Cari di Blog Ini

Rabu, 08 Mei 2013

Merpati Nusantara Airlines Melayani Penerbangan Perintis Di Maluku

Informasi Penerbangan: Dengan menggunakan pesawat jenis Casa 212, Merpati Nusantara Airlines melayani beberapa rute penerbangan perintis di Maluku. Penerbangan perintis di Maluku mulai dilayani pesawat maskapai Merpati Nusantara Airlines pada 4 Mei 2013. Untuk wilayah Indonesia bagian Timur, selain di Maluku, Merpati Nusantara Airlines juga melayani penerbangan perintis di Papua.
Merpati Nusantara Airlines. ZonaAero
Merpati Layani Penerbangan Perintis di Maluku

PT Merpati Nusantara Airlines memenuhi harapan masyarakat Provinsi Maluku. Mulai Sabtu (4/5/2013), Merpati memulai penerbangan perintis, menerbangi berbagai daerah di Maluku. Menggunakan pesawat tipe Casa 212, Merpati akan meningkatkan mobilitas masyarakat Maluku yang akan melakukan kegiatan bisnis, wisata, maupun kegiatan sosial politik dan budaya dari satu daerah ke daerah lainnya. "Mulai 4 Mei kami melayani masyarakat Maluku yang akan melakukan perjalanan dari berbagai daerah di wilayah Maluku. Merpati akan melayani penerbangan dari Ambon menuju Kisar pulang pergi dengan frekuensi penerbangan sebanyak satu kali seminggu. Dari Ambon pesawat berangkat pukul 09.40 Waktu Indonesia Timur (WIT) dan tiba di Kisar pukul 11.40," kata Vice President Corporate Secretary Merpati, Herry Saptanto, di Jakarta, Senin (6/5/2013).

Selain melayani penerbangan Ambon–Kisar, Merpati Nusantara Airlines juga melayani penerbangan dari Kisar menuju Saumlaki pulang pergi (PP) sebanyak sekali dalam seminggu. Juga penerbangan Langgur–Larat dengan frekuensi penerbangan yang sama. Sementara penerbangan dari Ambon menuju Namlea, dilayani sebanyak dua kali dalam seminggu. "Penerbangan dari Kota Ambon menuju Bandaneira pulang pergi dilayani sebanyak 3 kali penerbangan pulang pergi selama satu minggu. Dari Ambon Merpati berangkat pukul 07.00 dan tiba di Bandaneira pukul 08.00 WIT. Untuk hari Senin dari Bandaneira pukul 08.20 kami melanjutkan penerbangan menuju Amahai. Tiba di Amahai pukul 09.20," katanya.

Selain itu, lanjut Herry, Merpati juga melayani penerbangan dari Kota Ambon pukul 11.40 menuju Namrole pulang pergi. Tiba di Namrole diperkirakan pukul 12.25 WIT. Penerbangan tersebut dilayani Merpati sekali dalam satu minggu. "Bila permintaannya tinggi, tidak tertutup kemungkinan, bila diizinkan pihak yang berwenang, kami akan tingkatkan frekuensi penerbangannya," ujar Herry.

Herry memaparkan, selama tahun 2013 Merpati telah mendapatkan kepercayaan dari pemerintah untuk menambah penerbangan perintis di delapan lokasi. Ke delapan lokasi tersebut masing-masing, Papua sebanyak 3 daerah yang diterbangi. Sementara penerbangan perintis di Maluku sebanyak 2 daerah yakni Langgur dan Bandanaira. Di Wilayah Sulawesi, Merpati tahun ini menambah dua penerbangan perintis melayani dua daerah masing masing Toli toli dan Mamuju. "Tambahan penerbangan perintis di Papua sudah mulai dilakukan 11 April yang lalu, sementara Sulawesi dan Nusa Tenggara Timur sudah dimulai pada 20 April 2013. Penerbangan perintis masih dibutuhkan di sejumlah wilayah kepulauan. Penerbangan ini sangat membantu warga setempat untuk meningkatkan akses ke daerah luar," ujar Herry.

Dia menambahkan, saat ini Merpati memiliki 32 pesawat. Sementara pesawat yang digunakan untuk penerbangan perintis sebanyak 7 pesawat terdiri dari jenis Twin Otter dan Casa. "Rute yang dimiliki Merpati tidak kurang dari 100 rute dan 40 kota yang dikunjungi," kata Herry.

travel.kompas.com