Cari di Blog Ini

Kamis, 21 Maret 2013

12 Bandara Baru Di Indonesia Akan Dioperasikan Tahun Ini

Pemerintah akan segera mengoperasikan 12 bandara baru di Indonesia. 12 bandara baru tersebut berada pada lokasi yang tersebar di beberapa provinsi. Bandara-bandara baru tersebut adalah: Bandara Bawean (Jawa Timur), Bandara Tual Baru (Maluku), Bandara Kuala Namu (Sumatera Utara), Bandara Waisai (Raja Ampat), Bandara Pekon Serai (Lampung Barat), Bandara Muara Bungo (Jambi), Bandara Bone (Sulawesi Selatan), Bandara Sumarorong (Mamasa), Bandara Kufar (Seram Timur), Bandara Saumlaki Baru (Maluku), Bandara Kamanap Baru (Serui), serta Bandara Waghete Baru.
Bandar Udara. ZonaAero
Bandar Udara
Pemerintah Siap Operasikan 12 Bandara Baru Tahun Ini

Kementerian Perhubungan berencana mengoperasikan 12 bandara baru pada tahun 2013. Kedua belas bandara itu tersebar di beberapa provinsi di Indonesia. "Pada tahun 2013 ini direncanakan akan dioperasikan 12 bandara baru," kata Menteri Perhubungan, EE Mangindaan, dalam rapat dengan Komisi V, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (19/3/2013)

Kedua belas bandara itu adalah Bandara Kuala Namu (Sumatera Utara), Bandara Muara Bungo (Jambi), Bandara Pekon Serai (Lampung Barat), Bandara Bone (Sulawesi Selatan), Bandara Bawean (Jawa Timur), Bandara Sumarorong (Mamasa), Bandara Kufar (Seram Timur), Bandara Tual Baru (Maluku), Bandara Saumlaki Baru (Maluku), Bandara Waisai (Raja Ampat), Bandara Kamanap Baru (Serui), serta Bandara Waghete Baru. "Kita juga akan mengoperaikan 9 bandara di Indonesia Timur dan 3 bandara di Indonesia Barat tahun 2014 dan 2015," lanjutnya.

Menurutnya, hal itu dilakukan untuk mendukung program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), karenanya rencana pembangunan bandara terus dilakukan.

Pembangunan Bandara Kuala Namu (Sumut) ditargetkan selesai tahun ini, kemudian pembangunan Bandara Termindung (Samarinda Baru) ditargetkan selesai pada 2015 serta Bandara Kertajati (Majalengka) yang rencananya dimulai tahun ini. Untuk pengembangan bandara dalam waktu dekat dilakukan pada Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Ngurah Rai (Bali), Bandara Juanda (Surabaya), Bandara Ahmad Yani (Semarang), dan Bandara Labuan Bajo.

news.detik.com