Cari di Blog Ini

Senin, 06 Mei 2013

Panjang Runway Bandara Sam Ratulangi Manado Ditambah Menjadi 3.000 Meter

Landasan pacu di Bandara Sam Ratulangi akan ditambah lagi panjangnya menjadi 3.000 meter. Saat ini landasan pacu di bandara yang berlokasi di kota Manado, Sulawesi Utara tersebut hanya memiliki panjang 2.650 meter. Gubernur Provinsi Sulut, Sinyo H Sarundajang, mengatakan bahwa landasan pacu Bandara Sam Ratulangi perlu ditingkatkan lagi kapasitasnya mengingat bandara ini sudah melayani penerbangan internasional dan banyak penerbangan domestik. Selain itu, Bandara Sam Ratulangi juga akan digunakan sebagai prasarana kegiatan ekspor melalui angkutan udara.
Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara. ZonaAero
Bandara Sam Ratulangi: Landasan Pacu Diperpanjang Jadi 3.000 Meter

Landasan pacu Bandara Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara (Sulut) akan diperpanjang menjadi 3.000 meter dari sebelumnya hanya 2.650 meter. "Hal ini tentu butuh dukungan pemerintah pusat. Sekarang ini sudah pada tahapan studi pembangunan landasan pacu," kata Gubernur Provinsi Sulut, Sinyo H Sarundajang di Manado, Minggu (5/5/2013)

Gubernur menjelaskan, bandara ini telah menjadi pelabuhan udara maskapai penerbangan Lion Air dan maskapai lainnya untuk tujuan penerbangan Manado-Cina, Taiwan dan Jepang, serta antarbandara di Sulawesi, Maluku Utara, Papua dan Gorontalo. "Karena itu perluasan dan perpanjangan bandara ini menjadi sangat mendesak dilakukan. Apalagi ketika terbuka penerbangan langsung Manado dengan sejumlah titik bandara di Cina dan Jepang dan beberapa negara lainnya, membuka peluang pertumbuhan ekonomi di kawasan ini," paparnya.

Tak hanya menjadi pelabuhan udara untuk penumpang, Bandara Sam Ratulangi juga akan diarahkan sebagai "air cargo" menuju ke Jepang, karena jarak tempuh dari Manado ke negara tujuan tersebut sekitar empat sampai lima jam. "Ketika diterbangkan dari Manado, dan tiba di Jepang ikan masih dalam keadaan fresh. Ini peluang-peluang yang harus ditangkap. Apalagi bila diekspor melalui pelabuhan Tanjung Priok butuh waktu yang cukup lama," ungkapnya.

Untuk proyek investasi di koridor Sulawesi khususnya Sulut, pemerintah akan membangun tol Manado-Bitung sepanjang 38 kilometer dibagi dalam dua tahap.

www.bisnis.com