Cari di Blog Ini

Jumat, 28 Februari 2014

Batik Air Buka 12 Rute Penerbangan Domestik Baru

Batik Air kini bersiap menambah 12 tujuan penerbangan baru. Rute penerbangan baru maskapai Batik Air adalah Banjarmasin, Batam, Solo, Gorontalo, Palembang, Kendari, Medan, Padang, Palu, Timika, Tarakan, dan Denpasar. Dengan penambahan rute penerbangan baru ini, maka Batik air kini mengoperasikan 100 penerbangan per hari.
Batik Air. ZonaAero
Batik Air Tambah Destinasi Penerbangan Baru

Maskapai penerbangan Batik Air berencana menambah lebih dari dua kali lipat jaringan domestiknya tahun ini. Yakni dari 10 destinasi menjadi 22 destinasi. Kota tujuan baru tersebut adalah Banjarmasin, Batam, Gorontalo, Kendari, Medan, Padang, Palembang, Palu, Timika, Tarakan dan Solo. Selain itu, Batik Air juga akan kembali membuka layanan penerbangan Jakarta-Denpasar.

Dengan dibukanya layanan baru ini, penerbangan harian anak perusahaan Lion Air ini meningkat dari 36 jadwal penerbangan menjadi 100 jadwal penerbangan.

Corporate Secretary Lion Air, Adhitya Simanjuntak, mengatakan, pada 2015, maskapai Batik Air juga akan membuka lima rute domestik lagi. ''Namun ada tiga di antaranya akan tergantung pada kesiapan dari perluasan dan perpanjangan landasan pacu bandara,'' ujar Adhitya, Kamis (27/2) di Singapura.

Batik Air, menurut Adhitya, akan menambahkan pesawat dengan tipe A320 yang pertama pada Juli mendatang. Batik Air akan menjadi maskapai pertama millik Lion Air yang mengoperasikan tipe A320. Pesawat ini memiliki 144 kursi kelas ekonomi dan 12 kelas bisnis.

www.republika.co.id

Kamis, 27 Februari 2014

Pesawat N-245 Dan N-270 Bakal Dirancang Setelah Proyek Pesawat N-219

Pesawat terbang N-245 dan N-270 akan segera dirancang dan dibuat oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) setelah selesai proyek pengembangan pesawat N-219 pada tahun 2016. Keterlibatan LAPAN hanya sampai pada pembuatan prototipe pesawat N-245 dan N-270, sedangkan proses produksi akan dilakukan oleh PT Dirgantara Indonesia.
Pesawat Terbang N-250. ZonaAero
Setelah N-219, RI Siapkan Proyek Pesawat Baru N-245 dan N-270

Pesawat terbang N-245 dan N-270 akan dirancang dan dibuat oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan PT Dirgantara Indonesia (PTDI). Proyek ini akan dikerjakan setelah proyek pesawat ringan N-219 selesai dikerjakan tahun 2016. "Setelah ini akan ada N-245 dan N-270 yang segera dimulai pada pertengahan tahun 2016 kita buat desain. N-245 itu untuk 45 penumpang, N-270 untuk 70 penumpang dan kedua pesawat ini pakai 2 mesin. Diharapkan cita-cita kita adalah R&D (penelitian dan pengembangan) ada di LAPAN, produksinya ada di DI," kata Kepala Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN Gunawan S Prabowo saat ditemui di Kantor LAPAN Rawamangun Jakarta, Selasa (25/02/2014).

Saat ini, LAPAN menganggarkan Rp 400 miliar untuk mengembangkan pesawat N-219 yang diserahkan kepada PTDI. Namun apaila pesawat itu sudah jadi dan dijual secara komersial, LAPAN tidak mendapatkan keuntungan penjualan. "LAPAN itu hanya kembangkan design center. Hasil penjualan itu nggak masuk ke kita. Kita berhenti hanya sampai prototype saja," ungkapnya.

Dana sebesar Rp 400 miliar akan dikucurkan selama 2 periode yaitu tahun 2014 sebesar Rp 310 miliar dan tahun 2015 sebesar Rp 90 miliar. LAPAN sebagai lembaga yang dimiliki negara hanya mengambil keuntungan dari hak cipta pesawat dan keterlibatan 30 tenaga ahli LAPAN untuk bekerjasama membuat pesawat N219 dengan PTDI. "Untungnya apa untuk LAPAN? Kita punya industri penerbangan. Kalau kita ingin improve kemampuan nggak kita nggak akan mampu. Sehingga ini kan ada barangnya jadi bagus itu imbal baliknya ke LAPAN. Lalu hak paten menjadi milik negara," imbuhnya.

finance.detik.com

Rp 400 Miliar Untuk Pengembangan Pesawat N-219

Pesawat terbang N-219 adalah jenis pesawat terbang terbaru yang dirancang dan dikembangkan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan PT Dirgantara Indonesia. Anggaran senilai Rp 400 miliar telah disiapkan untuk proyek pengembangan pesawat terbang N-219 tersebut.
Pesawat Terbang N-219. ZonaAero
Indonesia Kembangkan Pesawat N-219

Dana sebesar Rp 400 miliar telah dianggarkan untuk proyek pengembangan N-219, pesawat terbang jenis terbaru buatan Indonesia. Proyek pengembangan pesawat terbang ini merupakan kerjasama Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan PT Dirgantara Indonesia. Demikian yang disampaikan oleh Kepala Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN, Gunawan S. Prabowo. "Untuk anggaran 2014 Rp 310 miliar dan Rp 90 miliar untuk anggaran 2015," kata Gunawan seusai penandatangan kontrak kerja sama pengembangan pesawat N-219 dengan PT Dirgantara di kantornya, Selasa, 25 Februari 2014.

Pesawat N-219 buatan anak bangsa ini akan mengunggulkan muatan lokal Indonesia. Teknologi yang dikembangkan adalah hasil temuan ahli penerbangan Indonesia. Proses produksi pesawat juga akan melibatkan industri kecil dalam negeri. Pesawat berkapasitas 19 kursi ini bersertifikasi CASR-23 yang cocok dioperasikan pada bandara-bandara dengan infrastruktur yang minim.

Kepala Program Pengembangan Pesawat N-219 Agus Ariwiboro mengatakan pesawat itu sudah banyak diminati. Ada delapan pihak yang berminat membeli pesawat itu, yakni Lion Air seratus unit, Nusantara Buana Air 30 unit, pemerintah daerah Papua dan Papua Barat 15 unit, Aceh enam unit, Sulawesi enam unit, Riau empat unit, Thailand 18 unit, dan TNI Angkatan Laut 9-15 unit. "Pendanaannya dari APBN, maka pendapatannya pun untuk APBN. Pemegang hak cipta dan paten juga negara," katanya.

Pesawat jenis ini, kata Agus, cocok dioperasikan pada bandara-bandara kecil, sehingga dapat menjangkau seluruh Indonesia.

Saat ini, pesawat N-219 memasuki tahap desain awal. Proyek pengembangan pesawat ini dimulai pada 2004 dan akan ditargetkan terbang perdana pada 2016. Pesawat N-219 diperkirakan mempunyai nilai ekonomis US$ 3,8 juta. Pesawat ini menggunakan dua mesin yang masing-masing berkekuatan 850 shaft horse sharp (shp). Pesawat ini mampu lepas landas dalam jarak pendek, sehingga hanya memerlukan landasan 500-600 meter. Selain mampu mengangkut penumpang, pesawat ini dirancang sebagai pesawat kargo.

www.tempo.co

Senin, 24 Februari 2014

Penerbangan Jakarta-Jeddah Dilayani Flynas Mulai April 2014

Flynas, maskapai penerbangan biaya murah asal Arab Saudi telah bersiap untuk mengoperasikan rute penerbangan Jakarta-Jeddah. Rencananya layanan ini akan dioperasikan dengan jadwal 3 kali seminggu. Rute penerbangan Jakarta-Jeddah tersebut dilayani maskapai Flynas mulai bulan April 2014.
Flynas. ZonaAero
Flynas Buka Rute Penerbangan Jakarta-Jeddah

Layanan penerbangan dari Jeddah ke Jakarta dengan jadwal 3 kali seminggu akan segera dioperasikan oleh maskapai Flynas dari Arab Saud. Rute penerbangan Jakarta-Jeddah akan mulai dilayani Flynas pada bulan April 2014. Chief Executive Officer flynas, Raja Azmi mengatakan, alasan peluncuran rute ini sebagai langkah awal untuk program rute penerbangan globalnya yang berbiaya rendah dengan nilai tambah (Low Cost Carrier Plus). "Penerbangan Jeddah-Jakarta akan beroperasi setiap hari Senin, Selasa dan Minggu dan penerbangan Jakarta-Jeddah setiap hari Senin, Selasa dan Rabu," katanya di jakarta, Sabtu (21/2/2014).

Dia menambahkan, potensi indonesia sebagai negara Muslim terbesar di dunia menjadikannya sebagai pasar pertumbuhan utama bagi semua wisatawan yang berkunjung ke Arab Saudi. "Apalagi, pemerintah Indonesia baru-baru ini atif menyasar pasar rekreasi Arab Saudi dengan paket wisata yang menarik dan promosi yang diadakan di Kerajaaan," katanya.

Raja Azmi menambahkan, ibukota Indonesia adalah bagian dari program Rute Penerbangan Global flynas yang akan memberikan jaringan rute penerbangan internasional berkualitas tinggi ke penjuru Eropa, Asia dan Afrika, dengan biaya terjangkau.

Semua penerbangan internasional flynas akan beroperasi dari pusatnya di Jeddah. Menurut Raja Azmi, perluasan jaringan flynas hingga Jakarta merupakan langkah strategis untuk menuju babak baru yang ditandai oleh pembangunan agresif, diharapkan rute ini akan memiliki lalu lintas yang padat. "Mereka akan mendapatkan pengalaman perjalanan unik yang memungkinkan para penumpang untuk menikmati perjalanan tujuan internasional dengan biaya terjangkau dan dilengkapi oleh berbagai layanan dan hiburan di dalam pesawat," tuturnya.

www.tribunnews.com

Rabu, 12 Februari 2014

Garuda Indonesia Siapkan Kenaikan Tarif Penerbangan Domestik

Garuda Indonesia saat ini sedang menyiapkan kenaikan tarif untuk pelayanan penerbangan pada rute dalam negeri. Maskapai milik pemerintah Indonesia ini mengatakan bahwa maskapai nasional sedang meminta atau mengusulkan kenaikan tarif ini melalui Indonesia National Air Carriers Association (INACA).
Garuda Indonesia. ZonaAero
Garuda Akan Naikkan Tarif Penerbangan Domestik

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menyatakan industri penerbangan meminta adanya tarif tambahan (surcharge) melalui mekanisme Indonesia National Air Carriers Association (INACA). Maskapai itu sedang menyiapkan kenaikan tarif yang akan diberlakukan untuk penerbangan domestik. "Soal implementasinya kapan, kami harus cek dulu," kata juru bicara Garuda Indonesia, Pujobroto, Senin malam, (10/2/2014).

Untuk diketahui, industri maskapai penerbangan nasional mengeluhkan tren pelemahan nilai tukar (kurs) rupiah terhadap mata uang dolar Amerika Serikat dalam beberapa bulan terakhir. Selain itu, industri penerbangan juga tertekan kenaikan harga avtur sehingga biaya operasional membengkak. Kondisi itu membuat margin keuntungan maskapai-maskapai menipis bahkan terancam sehingga melakukan pemilihan rute dengan penutupan beberapa rute sementara.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bakti Gumay mengatakan pekan depan pemerintah akan menetapkan peraturan terkait dengan tarif surcharge atau tarif tambahan untuk penerbangan domestik. Tarif surcharge yang akan diberlakukan adalah Rp 60 ribu per jam untuk pesawat jenis jet dan Rp 50 ribu untuk pesawat jenis turbo propeller. Untuk tarif batas atas, menurut Herry, masih mengacu pada Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 26 Tahun 2010 tentang Tarif Batas Atas.

Tarif batas atas yang bervariasi berdasarkan jenis pesawat dan jarak tempuh itu ditetapkan untuk low cost air sebesar 85 persen, medium cost air 90 persen, dan full service air 100 persen.

www.tempo.co

Terancam Bangkrut. Regional Express Airlines Tagih Janji Wakil Perdana Menteri Australia

Regional Express Airlines atau Rex asal Australia telah mengumumkan perkiraan menurunnya pendapatan hingga 40% dibandingkan tahun lalu. Ini menandai awal dari kebangkrutan maskapai yang melayani rute penerbangan dengan tujuan ke pedalaman Australia. Jika pemerintah tidak segera turun tangan memberikan bantuan berupa subsidi penerbangan, dikhawatirkan bakal ada banyak maskapai di negeri kanguru tersebut yang berhenti beroperasi.
Regional Express Airlines. ZonaAero
Maskapai Penerbangan Lokal Australia Terancam Gulung Tikar

Perusahaan penerbangan Rex (Regional Express Airlines) yang mengkhususkan diri pada pelayanan penerbangan jalur-jalur lokal ke pedalaman Australia menyatakan bahwa tanpa bantuan dari pemerintah, maka sektor penerbangan di negara itu akan runtuh. Hal itu dikemukakan pihak Rex bersamaan dengan pengumuman menurunnya perkiraan pendapatan sebesar 40 persen dibanding tahun lalu.

Maskapai itu menyalahkan turunnya bisnis travel sebagai penyebab utama penurunan pendapatan mereka tahun ini. Chief Operating Officer (COO) Rex, Garry Filmer, menyatakan seluruh industri penerbangan mengalami masalah keuangan, termasuk turunnya pendapatan Qantas dan Virgin Australia. "Penerbangan lokal bahkan lebih sulit lagi. Kita telah menyaksikan runtuhnya dua maskapai regional tertua, Aeropelican dan Brindabella, tahun ini, dan tampaknya yang lain akan segera menyusul," katanya.

Filmer meminta Wakil Perdana Menteri Warren Truss untuk memenuhi janji kampanye yang disampaikan dalam pemilu lalu. Pihak Koalisi yang waktu itu masih beroposisi berjanji akan menyiapkan diskon senilai 3 juta dolar bagi jalur-jalur penerbangan yang jumlah penumpangnya minim. "Kami meminta Menteri Truss untuk memenuhi janji kampanyenya," katanya.

Namun Truss yang juga merangkap Menteri Pembangunan Ragional tidak bersedia diwawancarai. Kantornya hanya mengeluarkan pernyataan yang menyebutkan skema subsidi sedang difinalisasi, dan Menteri Truss akan mengumumkannya jika sudah diputuskan.

www.tribunnews.com

Selasa, 11 Februari 2014

PT Citilink Indonesia Butuh Strategic Investor

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk saat ini tengah mencarikan investor untuk anak perusahaannya, PT Citilink Indonesia. Investor yang diinginkan adalah dari perusahaan investasi dan maskapai penerbangan dari luar negeri. Kebutuhan untuk mendapatkan investor baru tersebut dikarenakan memburuknya kinerja keuangan maskapai Citilink Indonesia.
Citilink Indonesia. ZonaAero
Garuda Indonesia cari investor untuk Citilink

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk tengah mencari investor untuk PT Citilink Indonesia, sebagai langkah mengembangkan diri anak perusahaannya itu setelah kinerja keuangan yang terus memburuk. "Tahun ini Citilink akan mencari strategic investor, sekarang sedang proses, sehingga mampu mengembangkan citilink," kata Direktur Utama PT Garuda Indonesia Emirsyah Satar dalam keterangan pers di kantor Garuda Indonesia, Tangerang, Senin (10/2/2014).

Sebelumnya Garuda Indonesia justru berencana melepas anak usahanya Garuda Maintenance Facilities (GMF). Tetapi menurut Emir, perusahaan bidang perawatan pesawat itu belum siap untuk dilepas. "GMF tidak mencerminkan value yang kita inginkan. Sampai saat ini Garuda punya dana untuk mengembangkan GMF. Bukan karena kita ragu-ragu atau berubah pikiran. Tetapi kami nggak mau jual sesuatu yang nilainya bisa kita kembangkan lagi," jelas Emir.

Garuda Indonesia, sebagai induk perusahaan, menargetkan proses pencarian investor akan selesai pada kuartal I tahun 2014. Direktur Keuangan Handrito Hardjono mengatakan saat ini tersisa lima investor yang berasal dari perusahaan investasi dan maskapai. Handrito enggan mengungkapkan secara detail perusahaan tersebut. "Nggak bisa saya sebutkan. Yang pasti perusahaan investasi dan maskapai, maskapai dari asing, kalau perusahaan investasi dari lokal dan asing," jelasnya.

Ia menegaskan meskipun Citilink akan bermitra dengan pihak lain, akan tetapi Garuda Indonesia masih akan menjadi pemegang saham mayoritas. "Pokoknya Garuda masih pemilik mayoritas, sekitar di atas 50 persen. Kalau mereka partner bisa saja," kata Handrito yang mengisyaratkan kemungkinan bisa saja ada dua investor yang bergabung memiliki saham Citilink.

Sementara Direktur Utama PT Citilink Indonesia Arif Wibowo mengatakan masuknya investor nantinya tidak akan mempengaruhi rencana bisnis perusahaan tersebut pada tahun 2014. Pada 2014, Citilink akan melakukan ekspansi penambahan sembilan rute domestik baru dari 28 rute yang sudah ada. Arif menambahkan, Citilink juga akan membuka penerbangan ke beberapa negara tetangga seperti dari Surabaya ke Malaysia, Surabaya ke Singapura, dan Denpasar ke Perth. "Kalau saat ini posisinya 10% regional dan 90% domestik di tahun 2018 diharapkan bisa menjadi 20% regional dan 80% domestik," tegasnya.

Selain itu, Citilink juga berencana menambah delapan armada baru jenis Airbuss A320 mulai Juni 2014 nanti sehingga nantinya perusahaan itu akan memiliki 32 armada pada 2014. "Ini untuk mengejar target penumpang sebesar 8,2 juta penumpang," jelas Arif.

www.antaranews.com

Merpati Nusantara Airlines Punya 15 Calon Investor

Pihak Merpati Nusantara Airlines mengabarkan bahwa setidaknya ada 15 calon investor telah berminat untuk menjadi mitra KSO dengan maskapai penerbangan yang kini tengah menghadapi kendala operasional tersebut. Bahkan 4 dari 15 calon investor Merpati Nusantara Airlines itu adalah dari pabrikan atau produsen pesawat terbang.
Merpati Nusantara Airlines. ZonaAero
Empat pabrik pesawat ingin bantu Merpati

Direktur Utama PT Merpati Nusantara Airlines (Merpati) Capt. Asep Ekanugraha mengatakan bahwa pihaknya telah didatangi para calon investor dan beberapa diantaranya adalah dari produsen pesawat yang berminat untuk menjadi mitra kerja sama operasional. "Setidaknya dari 15 calon mitra KSO terdapat empat perusahaan produsen pesawat terbang. Dua di antaranya Suhkoi dan Bombardier," kata Asep, di Jakarta, Senin (10/2/2014).

Menurut Asep, empat perusahaan tersebut berinvestasi dengan menyiapkan pesawat termasuk menyediakan dana untuk modal kerja. "Sukhoi Super Jet (SSJ), dan Bombardier sudah menyatakan minat untuk menjadi mitra Merpati," katanya.

Menurut catatan, pada 1 Februari 2014, Merpati terpaksa menutup sebagian besar rute penerbangan karena tidak memiliki kemampuan untuk menjalankan operasional. Perusahaan yang didirikan 6 September 1962 tersebut, saat ini terlilit utang hingga sekitar Rp7,3 triliun, meskipun restrukturisasi berupa penyuntikan dana APBN terhadap perusahaan sudah berkali-kali dilakukan. Penyelamatan Merpati ditempuh melalui sejumlah opsi seperti konversi utang menjadi saham (debt to equity swap), pemisahan (spin off) unit usaha Merpati Maintenance Facilities (MMF) dan Merpati Training Center (MTC).

Khusus KSO diutarakan Asep, setidaknya empat kriteria yang akan menjadi mitra Merpati, yaitu pertama yang mampu menyediakan modal, kedua menyediakan pesawat, ketiga menyediakan modal dan pesawat, ke empat kombinasi modal, pesawat, dan termasuk pilot. "Bentuk kerja sama mulai dari pesawat dan modal. Ada yang hanya menawarkan pesawat saja. Ada yang menawarkan kerja sama pengadaan pesawat, modal hingga pilot," ujarnya.

Khusus produsen pesawat tersebut Asep menambahkan, mereka menyatakan siap mengadakan pesawat berbadan lebar atau jenis jet dengan kapasitas 60 tempat duduk hingga 100 lebih tempat duduk. "Sedangkan untuk pesawat dengan kapasitas 20 tempat duduk, kami rasa masih cukup," ujarnya.

Terkait dengan jenis MA-60, jenis pesawat berkapasitas 60 tempat duduk yang dibeli dari China, Asep mengatakan, pihak Xian Aircraft Manufacture sudah dua kali bertemu dengan Merpati untuk meningkatkan kerja sama. "Kerja sama lebih lanjut dalam hal pengoperasian termasuk maintenance," ujarnya.

Sedangkan pesawat berkapasitas 20 penumpang yang dimiliki Merpati masih bisa dioperasikan meskipun berusia sudah tua. "Jenis twin otter masih bisa dioperasikan meskipun keluaran tahun 1960-an, cukup dengan mengganti baling-baling karena mesinnya masih bagus. Yang sulit itu pesawat jenis jet, jika sudah berumur 35 tahun, harus segera diganti," ujarnya.

www.antaranews.com

Minggu, 09 Februari 2014

11 Rute Penerbangan Mandala TigerAir Dihentikan Sementara

11 rute penerbangan yang dilayani oleh maskapai Mandala TigerAir dihentikan sementara menyusul kebijakan evaluasi jaringan. Penghentian layanan pada 11 rute penerbangan tersebut dimulai pada tanggal 10 Februari 2014 hingga batas waktu yang belum ditentukan.
Mandala TigerAir. ZonaAero
Tiger Air Mandala Hentikan Sebelas Rute Penerbangan

11 rute penerbangan yang dilayani Tigerair Mandala akan dihentikan sementara oleh maskapai tersebut hingga batas waktu yang belum ditentukan. Penghentian sementara layanan pada rute-rute tersebut dikarenakan adanya evaluasi jaringan. Rencana perubahan ini akan dimulai sejak tanggal berikut.

Public Relations Manager Tigerair Mandala Lucas Suryanata merinci, rute dan nomor Penerbangan yang dihentikan sementara dimulai pada 10 Februari 2014, Surabaya – Hongkong, RI 650 / 651. Kedua, Surabaya – Kuala Lumpur, RI 742 / 743 pada 11 Februari 2014.

Ketiga, Jakarta – Kuala Lumpur, RI 700 /701 pada 18 Februari 2014. Keempat, Jakarta – Pekanbaru (pengurangan frekuensi),RI 72 /73 pada 18 Februari 2014.

Kelima, Medan (Kuala Namu) – Singapura, RI 861 / 862 pada 18 Februari 2014. Keenam, Jakarta – Yogyakarta, RI 344 / 345 pada 3 Maret 2014. Ketujuh, Pekanbaru – Singapura, RI 871 / 870 pada 3 Maret 2014.

Kedelapan, Jakarta – Singapura (pengurangan frekuensi), RI 808 / 809 pada 3 Maret 2014. Kesembilan, Jakarta – Surabaya, RI 520 / 529 pada 17 Maret 2014. Ke-10 Surabaya – Bangkok, RI 914 / 915 pada 17 Maret 2014. Ke-11 Jakarta – Hongkong, RI 652 / 657 pada 11 April 2014.

Dia menginformasikan, pembelian tiket pesawat untuk rute di atas tidak dapat dilakukan untuk sementara. Para pelanggan yang telah memiliki tiket untuk seluruh penerbangan tersebut akan segera mendapatkan pemberitahuan serta pemindahan jadwal ke penerbangan Tigerair Mandala (RI) atau Tigerair Singapore (TR), atau pengembalian uang.

Silakan menghubungi agen perjalanan, atau call centre Tigerair Mandala di 021-2939 6688 terkait informasi proses pemindahan jadwal penerbangan atau pengembalian uang.

www.republika.co.id

KTT Penerbangan UE-ASEAN 2014 Digelar Di Singapura

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Penerbangan Uni Eropa (UE)-ASEAN 2014 adalah pertemuan yang pertama kali diadakan oleh pihak Uni Eropa dan ASEAN untuk membicarakan masalah manfaat, promosi, dan peningkatan hubungan sektor penerbangan.
Bandara Internasional Changi Singapura. ZonaAero
Singapura Tuan Rumah KTT Penerbangan UE-ASEAN

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Penerbangan Uni Eropa (UE)-ASEAN 2014 digelar di Singapura pada 11-12 Februari mendatang. Informasi dari UE yang diterima pada Jumat (7/2/2014) menunjukkan bahwa KTT ini adalah yang pertama kali diselenggarakan sebagai media untuk mendiskusikan manfaat, promosi, dan peningkatan hubungan sektor penerbangan UE dan ASEAN. Tiga penyelenggara KTT ini adalah Direktorat Jenderal Komisi Eropa untuk Mobilitas dan Trasnport, ASEAN Air Transport Working Group, dan Sekretariat ASEAN.

Khusus bagi Indonesia, sebagaimana data UE tertanggal 5 Desember 2013, masih ada 55 maskapai penerbangan Indonesia yang dilarang terbang ke kawasan UE. Sampai kini, UE hanya mengizinkan Garuda Indonesia, Airfast Indonesia, Mandala Airlines, Ekspres Transportasi Antarbenua, dan Indonesia Air Asia. UE masih menganggap keselamatan dan keamanan penerbangan oleh maskapai penerbangan Indonesia belum memenuhi persyaratan.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (INACA) 2013-2015 Muhammad Arif Wibowo, menurut data UE tersebut, mengatakan kalau pekerjaan rumah penerbangan nasional adalah keselamatan dan keamanan penerbangan. Dua hal ini menjadi pokok penting Indonesia untuk menghadapi era penerbangan bebas Asia Tenggara atau ASEAN Open Skies mulai 2015 mendatang.

internasional.kompas.com

Kamis, 30 Januari 2014

Citilink Gabungkan Tiket Pesawat Dan Airport Tax Dalam Satu Paket Pembelian.

Citilink Gabungkan Tiket Pesawat Dan Airport Tax Dalam Satu Paket Pembelian. Penggabungan pembelian tiket pesawat dan airport tax menjadi satu paket dilakukan oleh maskapai Citilink untuk kemudahan bagi pelanggannya. Para penumpang untuk selanjutnya tidak lagi perlu antri di depan counter loket Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) untuk membayar Airport Tax.
Citilink Indonesia. ZonaAero
Penumpang Citilink Tak Perlu Antre Beli Airport Tax di Bandara Ahmad Yani

Mulai 1 Februari 2014 calon penumpang maskapai penerbangan Citilink tidak perlu mengantre di konter passenger service charge (PSC) on ticket atau Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) untuk membayar airport tax di dalam Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang

District Sales Manager Citilink, Ariwibowo Setio Yuliawan menyatakan mulai Sabtu (1/2/2014) Citilink akan menggabungkan airport tax dengan tiket pesawat. "Kami selalu memberikan layanan yang lebih kepada penumpang Citilink, pembayaran PJP2U sudah termasuk di pembelian tiket Citilink dengan penerapan tersebut penumpang Citilink tidak perlu capek-capek lagi mengantre di konter PJP2U," ucapnya, Rabu (29/1/2014)

Ari menambahkan hal tersebut tidak sama dengan menaikkan harga tiket pesawat yang terjadi adalah harga tiket pesawat normal ditambah dengan airport tax, pembayaran tiket yang sebelumnya dilakukan terpisah akan disatukan. "Harga tiket tergantung subclass hanya ditambah airport tax Rp 30 ribu," paparnya.

Station Manager Citilink Semarang, Bambang Irawan, menambahkan tujuan digabungkannya pembayaran airport tax dan tiket pesawat untuk menyederhanakan pembayaran dan mengurangi panjangang antrean saat pembayaran airport. "Layanan ini memberikan banyak keuntungan bagi penumpang Citilink dan juga petugas, penumpang bisa langsung masuk dan menunggu di area tunggu kedatangan di dalam bandara tanpa harus mengantre dulu di konter PJP2U," paparnya.

www.tribunnews.com

Lion Air Gunakan Mesin CFM56-5B Untuk Pesawat Airbus A320ceo

Lion Air Gunakan Mesin CFM56-5B Untuk Pesawat Airbus A320ceo. Keputusan Lion Air untuk menggunakan mesin CFM56-5B untuk armada pesawat Airbus A320ceo yang telah dipesannya adalah dengan alasan efisiensi konsumsi bahan bakar. Seperti diketahui bahwa maskapai yang dipimpin oleh Rusdi Kirana ini beberapa waktu lalu telah memesan ratusan unit pesawat terbang bermesin jet kepada pabrikan pesawat Airbus, 60 unit diantaranya adalah tipe A320ceo.
Lion Air. ZonaAero
Demi Efisiensi, Pesawat Lion Air Gunakan Mesin CFM

Lion Group memutuskan menggunakan mesin CFM International CFM56 - 5B di pesawat Airbus A320ceo. Lion Group memiliki 60 pesawat A320ceo yang dibuat oleh Airbus, pesawat yang pertama akan dikirimkan pertengahan tahun. Sebanyak enam dari Pesawat berbadan Kecil Airbus tersebut akan dikirimkan pada tahun 2014 dan ini akan digunakan untuk armada full service Batik Air.

Presiden Direktur Lion Group Rusdi Kirana menginformasikan, Lion Group memilih CFM56 sebagai mesin A320ceo nya karena efisiensi bahan bakar mesin dan biaya siklus mesin yang baik. Lion Group juga bisa melihat beberapa manfaat yang serupa dengan 737-800/900ER nya yang didukung oleh mesin CFM56 - 7. "Operasional yang sangat efisien dan mesin pesawat yang dapat diandalkan adalah salah satu kunci keberhasilan kami," kata dia dalam keterangan tertulis, Rabu (29/1/2014).

Rusdi menambahkan, pihaknya memiliki pengalaman yang baik dengan CFM International. Lion Group, kata dia, juga memiliki cadangan suku cadang yang besar untuk mesin CFM56. Meskipun Lion Group telah memilih CFM56 - 5B untuk pesawat A320ceo, namun belum membuat pilihan mesin yang akan digunakan bagi 109 pesawat A320neo dan 65 pesawat A321neos yang sudah dipesan.

Menurut Rusdi, pihaknya sedang mempertimbangkan mesin CFM International Leap dan Pratt and Whitney GTF. Hingga kini belum diputuskan akan menggunakan mesin yang mana. Pasalnya, masih ada beberapa tahun lagi sebelum pesawat A320/A321neo pertama Lion Group dikirim oleh Airbus, sehingga masih memiliki waktu untuk membuat keputusan yang tepat. "Apapun jenis mesin yang kita pilih, tujuan utama kami adalah untuk menjadikan Batam Aero Technic Lion Group menjadi fasilitas perawatan pesawat terpadu kelas dunia untuk pemeliharaan mesin, perbaikan dan overhaul," ujar dia.

Dia mengatakan Batam Aero Technic menyediakan pembuat peralatan asli (OEM) agar dapat menguasai pasar dengan kuat di Asia Tenggara dan khususnya di Indonesia.

www.republika.co.id

Jadwal Penerbangan Makassar-Jakarta Pesawat Garuda Indonesia Menjadi 11 Kali Sehari.

Jadwal Penerbangan Makassar-Jakarta Pesawat Garuda Indonesia Menjadi 11 Kali Sehari. Frekuensi penerbangan pesawat terbang Garuda Indonesia pada rute Makassar-Jakarta yang sebelumnya hanya 10 kali per hari kini telah ditingkatkan menjadi 11 kali per hari. Penambahan jadwal penerbangan ini efektif diberlakukan mulai tanggal 1 Februari 2014.
Garuda Indonesia. ZonaAero
Garuda Tambah Frekuensi Penerbangan Makassar ke Ke Jakarta

Garuda Indonesia menambah frekuensi penerbangan dari Makassar ke Jakarta menjadi 11 kali sehari yang sebelumnya 10 kali sehari. Penambahan ini berlaku mulai 1 Februari 2014. Penambahan frekuensi ini melihat peningkatan penumpang pada rute Makassar – Jakarta yang cukup besar sepanjang 2013.

Jadwal tambahan baru dari Makassar ke Jakarta yakni GA 618 berangkat pukul 15.15 Wita dan tiba di Jakarta pukul 16.35 Wib, sedangkan dari Jakarta ke Makassar yakni pukul 11.00 Wib serta tiba di Makassar 14.30 Wita.

Penerbangan ini akan dilayani dengan pesawat Boeing 738 yang berkapasitas 12 penumpang di kelas bisnis serta 150 penumpang di kelas ekonomi.

VP Eastern Of Garuda Indonesia, Rosyinah Manaf, Rabu (29/1) mengatakan sepanjang tahun 2013, total penumpang yang diangkut oleh Garuda Indonesia sebanyak 465.377 penumpang dan meningkat 12 persen dari tahun 2012.

www.tribunnews.com

Rabu, 29 Januari 2014

Mau Dapat Kamar Hotel Murah? Ini Caranya!

Mau Dapat Kamar Hotel Murah? Ini Caranya! Mendapatkan kamar hotel dengan harga murah ternyata tidak terlalu sulit. Meskipun murah bukan berarti kamar hotel yang akan kita dapatkan berkualitas ala kadarnya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para traveler untuk bisa memperoleh kamar hotel dengan harga murah. Silahkan baca artikel traveling ini untuk mendapatkan ulasan selengkapnya.
Lobi Hotel. ZonaAero
Tips bayar kamar hotel lebih murah

Mencari kamar hotel murah, tak selalu susah. Kalau kita jeli, ada banyak cara untuk mendapatkan kamar hotel dengan tarif istimewa a.k.a lebih murah ketimbang published rate. Wego mengumpulkan tips dan trik yang bisa kamu coba untuk mendapatkan kamar hotel dengan harga lebih murah.

Booking online
Umumnya, tarif kamar hotel yang ditawarkan melalui internet lebih murah. Tapi sebagian besar orang merasa tak nyaman dengan metode booking online karena pernah kecewa dengan kondisi kamar. "Kadang-kadang suka gitu kan? Fotonya sih bagus, tapi ternyata kondisi fisiknya enggak seperti itu," kata selebritas Christian Sugiono beberapa waktu lalu di Jakarta. Untuk yang satu ini, suami Titi Kamal itu pun berbagi tips. Biasanya, dia akan datang ke hotel di lokasi yang diinginkan, melihat kondisi hotel lalu ngecek harga. "Kan biasanya dari lobby hotel juga udah kelihatan lah ya gimana hotelnya. Lalu kita tanya rate-nya. Udah beres tanya ini itu, kita cek di situs booking online. Kalau lebih murah, ya order online aja," ujar Tian yang selalu membawa smartphone, tablet dan kamera saat traveling itu. Salah satu situs yang menyediakan layanan online booking kamar hotel adalah Wego Indonesia

Join club
Banyak hotel yang memiliki jaringan luas di seluruh dunia. Nah, kalau kamu bersedia jadi pelanggan setia, hotel tak ragu kok memberi diskon khusus sepanjang masa. Syaratnya daftar menjadi anggota klub. Misalnya nih, LeClub Accor Hotels. Gabung program ini gratis saja. Poinnya pun tidak pernah kadaluarsa.

Off Season
Pada musim-musim ramai liburan, tentu saja sulit mendapatkan kamar dengan tarif promo. Sebaliknya, jika Anda tak keberatan traveling di musim sepi turis, tarif kamar kerap lebih murah ketimbang biasanya. Ini berlaku juga untuk weekdays. Jangan ragu untuk menanyakan harga diskon.

Berburu voucher
Saat ini sudah banyak situs penjual voucher promo untuk menginap di hotel. Tak ada salahnya jika Anda berlangganan newsletter mereka agar tidak ketinggalan info. Penting juga untuk follow akun para traveler yang juga buzzer. Mereka kerap berbagi info menginap murah, bahkan ada yang menyelenggarakan lelang.

Beli paket
Ada beberapa penerbangan yang menyediakan paket penerbangan plus menginap. Jika cocok dengan destinasi yang Anda mau, bisa coba membeli paket ini. Harganya relatif lebih murah ketimbang membeli secara parsial. Contohnya, AirAsiaGo.

www.wego.co.id

Selasa, 28 Januari 2014

Penerbangan Jakarta-Makassar Pesawat AirAsia Ditutup Mulai 1 Februari 2014

Penerbangan Jakarta-Makassar Pesawat AirAsia Ditutup Mulai 1 Februari 2014. Alasan penutupan layanan rute penerbangan Jakarta-Makassar adalah untuk melakukan efisiensi anggaran operasional maskapai tersebut akibat melemahnya nilai tukar mata uang Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat. Namun hingga kini pihak maskapai AirAsia masih belum bisa memastikan hingga kapan rute penerbangan yang dihentikan ini akan dioperasikan kembali.
AirAsia
Air Asia Tutup Penerbangan Jakarta-Makassar

Maskapai penerbangan Air Asia Indoensia akan menutup rute Jakarta-Makassar mulai 1 Februari 2014. Sebab, perusahaan tengah melakukan efisiensi anggaran operasional. "Alasan utamanya adalah pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat, sehingga kami perlu melakukan efisiensi anggaran operasional," kata Manajer Komunikasi Air Asia Indonesia Audrey Progastama Petriny, Senin, 27 Januari 2014.

Sebenarnya selama ini, kata Audrey, animo masyarakat untuk penerbangan Jakarta-Makassar cukup besar. Tapi kondisi nilai tukar rupiah hingga saat ini belum menunjukkan perbaikan. Jadi, pihaknya terpaksa melakukan efisiensi dengan menutup sejumlah jalur penerbangan. Masih belum ada kepastian apakah penutupan itu akan berlaku sementara atau selamanya. "Sementara ini, masih ditutup dulu, tapi belum diputuskan apakah akan permanen atau tidak."

Opsi Penggantian Tiket Jakarta-Makasar oleh Air Asia

Maskapai penerbangan Air Asia Indonesia akan menutup rute Jakarta-Makasar mulai 1 Februari 2014. Sebab, kondisi pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat membuat perusahaan harus melakukan efisiensi anggaran operasional. Lantas, bagaimana nasib penumpang yang sudah terlanjur membeli tiket tujuan tersebut? Manajer Komuniskasi Air Asia Indonesia Audrey Progastama Petriny mengatakan, perusahaan menyiapkan tiga opsi penggantian kerugian bagi penumpang.

Pertama, perusahaan menawarkan penggantian tiket dengan pengembalian uang (refund). "Opsi refund ini kami berikan secara penuh," ujarnya.

Kedua, bagi masyarakat yang sudah terlanjur membeli tiket Jakarta-Makasar atau sebaliknya setelah Februari tapi tetap ingin ke rute tersebut menggunakan Air Asia, perusahaan menawarkan penjadwalan ulang (reschedule). "Jadi reschedule bisa dipilih sebelum tanggal 1 Februari 2014," kata Audrey.

Opsi ketiga adalah sistem deposit (credit shell). Sistem deposit ini, ujar Audrey, yakni dengan menyimpan sejumlah uang di akun yang disiapkan oleh perusahaan. "Besarannya senilai dengan harga tiket yang sudah dibeli untuk disimpan, kemudian bisa digunakan untuk membeli tiket dengan rute lain dengan masa berlaku selama enam bulan," ujarnya.

Untuk bisa melakukan opsi-opsi tersebut, penumpang bisa mengisi formulir di laman Air Asia Indonesia atau call center di 021-29270999

www.tempo.co

Penerbangan Dari Batam ke Hongkong, India, Jeddah, China, Dan Thailand Akan Dioperasikan Lion Air

Penerbangan Dari Batam ke Hongkong, India, Jeddah, China, Dan Thailand Akan Dioperasikan Lion Air. Rencana layanan penerbangan internasional Lion Air dari Batam menuju beberapa destinasi di luar negeri tersebut diungkap oleh Presiden Direktur Lion Air, Rusdi Kirana, pada Senin 27 Januari 2014 lalu di Batam. Selain rute penerbangan internasional, maskapai ini juga akan membuka rute penerbangan domestik dari Batam menuju ke Papua dan Bali.
Lion Air. ZonaAero
Lion Air Berencana Buka Penerbangan Internasional dari Batam

Maskapai penerbangan Lion Air sedang merencanakan untuk mengoperasikan sejumlah rute penerbangan internasional dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam, dan penerbangan domestik baru langsung ke Indonesia Timur. "Kami akan membuka penerbangan internasional dari Batam ke Hongkong, India, Jeddah, China, Thailand dari Batam," kata Presiden Direktur Lion Air, Rusdi Kirana di Batam, Senin (27/1/2014).

Ia mengatakan, saat ini Bandara Internasional Hang Nadim Batam sudah menjadi penghubung (hub) Lion Air untuk Indonesia Barat yang menghubungkan dengan kawasan Indonesia lain. "Negara-negara tersebut merupakan jalur potensial yang akan segera diterbangi Lion Air dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Kami akan segera mempersiapkan jadwal penerbangan ke tujuan-tujuan tersebut," kata dia.

Untuk rute domestik, kata dia, Lion Air akan membuka penerbangan langsung ke Papua dan Bali setelah sebelumnya membuka penerbangan ke Balikpapan tanpa melalui Jakarta sehingga lebih murah dan cepat. "Saat ini Lion Air sudah memiliki 15 jalur penerbangan domestik dari Batam. Kami akan menambahnya menjadi 20 termasuk ke Papua dan Bali," kata Rusdi.

Untuk mendukung operasional dari Batam, Lion Grup juga membangun fasilitas perawatan dan perbaikan menyeluruh (MRO) di Bandara Internasional Hang Nadim Batam yang akan dikelola oleh PT Batam Aero Mero Technic. Ketua Badan Pengusahaan (BP) Batam Mustofa Widjaja menyatakan, segera membanguan landas pacu dan ruang tunggu ke dua Bandara Internasional Hang Nadim Batam mengantisipasi lonjakan penerbangan domestik dan internasional. "Ruang tunggu yang ada saat ini sudah melebihi kapasitas. Sementara landas pacu yang ada tidak mungkin mampu melayani lonajakan penerbangan dengan akan dibukannya jalur internasional oleh Lion Air, serta rencana sejumalh perusahaan mendirikan pusat perawatan di Batam," katanya.

Selain Lion Air, kata dia, Sriwijaya Air dan Garuda Maintenance Facility dan perusahaan milik anak sulung BJ Habibie juga berencana membangun fasilitas perawatan pesawat di Batam. Saat ini Bandara Internasional Hang Nadim Batam memiliki satu landas pacu dengan panjang 4,025 kilometer dan ruang tunggu dengan kapsitas 3,8 juta penumpang.

www.beritasatu.com

Sabtu, 25 Januari 2014

Aeromobile, Mobil Terbang Tercantik Dan Terbaik

Aeromobile, Mobil Terbang Tercantik Dan Terbaik. Aeromobile adalah kendaraan terbang yang memadukan fungsi mobil dan pesawat terbang. Mobil terbang ini merupakan hasil rancangan Stefan Klein, seorang insinyur dari Austria. Ketika terbang di udara, Aeromobile mampu melaju dengan kecepatan 100km/jam dan dan daya tempuh yang mencapai jarak 700 kilometer. Konsumsi bahan bakar saat digunakan untuk terbang adalah 15 liter/jam.
Aeromobile. ZonaAero
Mobil terbang mengudara di Slowakia

Desain ruang untuk sebuah mesin yang dapat bangun dari tempat parkir standar spot, membentangkan sepasang sayap, dan melemparkan dirinya ke udara telah dieksplorasi secara menyeluruh sebagai apapun. Stefan Klein, seorang insinyur dari Austria, telah bekerja pada mesin tersebut selama 20 tahun terakhir. Konsep terbarunya, AeroMobile 2.5, memiliki beberapa spesifikasi yang mengesankan, dan tampaknya memiliki sedikit kesulitan mendapatkan udara. Pertanyaan yang terlintas dalam pikiran ketika menonton rekaman prototipe adalah - dapat itu tinggal di sana? Dalam jumlah yang sangat bulat, mobil drive- fly minimal (atau pesawat udara roadable, seperti beberapa orang bilang) mungkin menimbang kering pada 1000 pound. Setidaknya 100 tenaga kuda diperlukan untuk membawa cukup tinggi bahan bakar untuk terbang ke 500 mil pada 100 mph. Angka-angka ini mencerminkan baik persyaratan perizinan untuk kerajinan olahraga ringan, dan parameter sederhana mencerminkan misi berskala manusia yang khas. AeroMobile tetap cukup dekat dengan amplop ini sementara beberapa desain lain seperti Terrafugia pergi sedikit lebih besar, dengan daya dukung ekstra dan kemudahan. Dengan asumsi angka kami hanya diletakkan, pertimbangan utama secara tradisional cara menyelundup sayap. The AeroMobile mengambil pendekatan kunang-kunang, sederhana berputar mereka belakang, setelah lipat selama flaps. Metode ini memiliki daya tarik sederhana jika dibandingkan dengan Terrafugia, yang malah runtuh nya gaya akordeon sayap dan harus memperkenalkan titik potensi kegagalan seluruh rentang mereka. Kedua desain ini akan tampak lebih baik untuk meragukan Goodyear Inflatoplane, yang sudah lama menghilang dari diskusi sopan. Untuk beberapa alasan, desain kartun favorit - teleskop sayap yang hanya dapat diekstrusi keluar dari tubuh - belum direalisasikan. Kita sebut kendaraan seperti ini CAD mobil, karena mereka kemungkinan besar akan hanya pernah benar-benar ada di CAD ( seperti yang digambarkan di bawah). Banyak dari desain futuristik memiliki alat peraga menyalurkan, sangat mirip dengan jetpack Martin. Empat - prop ( quadcopter ) desain, bahkan mereka di mana roda miring ke bawah dan berubah menjadi penggemar, masih bencana kontrol. Secara teori, jika bantalan dalam satu prop merebut, Anda bisa berjalan di tiga, tapi itu bukan sesuatu yang Anda ingin menguji. Jika Anda khawatir tentang keamanan, Anda mungkin akan ingin menyimpan sayap, bahkan jika terlihat seperti angin sedikit bisa mengubah kerajinan Anda terbalik. Klein tidak hanya membangun mesinnya untuk kesenangan pribadi sendiri, ia memiliki niat penuh membawanya ke pasar yang lebih besar. Dia mengharapkan beberapa tahun lagi untuk menyelesaikan proses sertifikasi dan untuk masuk ke produksi. Hal ini tidak akan menjadi kerajinan untuk mendapatkan diri Anda keluar dari kemacetan lalu lintas. Take- off, dan jika hal-hal berjalan dengan baik, pendaratan, masih akan kebandarudaraan. Bicara dari bandara membawa sebuah titik praktis yang penting tentang mesin : desain Klein menggunakan mesin pesawat berpendingin air Rotax 912, yang ringan dan kuat, tetapi dapat dijalankan pada standar bensin tanpa timbal. Dalam beberapa kali pesawat dan mesin otomotif telah berkumpul untuk desain yang sama dekat - optimal. Mesin pesawat biasanya lebih mahal, memiliki persyaratan bahan bakar khusus dan toleransi, dan dapat diharapkan untuk dapat dijalankan pada full - throttle terus menerus dalam operasi yang khas. Persyaratan torsi juga sangat berbeda untuk roda dan alat peraga. Stein menggunakan dua hubungan yang terpisah drive, satu untuk roda depan, dan satu untuk prop belakang, dan dua roda kemudi di dalam taksi. Secara keseluruhan konsep tampaknya sangat baik dipikirkan dan dieksekusi. Jika dia hanya bisa mendapatkan hidung untuk menunjukkan secara terus menerus dalam arah yang sama dengan kerajinan adalah pos, desain mungkin menjadi pilihan yang menarik bagi mereka serius mempertimbangkan untuk mendapatkan sebuah mobil terbang.
Mobil terbang terwujud di Slowakia dari seorang insinyur Stefan Klein. Menurut Klein, dia terinspirasi oleh buku impian tentang terbang karya penulis Prancis Jules Verne dan Antoine de Saint Exupery. "Saya mendapat gagasan untuk mulai menggarap kendaraan masa depan di universitas," kata Klein kepada AFP. "Terbang ada di dalam darah saya -- kakek dan ayah saya penerbang pesawat ringan dan saya punya surat izin terbang saat belum cukup umur untuk SIM mobil," kata Klein yang merancang mobil bagi BMW, VW dan Audi serta kini mengajar di Bratislawa, akademi Seni dan desain.

Kendaraannya, Aeromobile, punya panjang enam meter dan muat untuk berhenti di tempat parkir atau garasi rumah maupun SPBU. Bila berada di lapangan udara, kendaraan itu mengeluarkan sayap lipat dalam beberapa detik dan berubah menjadi sebuah pesawat.

Aeromobile (Gambar 2). ZonaAero
Flying, majalah penerbangan Amerika Serikat dan laman web bidang inovasi inhabitat.com menyebut Aeromobile sebagai kendaraan terbang tercantik dan terbaik. Saat mengudara, top speednya 100km/jam dan daya tempuhnya 700 km dengan konsumsi BBM 15 liter/jam. "Sejauh ini ada sekitar 20 usaha untuk menciptakan mobil terbang di seluruh dunia. Di antaranya, Aeromobile yang paling nyata. Pengemudi atau pilotnya harus memiliki SIM dan izin terbang, setidaknya dengan 25 jam terbang," kata Ketua Federasi Penerbangan Pesawat Ringan Slowakia, Milan Ciba kepada AFP.

Sebagai seorang pilot juga, Klein tetap bersahaja mengenai kendaraan masa depan ini. "Kami tidak berharap aeromobile ini diproduksi secara massal, hanya akan menjadi alat trassportasi alternatif," kata Kelin.

Mobil terbang ini akan lepas landas dengan izin terbang pesawat ringan.

otomotif.antaranews.com

Jumat, 24 Januari 2014

Kemenhub Tolak Permintaan Rute Penerbangan Baru Garuda Indonesia dan AirAsia

Kemenhub Tolak Permintaan Rute Penerbangan Baru Garuda Indonesia dan AirAsia. Penolakan untuk permohonan penambahan rute penerbangan baru yang diajukan oleh Garuda Indonesia dan AirAsia bisa disebut sebagai ditunda karena alasan harus dievaluasi terlebih dulu. Kementerian Perhubungan berasalasan bahwa penambahan rute penerbangan berakibat pada perombakan kembali pada jadwal penerbangan yang sudah disusun.
Garuda Indonesia. ZonaAero
Pemerintah Tunda Tambah Penerbangan Garuda dan AirAsia

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan menolak permintaan Garuda Indonesia (Garuda) dan AirAsia yang ingin menambah rute penerbangan. Pasalnya hal tersebut harus dievaluasi terlebih dahulu. "Garuda dan AirAsia mengajukan rute baru dan kita tunda dulu," ujar Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bakti di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Selasa (21/1/2014) malam.

Herry menjelaskan hampir semua airlines juga berencana ingin menambah rute baru. Jika satu maskapai diberikan rute baru oleh pemerintah, maka harus dirombak kembali jadwal penerbangan. "Kalau satu kita setujui rotasi pesawat akan berubah," jelas Herry.

Herry mengatakan dengan adanya Bandara Halim Perdanakusuma sebagai bandara komersial, hal tersebut tidak menambah jadwal penerbangan atau rute baru. Dalam hal ini, penerbangan yang di Soekarno Hatta hanya dipindahkan saja ke Halim, jika mengalami kepenuhan jadwal. "Adanya Halim bukan rute baru ya," tegas Herry.

Rencananya Garuda akan menawarkan 10 rute penerbangan dari Halim, sedangkan Air Asia berencana mendapat penerbangan dari Halim Perdanakusuma mulai Maret 2014 mendatang. Saat ini hanya Citilink saja yang mendapat jatah penerbangan di Halim Perdanakusuma. Pemerintah pun menargetkan penerbangan di Soekarno Hatta berkurang 10 persen dari kepadatan, sejak Bandara Halim Perdanakusuma menjadi bandara komersial.

jogja.tribunnews.com

Kamis, 23 Januari 2014

Singapore Airlines Batalkan Jadwal Penerbangan Langsung Singapura-Bangkok

Singapore Airlines Batalkan Jadwal Penerbangan Langsung Singapura-Bangkok. Pembatalan layanan penerbangan langsung dari Singapura Menuju Bangkok Thailand tersebut dilakukan karena jumlah penumpang yang berkurang secara drastis. Berkurangnya jumlah penumpang pesawat Singapore Airlines pada rute ini dikarenakan kerusuhan yang terjadi di Bangkok akibat unjuk rasa para demonstran yang cenderung disertai aksi kekerasan.
Singapore Airlines. ZonaAero
Maskapai Singapura Batalkan Penerbangan ke Bangkok

Maskapai nasional Negeri Singa, Singapore Airlines, kembali membatalkan jadwal penerbangan langsung dari Singapura ke Thailand. Menurut seorang sumber di maskapai tersebut, hal itu disebabkan dua warga penyumbang terbesar penumpang ke rute itu, yakni warga Singapura dan China, terus menyusut. Harian Bangkok Post, Rabu 22 Januari 2014 melansir penurunan penumpang ke ibukota Bangkok terus terjadi. Bahkan menurut sumber itu lagi, sejak terjadi aksi unjuk rasa yang mengakibatkan korban luka dan tewas, para pelancong memilih kabur dari Bangkok.

Separuh kursi penumpang dari pesawat yang mereka miliki berangkat dalam keadaang kosong. Setelah sebelumnya membatalkan 19 penerbangan ke Thailand, kali ini Singapore Airlines membatalkan 24 penerbangan antara tanggal 23 Januari dan 27 Februari. Sehingga, total penerbangan yang dibatalkan menjadi 43. Informasi pembatalan penerbangan itu telah dikonfirmasikan langsung oleh General Manager maskapai Singapore Airlines di Thailand, Ong Cheow Teck pada Selasa kemarin. Ong mengatakan bahwa pembatalan penerbangan ke Bangkok lantaran situasi saat ini yang masih belum kondusif. Terlebih situasi Bangkok saat akan dilumpuhkan oleh pengunjuk rasa kian memberikan dampak terhadap jumlah kedatangan internasional di Bandara Suvarnabhumi.

Dengan adanya pembatalan penerbangan Singapore Airlines, membuatnya menjadi maskapai yang paling banyak membatalkan rute penerbangan ke Bangkok. Namun, kondisi serupa tidak terjadi untuk rute Bangkok menuju Singapura. Dua jenis pesawat mereka jenis Boeing 777 dan Airbus 330, kerap kelebihan penumpang, justru di saat terjadi penurunan penumpang ke rute sebaliknya.

Jumlah penurunan turis ke Thailand diperkirakan akan semakin tinggi, karena Pemerintah Hong Kong, pada Selasa malam menaikan peringatan berkunjung bagi warganya ke Bangkok. Pemerintah memasukkan kota Bangkok dalam warna hitam. Artinya warga Hong Kong untuk sementara waktu diminta oleh Pemerintahnya menghindari berkunjung ke Bangkok. "Mereka yang berada di sana harus terus memperhatikan keselamatan pribadinya dan menghindari lokasi unjuk rasa serta tempat berkumpulnya orang," tulis perwakilan Hong Kong.

Selain Bangkok, ada tiga lokasi lainnya yang dimasukkan ke dalam daftar warna hitam yaitu Mesir, Filipina dan Suriah.

dunia.news.viva.co.id

Rabu, 22 Januari 2014

Sriwijaya Air Layani Penerbangan Ke Hangzhou, Ningbo, Dan Nanking

Sriwijaya Air Layani Penerbangan Ke Hangzhou, Ningbo, Dan Nanking. Layanan penerbangan internasional dengan tujuan Hangzhou, Ningbo, dan Nanking oleh maskapai Sriwijaya Air tersebut mulai dioperasikan sejak 22 Januari 2014. Rute penerbangan menuju 3 kota di negeri China tersebut dilayani setiap hari menggunakan pesawat Boeing 737-800 Next Generation.
Sriwijaya Air. ZonaAero
Sriwijaya Air Buka Penerbangan Ke Cina Setiap Hari

Sriwijaya Air akan menerbangi tiga kota di China mulai 22 Januari 2014, melalui Denpasar. Ketiga kota tersebut yakni Hangzhou (HGH), Ningbo (NGB) dan Nanking (NKG). Penerbangan ke China ini, akan dilakukan setiap hari sekali, selama periode 22 Januari hingga Februari 2014 dengan menggunakan pesawat Boeing 737-800 Next Generation berkapasitas seat 167 kelas ekonomi dan delapan kelas eksekutif. "Pada periode ini dilayani setiap hari sekali dalam rangka antisipasi Hari Raya Tahun Baru China, dimana permintaan pasarnya cukup tinggi," ujar Senior Manager Corporate Communication Sriwijaya Air Agus Soedjono, Selasa (21/1/2014).

Agus melihat, market ke China cukup bagus, apalagi dengan starting point Denpasar yang mana menurutnya sudah tidak ada penerbangan dari Denpasar menuju China semenjak maskapai Batavia Air berhenti beroperasi akibat dipailitkan.

Untuk penerbangan ke China tersebut, Sriwijaya Air menargetkan tingkat keterisian (load factor) penumpang dapat mencapai 85 persen. "Sehingga, menurut kami, ini merupakan kesempatan bagi Sriwijaya Air untuk meningkatkan bisnisnya pada rute yang dinilai potensial ini. Dan diharapkan, ke depannya, penerbangan ke kota lain di China pun bisa dilakukan," harap Agus.

Sebelumnya, Sriwijaya Air merencanakan untuk melebarkan pasarnya ke 11 wilayah di China, yakni Peking (PEK), Hangzhou (HGH), Guilin (KWL), Guang Zhou (CAN), Wuhan (WUH), Chong Qing (CKG), Pudong (PUG), Changsa (CSX), Shen Zhen (SZX), Ningbo (NGB) serta Nanking (NKG). Namun, hingga saat ini, baru tiga wilayah yang mendapatkan izin untuk diterbangi.

www.tribunnews.com