Kisar pulang pergi dengan frekuensi penerbangan sebanyak satu kali seminggu. Dari Ambon pesawat berangkat pukul 09.40 Waktu Indonesia Timur (WIT) dan tiba di Kisar pukul 11.40," kata Vice President Corporate Secretary Merpati, Herry Saptanto, di Jakarta, Senin (6/5/2013).

Selain melayani penerbangan Ambon–Kisar, Merpati Nusantara Airlines juga melayani penerbangan dari Kisar menuju Saumlaki pulang pergi (PP) sebanyak sekali dalam seminggu. Juga penerbangan Langgur–Larat dengan frekuensi penerbangan yang sama. Sementara penerbangan dari Ambon menuju Namlea, dilayani sebanyak dua kali dalam seminggu. "Penerbangan dari Kota Ambon menuju Bandaneira pulang pergi dilayani sebanyak 3 kali penerbangan pulang pergi selama satu minggu. Dari Ambon Merpati berangkat pukul 07.00 dan tiba di Bandaneira pukul 08.00 WIT. Untuk hari Senin dari Bandaneira pukul 08.20 kami melanjutkan penerbangan menuju Amahai. Tiba di Amahai pukul 09.20," katanya.

Selain itu, lanjut Herry, Merpati juga melayani penerbangan dari Kota Ambon pukul 11.40 menuju Namrole pulang pergi. Tiba di Namrole diperkirakan pukul 12.25 WIT. Penerbangan tersebut dilayani Merpati sekali dalam satu minggu. "Bila permintaannya tinggi, tidak tertutup kemungkinan, bila diizinkan pihak yang berwenang, kami akan tingkatkan frekuensi penerbangannya," ujar Herry.

Herry memaparkan, selama tahun 2013 Merpati telah mendapatkan kepercayaan dari pemerintah untuk menambah penerbangan perintis di delapan lokasi. Ke delapan lokasi tersebut masing-masing, Papua sebanyak 3 daerah yang diterbangi. Sementara penerbangan perintis di Maluku sebanyak 2 daerah yakni Langgur dan Bandanaira. Di Wilayah Sulawesi, Merpati tahun ini menambah dua penerbangan perintis melayani dua daerah masing masing Toli toli dan Mamuju. "Tambahan penerbangan perintis di Papua sudah mulai dilakukan 11 April yang lalu, sementara Sulawesi dan Nusa Tenggara Timur sudah dimulai pada 20 April 2013. Penerbangan perintis masih dibutuhkan di sejumlah wilayah kepulauan. Penerbangan ini sangat membantu warga setempat untuk meningkatkan akses ke daerah luar," ujar Herry.

Dia menambahkan, saat ini Merpati memiliki 32 pesawat. Sementara pesawat yang digunakan untuk penerbangan perintis sebanyak 7 pesawat terdiri dari jenis Twin Otter dan Casa. "Rute yang dimiliki Merpati tidak kurang dari 100 rute dan 40 kota yang dikunjungi," kata Herry.

travel.kompas.com

Air China Layani Penerbangan Beijing-Jenewa

Informasi Penerbangan: Air China baru-baru ini mengumumkan bahwa mulai pada tanggal 7 Mei 2013, akan menawarkan empat penerbangan pulang-pergi nonstop mingguan antara Beijing dan Jenewa menggunakan Airbus A330-200. Ini akan membuat Air China satu-satunya operator yang menawarkan rotasi nonstop antara Beijing dan Jenewa. Nomor penerbangan untuk Beijing - layanan nonstop Jenewa akan CA861/862. Empat kali penerbangan seminggu akan meninggalkan Beijing pukul 13.30 dan tiba di Jenewa pada 18:25 pada hari yang sama. Penerbangan kembali akan berangkat dari Jenewa pada 20:25 dan tiba di Bandara Internasional Ibukota Beijing pukul 12.55 hari berikutnya. Kali ini pesawat telah dijadwalkan untuk membuatnya lebih mudah bagi penumpang untuk mengambil penerbangan selanjutnya atau melakukan transfer di Jenewa dan untuk mengakses koneksi yang optimal di Beijing. Pembukaan Beijing - layanan nonstop Jenewa akan meningkatkan jumlah tujuan Eropa dilayani oleh Air China ke 12. Sekarang Air China menawarkan penerbangan langsung dari Beijing ke tujuan Eropa seperti Frankfurt, Munich, Dusseldorf, London, Paris, Stockholm, Milan, Roma dan Madrid. Dan Beijing baru - layanan Jenewa adalah tambahan menarik untuk jaringan penerbangan yang luas Air China yang mencakup seluruh Eropa.
Air China. ZonaAero
Air China Buka Penerbangan ke Jenewa

Maskapai penerbangan Air China pada Selasa (7/5/2013) membuka penerbangan ke Jenewa dari Beijing. Menurut warta Xinhua, rute ini adalah kali pertama bagi Air China menuju Eropa.

Menurut Sekretaris Jenderal Komite Partai Air China Fan Cheng pembukaan rute ini sebagai bentuk promosi ekonomi dan kebudayaan China. "Pembukaan rute ini juga upaya saling bertukar bidang ekonomi dan budaya kedua negara," katanya.

Maskapai penerbangan Air China adalah perusahaan penerbangan terbesar di China yang melayani rute Eropa. Ada 12 destinasi Air China ke Eropa termasuk London, Paris, Frankfurt, Roma, dan Madrid.

internasional.kompas.com

Selasa, 07 Mei 2013

Swasta Akan Dibolehkan Kelola Sisi Darat Bandara

Informasi Penerbangan: Pihak swasta kini diperbolehkan untuk mengelola secara komersial bagian sisi darat bandara-bandara milik pemerintah. Kementerian Perhubungan Republik Indonesia akan menawarkan 210 bandara yang tersebar di seluruh Indonesia untuk dikelola sisi daratnya oleh pihak swasta. Sebagai persiapan, Kementerian Perhubungan sedang menyusun Keputusan Menteri (KM) yang bisa menjadi payung hukum untuk pelaksanaan kebijakan pemerintah tersebut.
Bandara. ZonaAero
Swasta Akan Kelola 210 Bandara Pemerintah

Kementerian Perhubungan berencana menyerahkan pengelolaan sisi darat 210 bandara milik pemerintah (Unit Pelaksana Teknis/UPT) kepada pihak swasta. Sebagai payung hukum, saat ini sedang dipersiapkan surat Keputusan Menteri (KM) yang memperbolehkan swasta mengelola bandara-bandara kecil milik pemerintah.

Kepala Bagian Hukum dan KSLN Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Isfrafulhayat mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan Keputusan Menteri (KM) yang akan menawarkan sisi darat bandara milik pemerintah untuk dikelola swasta. Sementara sisi udara meliputi landasan dan navigasi tetap dikelola pemerintah. "Kita akan tawarkan sisi darat untuk dikelola swasta," ujarnya.

Menurut dia, hal itu merupakan langkah strategis yang akan menguntungkan. Pasalnya, sisi darat bandara akan dikomersialkan dan dikelola dengan baik oleh swasta. Sementara pemerintah akan mendapatkan uang sewa konsesi dari swasta. "Disisi lain biaya perawatan yang biasanya dikeluarkan pemerintah bisa dialokasikan untuk keperluan lain," tambahnya.

Isfra menerangkan, pada dasarnya swasta sudah diperbolehkan untuk menjadi pengelola bandara. Hal itu sesuai dengan amanat Undang-Undang Penerbangan nomor 1 tahun 2009. Dengan demikian tidak ada masalah swasta mengelola sisi darat bandara, "Dulu hanya pemerintah yang boleh, mulai 2009 swasta dan Pemda juga boleh," sebutnya

Perkembangan ekonomi daerah dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat mendorong Pemda untuk membangun bandara di daerahnya. Dalam dua tahun terakhir ini, banyak sekali MoU (Memorandum of Understanding) yang dilakukan Kemenhub dengan beberapa Pemda. "Jadi mereka yang menyediakan tanah dan pembangunannya dengan biaya APBN," terangnya.

Disisi lain, operator bandara di Indonesia mulai mendapat nama di dunia internasional. Terbukti, Indonesia terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan Civil Air Navigation Services Organisation (CANSO) Asia Pacific Conference (APAC) yang akn dilaksanakan di Jakarta 6-8 Mei 2013. "Ini perhelatan bergengsi organisasi penyelenggara pelayanan navigasi udara sipil internasional," kata Dirut PT Angkasa Pura II, Tri S Sunoko.

Dia mengungkapkan, pada kegiatan nanti akan hadir 286 orang delegasi perwakilan dari 33 negara anggota CANSO se-Asia Pasific. "Ini even yang cukup penting dan membanggakan. Karena baru setahun jadi anggota, kita langsung dipercaya menjadi tuan rumah. Padahal, negara-negara lain berlomba mengajukan diri, tapi kita yang terpilih," jelasnya.

www.jpnn.com

Bandara Halim Perdanakusuma Akan Melayani Penerbangan Umum

Bandara Halim Perdanakusuma tak lama lagi akan melayani penerbangan umum. Penerbangan umum yang dilayani Bandara Halim Perdanakusuma adalah penerbangan dengan kapasitas lebih dari 100 penumpang dan waktu penerbangan lebih dari 1 jam dengan berbagai tujuan. Pihak PT Angkasa Pura II yang mengelola bandara ini menyampaikan bahwa kemungkinan rencana tersebut bisa direalisasikan pada Kuartal-III tahun 2013.
Bandara Halim Perdanakusuma. ZonaAero
Penerbangan Umum di Bandara Halim Dimulai Kuartal Ketiga

Pengelola bandara Halim Perdanakusuma PT Angkasa Pura II (AP II), menyatakan penerbangan umum di atas 100 seats dan terbang di atas satu jam rencananya bakal dimulai di bandara Halim Perdanakusuma pada kuartal III/2013 mendatang. Saat ini, AP II masih mempersiapkan maskapai yang bakal dipindah ke bandara Halim. "Memang kita sedang mempersiapkan. Maskapai mana saja itu belum. Kita fokus fasilitas haji tahun ini dulu yang di bandara Halim juga," kata Direktur Utama AP II Tri Sunoko saat dihubungi, Sabtu (4/5/2013).

Tri Sunoko mengatakan, nantinya bandara Halim akan sama seperti bandara Soekarno-Hatta dengan maskapai low cost carrier maupun full service carrier. "Mudah-mudahan kuartal III/2013 sudah dimulai," ujarnya.

Adapun, Corporate Secretary PT Merpati Nusantara Airlines Herry Saptanto mengaku belum mendengar informasi mengenai Keputusan Menteri (KM) Perhubungan yang baru tentang pengoperasian Bandara Halim Perdanakusuma. Aturan tersebut membuka bandara Halim Perdanakusuma untuk penerbangan umum di atas 100 seats dan terbang di atas satu jam. "Kami belum dapat informasi. Setahun yang lalu rute Jakarta-Bandung dari Halim, sekarang sudah tidak ada," kata Herry saat dihubungi, Sabtu (4/5/2013).

Herry menambahkan, pihaknya menunggu pemberitahuan resmi untuk melakukan evaluasi apakah akan kembali membuka rute dari bandara Halim Perdanakusuma.

www.metrotvnews.com

Senin, 06 Mei 2013

Panjang Runway Bandara Sam Ratulangi Manado Ditambah Menjadi 3.000 Meter

Landasan pacu di Bandara Sam Ratulangi akan ditambah lagi panjangnya menjadi 3.000 meter. Saat ini landasan pacu di bandara yang berlokasi di kota Manado, Sulawesi Utara tersebut hanya memiliki panjang 2.650 meter. Gubernur Provinsi Sulut, Sinyo H Sarundajang, mengatakan bahwa landasan pacu Bandara Sam Ratulangi perlu ditingkatkan lagi kapasitasnya mengingat bandara ini sudah melayani penerbangan internasional dan banyak penerbangan domestik. Selain itu, Bandara Sam Ratulangi juga akan digunakan sebagai prasarana kegiatan ekspor melalui angkutan udara.
Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara. ZonaAero
Bandara Sam Ratulangi: Landasan Pacu Diperpanjang Jadi 3.000 Meter

Landasan pacu Bandara Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara (Sulut) akan diperpanjang menjadi 3.000 meter dari sebelumnya hanya 2.650 meter. "Hal ini tentu butuh dukungan pemerintah pusat. Sekarang ini sudah pada tahapan studi pembangunan landasan pacu," kata Gubernur Provinsi Sulut, Sinyo H Sarundajang di Manado, Minggu (5/5/2013)

Gubernur menjelaskan, bandara ini telah menjadi pelabuhan udara maskapai penerbangan Lion Air dan maskapai lainnya untuk tujuan penerbangan Manado-Cina, Taiwan dan Jepang, serta antarbandara di Sulawesi, Maluku Utara, Papua dan Gorontalo. "Karena itu perluasan dan perpanjangan bandara ini menjadi sangat mendesak dilakukan. Apalagi ketika terbuka penerbangan langsung Manado dengan sejumlah titik bandara di Cina dan Jepang dan beberapa negara lainnya, membuka peluang pertumbuhan ekonomi di kawasan ini," paparnya.

Tak hanya menjadi pelabuhan udara untuk penumpang, Bandara Sam Ratulangi juga akan diarahkan sebagai "air cargo" menuju ke Jepang, karena jarak tempuh dari Manado ke negara tujuan tersebut sekitar empat sampai lima jam. "Ketika diterbangkan dari Manado, dan tiba di Jepang ikan masih dalam keadaan fresh. Ini peluang-peluang yang harus ditangkap. Apalagi bila diekspor melalui pelabuhan Tanjung Priok butuh waktu yang cukup lama," ungkapnya.

Untuk proyek investasi di koridor Sulawesi khususnya Sulut, pemerintah akan membangun tol Manado-Bitung sepanjang 38 kilometer dibagi dalam dua tahap.

www.bisnis.com

Garuda Indonesia Sediakan Layanan Immigration on Board Pada Rute Shanghai-Jakarta

Garuda Indonesia kini telah menyediakan fasilitas layanan keimigrasian dalam penerbangan (Immigration on Board) pada rute penerbangan Shanghai-Jakarta. Layanan imigrasi selama penerbangan pada rute Shanghai-Jakarta ini diresmikan oleh Garuda Indonesia pada Sabtu 4 Mei 2013. Peresmian layanan ini ditandai dengan pengguntingan pita yang dilakukan oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk China, Imron Cotan, Direktur Layanan Garuda Indonesia, Faik Fahmi, dan Kepala Kantor Imigrasi Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Effendi Paranginangin. Acara peresemian dilaksanakan di kota Shanghai.
Garuda Indonesia. ZonaAero
Garuda Luncurkan Layanan Imigrasi Penerbangan Shanghai-Jakarta

Maskapai Garuda Indonesia meluncurkan program layanan imigrasi selama penerbangan rute Shanghai-Jakarta, mulai Sabtu (4/5/2013). Peluncuran ditandai dengan pengguntingan pita oleh Duta Besar RI untuk China merangkap Mongolia Imron Cotan, Direktur Layanan Garuda Indonesia Faik Fahmi dan Kepala Kantor Imigrasi Bandara Internasional Soekarno Hatta Effendi Paranginangin di depan loket `check-in` Garuda di Bandara International Pudong, Shanghai.

Duta Besar RI untuk China merangkap Mongolia Imron Cotan mengatakan layanan imgirasi selama penerbangan Shanghai-Jakarta, diharapkan dapat meningkatkan arus kunjungan wisatawan China ke Indonesia. "Selama ini jumlah kunjungan wisatawan China ke Indonesia terus mengalami peningkatan. Pada 2010, jumlah wisatawan China tercatat sekitar 260 ribu orang. Jumlah itu terus meningkat pada 2012 yang mencapai 850 ribu orang," katanya.

Ia menambahkan dengan layanan imigrasi selama penerbangan Garuda Indonesia pada rute penerbangan Shanghai-Jakarta, akan banyak pula pebisnis China yang berkunjung ke Indonesia. "Selama ini kunjungan ke Indonesia masih didominasi oleh turis dengan tujuan utama Bali, sedangkan pebisnis dari China relatif belum banyak," kata Imron menambahkan.

Direktur Layanan Garuda Indonesia Faik Fahmi mengatakan sebelumnya Garuda Indonesia telah menerapkan layanan tersebut di enam rute lain antara Tokyo (Narita) - Jakarta, Seoul - Jakarta, Sydney - Jakarta, Tokyo (Narita) - Denpasar, Osaka - Denpasar dan Sydney - Denpasar. "China merupakan salah satu pasar yang sangat potensial saat ini, khususnya Shanghai, karena itu untuk memberikan layanan optimal kami mulai terapkan layanan `imigration on board` untuk jalur Shanghai-Jakarta," ujarnya.

Faik menambahkan layanan "Immigration on Board" merupakan bentuk inovasi Garuda Indonesia untuk meningkatan layanan kepada para pengguna jasa, terutama untuk rute-rute jarak menengah dan panjang. "Dengan layanan 'Immigration on Board' ini maka diharapkan para wisatawan dari Shanghai akan semakin nyaman berkunjung ke Indonesia, tidak hanya ke Jakarta tetapi juga ke kota-kota lainnya di Indonesia," tuturnya.

Immigration on Board merupakan layanan pemberian "visa on arrival" (VoA) di atas pesawat Garuda Indonesia oleh petugas imigrasi yang dipersiapkan secara khusus dalam penerbangan Garuda Indonesia menuju Jakarta. Untuk itu, dalam layanan tersebut Garuda Indonesia bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI. Guna mendapatkan layanan "Immigration on Board" para penumpang dari Shanghai terlebih dahulu membeli voucher pembayaran VoA di loket check-in Garuda Indonesia di Bandara Internasional Pudong, Shanghai.

Pemeriksaan paspor dan pemberian VoA akan diproses selama penerbangan oleh dua petugas imigrasi khusus yang turut terbang bersama penumpang. Setelah penumpang mendapatkan VoA, petugas akan memberikan satu kartu khusus bagi penumpang pemegang "VoA immigration on board". Penumpang pemegang kartu khusus tersebut cukup menyerahkannya kepada petugas di loket imigrasi Bandara Soekano-Hatta, ketika keluar bandara. "Sehingga para penumpang tidak perlu antri di loket imigrasi bandara selain menghemat waktu, tentu meningkatkan kenyamanan penumpang," kata Faik.

www.metrotvnews.com

Sabtu, 04 Mei 2013

SilkAir Akan Layani Penerbangan Singapura-Semarang Dan Singapura-Makassar

Maskapai SilkAir berencana akan membuka rute penerbangan Singapura-Semarang yang akan dibuka pada 29 Juli 2013 dan rute penerbangan Singapura-Makassar yang akan segera dilayani mulai 1 Agustus 2013. SilkAir akan mengoperasikan dua pesawat terbang jenis Airbus A319 dan A320 untuk melayani kedua rute baru tersebut. Rute Singapura-Semarang akan dioperasikan oleh SilAir sebanyak tiga kali seminggu, sedangkan rute Singapura-Makassar dilayani 3 kali seminggu juga.
SilkAir. ZonaAero
SilkAir Tambah 2 Rute Penerbangan ke Indonesia

SilkAir, maskapai regional milik Singapore Airlines kian memperlebar sayap usahanya di Indonesia. Maskapai ini berencana menambah penerbangan ke dua kota di Indonesia untuk meningkatkan jaringan menjadi 11 tujuan. SilkAir akan membuka penerbangan tiga kali seminggu rute penerbangan Singapura-Semarang mulai 29 Juli 2013. Serta penerbangan tiga kali seminggu rute Singapura dan Makassar, mulai 1 Agustus 2013. Layanan baru ini akan dioperasikan dengan Airbus A319 dan A320, menampilkan kelas bisnis dan ekonomi. "SilkAir sangat tertarik untuk menambah penerbangan Makassar dan Semarang ke jaringan kami di bagian wilayah tersebut. Kami terkesan dengan pertumbuhan perjalanan udara ke dan dari Indonesia dari dan kami yakin bahwa dua layanan baru akan diterima dengan baik," Chief Executive SilkAir, Leslie Thng dalam keterangan tertulis perseroan, Jumat (3/5/2013).

Pemilihan dua kota tersebut karena sebagai kota terbesar di Jawa Tengah, Semarang dinilai merupakan pusat komersial perdagangan, manufaktur dan konstruksi. Pelabuhan utama selama era kolonial Belanda, di mana Semarang menawarkan kombinasi unik dari pengaruh Eropa dan budaya Asia yang kaya, dan mempertahankan campuran pesona dunia lama dan budaya berwarna-warni.

Sementara Makassar, sebelumnya dikenal sebagai Ujung Pandang, adalah kota terbesar di Indonesia Timur, dan juga pelabuhan utama dan pusat maskapai di bagian timur Indonesia. Ini adalah rumah bagi banyak kelompok etnis di Indonesia termasuk Bugis dan menawarkan banyak permata sejarah dan wisata alam, serta berbagai peluang wisata dalam dan di luar kota.

SilkAir pertama kali beroperasi di Indonesia pada Agustus 1992 dan telah terus memperkuat jaringannya. SilkAir saat ini melayani sembilan destinasi Indonesia, yaitu Balikpapan, Bandung, Lombok, Manado, Medan, Palembang, Pekanbaru, Solo dan Surabaya.

bisnis.liputan6.com

Garuda Indonesia Tambah Frekuensi Penerbangan Di Aceh

Maskapai Garuda Indonesia menambah frekuensi penerbangan di Bandara Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh. Dengan penambah jadwal penerbangan tersebut, selanjutnya Garuda Indonesia melayani penerbangan di Aceh sebanyak 3 kali setiap hari. Sebelum adanya penambahan jadwal, Garuda Indonesia hanya mengoperasikan dua kali penerbangan setiap hari di Bandara Iskandar Muda, Aceh.
Garuda Indonesia. ZonaAero
Garuda Tambah Penerbangan di Aceh

Garuda Indonesia Airways menambah penerbangan dari dan ke Aceh. Mulai Mei, Garuda Indonesia akan terbang pulang-pergi dari Aceh sebanyak 3 kali, sebelumnya hanya dua kali, Kamis, 2 Mei 2013.

Nantinya Garuda akan mulai terbang dari Bandara Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh pada pukul 07.45 WIB dengan momor penerbangan GA 279, tujuan Medan. Selanjutnya pada siang pukul 11.20 WIB (GA 143) tujuan Medan, yang terakhir terbang sore pukul 15.45 (GA 147) tujuan langsung ke Jakarta. "Untuk memudahkan warga yang akan pergi atau datang ke Banda Aceh," ujar Manager Pemasaran Garuda di Aceh, Yudi M Fulkan.

Sedangkan dari Medan ke Banda Aceh, pesawat paling pagi akan berangkat pada 06.30 WIB dari Bandara Polonia. Pesawat itu akan kembali lagi ke Medan mengangkut penumpang dari Banda Aceh, beberapa menit setelah tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda. Penambahan jadwal penerbangan itu, menurut Yudi, dilakukan untuk memenuhi permintaan masyarakat dan semakin tingginya tingkat kunjungan orang ke Aceh.

www.tempo.co

Jumat, 03 Mei 2013

Tahap Produksi Pesawat N-219 Masih Terkendala Pembiayaan

Pesawat terbang penumpang dan kargo jenis N-219 yang dikembangkan oleh PT Dirgantara Indonesia yang bekerjasama dengan BPPT sampai sekarang masih belum bisa diproduksi massal. Kendala yang dihadapi oleh pesawat N-219 untuk memasuki tahap produksi adalah masalah pembiayaan. Sebelumnya, Kementerian Perhubungan dan Kementerian Perindustrian sudah menyatakan untuk mendukung pendanaan produksi pesawat N-219. Namun dana yang dijanjikan oleh kedua departemen tersebut sampai sekarang belum ada realisasinya.
N-219 PT Dirgantara Indonesia. ZonaAero
BPPT-PT DI Berencana Bangun Pesawat N-219 Untuk Penerbangan Perintis

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bersama dengan PT Dirgantara Indonesia (DI) menginisiasi program pengembangan pesawat N-219, yakni pesawat berkapasitas 19 penumpang yang diperuntukan melayani rute-rute terpencil atau penerbangan perintis. Kepala BPPT Marzan Aziz Iskandar berharap meskipun saat ini pengembangan pesawat karya anak bangsa ini masih menemui kendala, tidak lama lagi sudah bisa direalisasikan. Menurutnya, sampai saat ini perkembangan N-219 memang belum mendapatkan titik terang dan masih menemui sejumlah kendala sejak diperkenalkan dua tahun lalu. "Kami sudah memberikan dukungan dengan melakukan pengujian-pengujian. Kami juga telah membantu mendapatkan pendanaan untuk produksinya. Namun, sampai saat ini belum ada titik terang untuk total pendanaannya," katanya baru-baru ini.

Marzan menambahkan, mengenai masalah pendanaan memang ada pernyataan-pernyataan dari Kementerian Perhubungan dan Kementerian Perindustrian yang siap mendukung, tapi mengenai realisasinya, belum ada kepastian. "Dari hitungan sebenarnya, harga pesawat tidak terlalu mahal, yaitu sekitar Rp 38 miliar per unit. Saat ini, sudah ada 35 unit yang dipesan oleh beberapa perusahaan industri penerbangan. Namun, kembali lagi, kami masih kesulitan menyusun skema pendanaan untuk proses produksi," ungkapnya.

Direktur Teknologi dan Pengembangan Rekayasa PT Dirgantara Indonesia Andi Alisjahbana mengakui pengembangan pesawat ini membutuhkan dana yang cukup besar, yaitu sekitar Rp 600-800 miliar, bahkan mendekati Rp1 triliun. "Tapi, kami tetap optimistis, dan menargetkan tahun 2016 pesawat kebanggaan Indonesia ini harus mulai diproduksi," katanya Andi, di sela acara Penandatanganan MoU Produksi dan Pengembangan Teknologi Pesawat Udara Nir Awak (PUNA) Wulung, di BPPT, Jakarta, baru-baru ini.

Perkembangan dari pesawat N-219 ini melibatkan PT DI, Kementerian Riset dan Teknologi, BPPT, Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perhubungan. "Semuanya saling bekerja sama untuk mewujudkan pesawat berpenumpang 19 orang ini. Pesawat yang membutuhkan landasan pendek untuk menjangkau daerah-daerah terpencil," ucapnya.

Pesawat N-219 adalah pesawat multifungsi bermesin dua yang dirancang oleh PT DI untuk dioperasikan di daerah-daerah terpencil. Pesawat ini terbuat dari logam dan dirancang untuk mengangkut penumpang maupun kargo. Pesawat yang dibuat dengan memenuhi persyaratan FAR 23 ini dirancang memiliki volume kabin terbesar di kelasnya dan pintu fleksibel yang memastikan bahwa pesawat ini bisa dipakai untuk mengangkut penumpang dan juga kargo. N-219 merupakan pengembangan dari NC-212 yang sudah diproduksi oleh PT DI di bawah lisensi CASA. Pesawat ini dirancang memiliki kecepatan jelajah maksimum 395 km/ jam dan kecepatan jelajah ekonomis 352 km/jam dengan muatan maksimum 2500 kilogram.

www.suarapembaruan.com

NASA Menguji Generasi Baru Jet Supersonik Concorde

Sebuah model pesawat jet penumpang berkecepatan supersonik sedang diuji oleh NASA. Model pesawat berskala 1,79% dari ukuran aslinya dan disebut sebagai anak Concorde ini diuji oleh NASA dengan menggunakan fasilitas terowongan angin di NASA Glenn Research Center yang berlokasi di Ohio, AS. Dalam penelitian ini diuji tentang kinerja pesawat terhadap jumlah aliran udara pada kecepatan supersonik, tingkat emisi yang ditimbulkan, dan sampai dimana kebisingan suara yang terjadi saat mencapai kecepatan yang melebihi suara.
New Concorde Supersonic Jet. ZonaAero
Pesawat Penumpang Supersonik Boeing Diuji oleh NASA

NASA mulai menguji model pesawat "anak Concorde", pesawat penumpang yang akan mampu melaju melebihi kecepatan suara. Pesawat supersonik, yang telah dirancang oleh perusahaan Boeing ini, diharapkan mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Concorde yang pensiun pada November 2003.

Saat ini, pesawat supersonik komersial tidak diperbolehkan untuk terbang di atas tanah karena suara yang dibuat oleh ledakan soniknya.

Tes yang dilakukan di NASA Glenn Research Center di Ohio ini mencoba untuk menentukan apakah volume sonic boom dapat dikurangi. Sebuah foto tes terbaru NASA, diambil melalui jendela di dinding samping terowongan angin supersonik NASA di Cleveland, menunjukkan model skala pesawat 1,79 persen.

Seperti dilaporkan laman Mail Online, para peneliti tengah menguji kinerja lubang udara yang terletak di bagian atas model untuk melihat apakah perubahan jumlah aliran udara pada kecepatan supersonik mempengaruhi kinerja pesawat, emisi, dan tingkat kebisingan. Tes ini merupakan bagian dari penelitian yang sedang berlangsung sebagai bagian dari NASA Aeronautics Research Mission Directorate.

Direktorat ini sedang mencari cara untuk membuat penerbangan supersonik masa depan di atas tanah memungkinkan, serta mengembangkan penerbangan hijau, yang tampak untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi.

www.pikiran-rakyat.com

Kamis, 02 Mei 2013

Batik Air Siap Layani Penerbangan Ambon-Jakarta

Maskapai penerbangan Batik Air bersiap layani rute penerbangan Ambon-Jakarta. Menurut rencana, Batik Air akan mulai melayani rute penerbangan Ambon-Jakarta ini pada 8 Mei 2013. Maskapai yang merupakan anak perusahaan Lion Air ini akan mengoperasikan penerbangan domestik tersebut pada setiap hari.
Batik Air. ZonaAero
Mei 2013, Batik Air Layani Rute Ambon-Jakarta

Maskapai Batik Air direncanakan akan membuka rute penerbangan Ambon-Jakarta mulai 8 Mei 2013. Demikian hal itu dikatakan Manajer Angkasa Pura (Persero) Bandara Pattimura Ambon, Halendra Woworuntu. "Manajemen Batik Air telah menyatakan keseriusan melayani rute Ambon-Jakarta dan dipastikan penerbangan perdana akan dilakukan pada 8 Mei mendatang," katanya, di Ambon, Senin (29/4/2013).

Menurutnya, Batik Air sementara memproses rute penerbangan ke Ambon, direncanakan rute penerbangan domestik tersebut akan dilayani setiap hari. "Diharapkan jadwal yang direncanakan awal tidak mengalami perubahan, sehingga menambah operasional maskapai penerbangan di Bandara Pattimura," katanya.

Halendra mengatakan, pihaknya siap melayani kehadiran penerbangan baru di Bandara Internasional Pattimura. "Fasilitas telah kami sediakan untuk melayani maskapai Batik Air seperti kantor layanan, garbarata dan kargo. Prinsipnya kami siap melayani maskapai tersebut, yang terpenting adalah jadwal yang direncanakan tidak mengalami perubahan, sehingga menambah operasional maskapai penerbangan di Bandara Pattimura," katanya.

Ia menjelaskan, kehadiran maskapai Batik Air akan menambah aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Pattimura semakin ramai. "Saat ini yang terpenting adalah bagaimana merebut hati calon penumpang melalui pelayanan serta variasi harga tiket yang menarik," ujarnya.

Ditambahkannya, penambahan maskapai harus didukung daya jual wisata yang menarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. "Selama ini wisatawan sudah bosan mengunjungi tempat wisata buatan, mereka ingin kembali ke wisata alam, dan Ambon sebagai potensi menarik untuk memajukan pariwisata," ujar Halendra.

Bandara Internasional Pattimura kini memfasilitasi delapan maskapai penerbanagan yang melayani rute ke Ambon pulang pergi yakni maskapai Garuda Indonesia (2 x sehari), Lion Air (3 x sehari), Sriwijaya Air ( 2 x sehari), Citilink dan sejumlah rute pendek Ambon dan sekitarnya. Rute pendek dilayani PT Merpati Nusantara, PT Wings Air ,Trigana dan Nusantara Buana Air (NBA) ke sejumlah wilayah di Ambon dan Papua seperti Nabire, Fakfak, Banda, dan Saumlaki serta Ternate, Ibu Kota Provinsi Maluku Utara.

www.metrotvnews.com

BJ Habibie Merintis Industri Pesawat Terbang Di Batam

Pakar pesawat terbang yang juga mantan Presiden ke-3 Republik Indonesia, BJ Habibie, telah menyampaikan rencananya untuk mendirikan perusahaan yang menjadi perintis industri pesawat terbang di Batam, Kepulauan Riau. Sebagai langkah awal, BJ Habibie dan para pejabat BP Batam telah menandatangani kesepakatan pengalokasian lahan seluas 62 hektare dari 100 hektare lahan yang akan dijadikan sebagai lokasi perkantoran, hanggar, perbaikan dan perawatan berat (maintenance, repair and overhaul/MRO) oleh PT Indonesia Aero Maintence.
BJ Habibie. ZonaAero
Habibie Siap Bangun Industri Pesawat di Batam

Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas Badan Pengusahaan (BP) Batam Dwi Djoko Wiwoho mengatakan mantan Presiden BJ Habibie menyampaikan komitmen untuk merintis industri pesawat terbang di Bandara Internasional Hang Nadim, Kepulauan Riau. "Beberapa waktu lalu Pak Habibie sudah menyampaikan komitmennya untuk merintis industri penerbangan di Batam. Ia menyatakan hanya akan merintis selama tiga tahun, setelah itu pensiun dan menyerahkan pada anak-anak terbaik bangsa ini," kata dia.

Hal tersebut, kata Djoko, disampaikan pada Kepala BP Batam Mustofa Widjaja dan sejumlah petinggi BP Batam di Jakarta saat penandatanganan pengalokasian 62 hektare dari 100 hektare lahan yang akan dibangun perkantoran, hanggar, perbaikan dan perawatan berat (maintenance, repair and overhaul/MRO) oleh PT Indonesia Aero Maintence (IAM) dan Habibie di perusahaan itu adalah ketua dewan komisaris. "Habibie mengatakan hanya mempersiapkan perusahaan. Suatu saat nanti pemerintah diharapkan yang akan mengambil perusahaan industri pesawat itu," kata dia.

Djoko mengatakan, Habibie yang juga pernah menjabat kepala Otorita Batam (sekarang BP Batam) sekitar 18 tahun yakin dalam tiga tahun perusahaan tersebut akan berkembang pesat sehingga sudah bisa berjalan sendiri. "Tujuan lain dari Habibie merintis perusahaan pesawat terbang di Batam untuk lebih mendapat manfaat dari posisi Batam yang lebih strategis. Bukan hanya Singapura dan Malaysia yang mendapatkan manfaat," kata Djoko saat memperdengarkan rekaman pidato Habibie.

www.republika.co.id

Rabu, 01 Mei 2013

Bandara Leo Wattimena Di Morotai Disiapkan Menjadi Bandara Internasional

Bandara Leo Wattimena yang berlokasi di Pulau Morotai, Maluku Utara, dipersiapkan untuk menjadi bandara internasional. Sebagai langkah persiapan, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia telah meningkatkan kapasitas dan fasilitas yang ada di Bandara Leo Wattimena. Peningkatan status tersebut adalah untuk menunjang pengembangan sektor pariwisata dan kawasan ekonomi khusus di Morotai.
Bandara Leo Wattimena, Morotai, Maluku Utara. ZonaAero
Bandara Leo Wattimena Diprogramkan Jadi Bandara Internasional

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia telah memprogramkan Bandara Leo Wattimena di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, menjadi bandara internasional untuk mendukung pengembangan daerah itu sebagai tujuan wisata serta Kawasan Ekonomi Khusus.

Kepala Dinas Perhubungan Telekomunikasi dan Informatika Malut Taufik Madjid mengatakan di Ternate, Selasa, Morotai memiliki potensi objek wisata yang sangat menarik, terutama wisata bahari dan peninggalan sejarah Perang Dunia II. Oleh karena itu, pengembangan Bandara Leo Wattimena menjadi bandara internasional diharapkan akan mendorong perusahaan penerbangan untuk membuka rute penerbangan internasional dari dan ke bandara itu, yang pada gilirannya akan meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke sana. "Penetapan Morotai sebagai KEK akan mendorong investor dari dalam dan luar negeri untuk menanamkan modal di Morotai dan itu berarti mengembangkan Bandara Leo Wattimena menjadi bandara internasional merupakan keharusan," katanya.

Kementerian Perhubungan pada 2012 mengalokasikan anggaran Rp 20 miliar lebih untuk pembenahan bandara Leot Wattimena, di antaranya perpanjangan landasan sehingga sudah bisa didarati pesawat berbadan lebar serta memperbaharui fasilitas navigasi di bandara itu. Taufik Madjid mengatakan, Kementerian Perhubungan akan terus membenahi bandara peninggalan Sekutu pada Perang Dunia II itu, seperti pembangunan terminal penumpang yang representatif serta berbagai fasilitas penunjang lainnya yang sesuai dengan standar bandara internasional.

Kementerian Perhubungan sejauh ini belum memastikan kapan Bandara Leo Wattimena ditetapkan sebagai bandara internasional, namun Pemprov Malut sendiri sudah mengusulkan agar penetapan itu secepatnya, yang untuk tahap awal dijadikan bandara embarkasi haji.

www.republika.co.id