Cari di Blog Ini

Jumat, 26 April 2013

Susi Air Menangkan Tender Penerbangan Perintis Banda Aceh, Meulaboh, Tapak Tuan, Dan Kutacane

Maskapai Susi Air memenangkan tender operasional rute penerbangan perintis yang menghubungkan Banda Aceh, Meulaboh, Tapak Tuan, dan Kutacane. Untuk mengoptimalkan pelayanan pada rute penerbangan perintis yang dioperasikan, maskapai Susi Air (PT ASI Pudjiastuti Aviation) telah menyiapkan dana sebesar Rp 300 miliar untuk pembelian 10 hingga 15 unit pesawat terbang baru. Saat ini maskapai penerbangan tersebut memiliki dan mengoperasikan 47 unit pesawat terbang berukuran kecil dengan berbagai jenis, yang umumnya memiliki kapasitas dibawah 20 penumpang.
Penerbangan Perintis. ZonaAero
Susi Air Meraih Rute Baru Penerbangan Perintis

Maskapai penerbangan PT ASI Pudjiastuti Aviation (Susi Air) baru saja memenangi tender rute penerbangan perintis dari Banda Aceh, Meulaboh, Tapak Tuan, dan Kutacane. Susi Pudjiastuti, Presiden Direktur Susi Air, menyatakan rute baru ini melengkapi rute yang diperoleh sebelumnya di Lampung. Pada medio Januari 2013, maskapai ini sudah melayani penerbangan perintis dari Bandara Radin Inten II Bandar Lampung menuju Bandara Seray di Krui, Lampung Barat. Di rute ini, Susi Air memakai pesawat Cessna Grand Caravan berkapasitas 12 kursi.

Sebagai pemenang tender, Susi Air kini mendapat subsidi dan melayani penerbangan rute perintis dari Banda Aceh dan Lampung. Susi Air telah menginvestasikan dana Rp 300 miliar di tahun ini untuk menambah 10 unit hingga 15 unit pesawat. "Kami berharap bisa menerbangi seluruh pulau di Indonesia," ungkap Susi, Selasa (23/4/2013).

Penambahan pesawat itu semakin menegaskan Susi Air sebagai maskapai pengumpan (feeder) dengan rute antarkota atau antarkabupaten. Manajemen Susi Air menyatakan penambahan 10 unit hingga 15 unit pesawat terbang tak hanya untuk tahun ini, tetapi rutin setiap tahun. Armada Susi Air terdiri dari pesawat Grand Caravan, Porter, Helikopter, dan Avante, yang umumnya berkapasitas 12 kursi.

Susi Air menguasai pangsa pasar 10 persen-15 persen dari pasar penerbangan perintis di Tanah Air dengan mengoperasikan 47 unit pesawat kecil berkapasitas di bawah 20 orang.

regional.kompas.com