Cari di Blog Ini

Minggu, 28 April 2013

Merpati Nusantara Airlines Tambah 6 Pesawat Jet

6 unit pesawat jet penumpang akan memperkuat armada udara maskapai Merpati Nusantara Airlines. Pesawat-pesawat jet penumpang tersebut direncanakan akan diterima semuanya hingga pada akhir tahun 2013. Penambahan pesawat terbang baru ini berkaitan dengan target Merpati Nusantara airlines untuk meningkatkan jumlah penumpang. Sedangkan untuk tingkat keterisian kursi pesawat terbang, maskapai ini berharap bisa mencapai hingga angka 90%.
Merpati Nusantara Airlines. ZonaAero
Merpati Berencana Tambah Enam Pesawat

Perusahaan penerbangan Merpati Nusantara Airlines berencana menambah enam pesawat jet pada Juni atau Juli 2013. "Kami harapkan ada peningkatan (penumpang) karena rencananya kami akan menambah armada juga pada Juni atau Juli, seiring dengan high season kami mau menambah armada. Rencananya sampai akhir tahun sekitar enam," kata Direktur Niaga Merpati Nusantara Airlines, Sutan Banuara di Makassar, Jumat (26/4/2013).

Fokus di wilayah timur Indonesia dilakukan dengan memperkuat rute-rute penerbangan yang telah ada dengan menambah frekuensi dan memperbaiki konektivitas dari Makassar. Kalaupun masih ada kapasitas yang berlebih baru akan dibuka rute-rute lain dan Makassar tetap menjadi titik utama konektivitasnya. "Satu jet kira-kira bisa menambah sekitar enam kali frekuensi penerbangan, sekitar 36 sampai 40 frekuensi," jelasnya usai melakukan penandatanganan kerja sama dengan Trans Studio Theme Park Makassar.

Dari satu pesawat, Merpati mengharapkan dapat menambah sekitar 400 hingga 500 penumpang per hari atau sekitar 12.000 hingga 15.000 penumpang dalam satu bulan. Di kawasan timur Indonesia, masih banyak rute yang belum dilayani oleh Merpati diantaranya ke Kabupaten Luwu, Ternate dan Ambon. "Itu potensi-potensi yang besar juga," ujarnya.

Terkait target tingkat keterisian penumpang pada tahun ini, Merpati mengharapkan dapat mengejar angka 90 persen.

Kerja sama Merpati Nusantara Airlines-Trans Studio

Kerja sama yang dijalin antara Trans Studio Makassar dan Merpati Nusantara Airlines dilakukan sebagai upaya pengembangan Kota Makassar sebagai tujuan wisata wilayah timur Indonesia. Kerja sama antara kedua pihak meliputi "coorporate account" yaitu Merpati memberikan "privilege" berupa potongan hingga 10 persen bagi seluruh karyawan Trans Studio dengan rute tujuan dari dan ke Makassar.

Merpati Nusantara Airlines juga menjadi maskapai resmi dalam acara sirkus internasional "Mother of Africa" yang akan digelar di Trans Studio Theme Park pada pertengahan Juni 2013. "Kami sepakat untuk terus kembangkan kerja sama," kata Sutan.

Direktur Coorporate Trans Studio Makassar, Andi Eka Firman mengharapkan, kerja sama yang baik ini terus terjalin dan membawa dampak positif bagi kedua pihak.

travel.kompas.com