Cari di Blog Ini

Jumat, 12 April 2013

Timor Leste Ingin Buka Penerbangan Langsung Makassar-Dilli

Pemerintah negara Timor Leste berminat untuk membuka penerbangan langsung pada rute Makassar Dilli. Keinginan tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Timor Leste saat berkunjung ke provinsi Sulawesi Selatan dalam rangka penjajakan kerjasama perdagangan dengan pemda setempat. Penerbangan langsung Makassar-Dilli tersebut akan memudahkan hubungan dagang antara negara Timor Leste dan Provinsi Sulawesi Selatan.
Bandara Internasional Presidente Nicolau Lobato, Dilli, Timor Leste. ZonaAero
Timor Leste Jajaki Penerbangan Makassar-Dili

Pemerintah Timor Leste melalui Menteri Luar Negeri siap mengajak para pengusaha di Timor Leste berinvestasi ragam usaha di Provinsi Sulsel. Menurutnya, Sulsel memiliki potensi yang luar biasa untuk dijadikan sebagai objek investasi. Hal tersebut terungkap dalam pertemuan antara Menteri Luar Negeri dan Kerjasama Timor Leste Jose Luis Guterres dengan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sulsel Irman Yasin Limpo, Selasa (9/4/2013) di Hotel Aston Makassar.

Menurut Irman, pertemuan kedua negara ini pada prinsipnya menindaklanjuti hasil pertemuan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) dengan Pemerintah Timor Leste beberapa waktu lalu. "Disepakati untuk melanjutkan membicarakan soal perdagangan semen, beras, daging sapi, hasil perikanan dan conectivity Dili-Darwin-Makassar," kata Irman.

Dalam pertemuan itu, dijajaki kemungkinan penerbangan langsung Makassar-Dili, seperti penerbangan Makassar-Malaysia, dan Makassar-Singapura yang sudah berjalan sejak beberapa tahun silam. Sementara, Menlu Timor Leste Jose Luis Guterres mengatakan, Pemerintah Timor Leste sangat senang dan berharap perekonomian negaranya tumbuh melalui Kawasan Timur Indonesia (KTI). "Kami sedang menjajaki penerbangan langsung Dili-Makassar. Dan masih banyak lagi kerja sama yang bisa muncul antara Sulawesi Selatan dengan Timor Leste. Dan atas nama Xanana kami mengundang Pak Gubernur ke Dili untuk membahas langkah-langkah kerja sama berikutnya," ujar Jose Luis Guterres.

Usai bertemu, Irman juga mengajak Menlu Timor Leste bersama rombongan untuk melihat beberapa contoh hasil kerja para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Sulsel.

www.tribunnews.com