Cari di Blog Ini

Senin, 19 November 2012

Penerbangan Batam-Tapanuli Utara Diharapkan Dongkrak Kunjungan Wisatawan Ke Danau Toba

Danau Toba
Sumut Incar Wisatawan Singapura Melalui Batam

Provinsi Sumatra Utara berharap wisatawan Singapura akan semakin banyak berkunjung ke daerah tersebut, bersamaan dibukanya penerbangan langsung dari Bandara Internasional Hang Nadim ke Bandara Silangit yang terketak di Tapanuli Utara menggunakan pesawat Sky Aviation. Pembukaan rute baru Batam ke Tapanuli Utara berharap akan semakin banyak wisatawan Singapura dan wisatawan dalam negeri akan mengunjungi Danau Toba sebagai salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia. Hal tersebut diungkapkan tokoh masyarakat Sumatra Utara, TB Silalahi saat peresmian rute baru Batam-Tapanuli Utara di Batam, Sabtu (17/11/2012).

Dalam penerbangan perdana tersebut, turut datang ke Batam Bupati Tapanuli Utara, Simalungun, Pematang Siantar, Toba Samosir, Humban Hasundutan, serta beberapa pejabat kota/kabupaten tersebut. Ia mengatakan, bila wisatawan Singapura datang langsung ke Medan kemudian mengunjungi kawasan Danau Toba maka biaya yang dikeluarkan juah lebih mahal dibanding bila datang melalui Batam. "Akses dari Singapura ke Batam dan ke Danau Toba jauh lebih mudah jika harus ditempuh dari Singapura ke Danau Toba melalui Medan. Sehingga penerbangan dari Batam menuju Tapanuli Utara akan mampu meningkatkan kunjungan ke Sumatra Utara," katanya.

Ketua Pesta Danau Toba pada 28-30 Desember 2012, JR Saragih mengatakan dengan pembukaan rute barau tersebut akan meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Danau Toba. "Selama ini dunia pariwisata kawasan tersebut tidak bisa berkembang karena daerahnya terisolasi jauh dari pusat kota Sumatra Utara di Medan. Dengan rute baru ini akan mampu mendongkrak kunjungan wisatawan ke Sumatra Utara untuk menikmati pesta adat tersebut," tuturnya.

Ia berharap, dengan pembukaan rute baru akan mempercepat kemajuan wisatawan dan perekonomian beberapa daerah di Kawasan Danau Toba yang selama ini masih terkendala transportasi.

Area Manager Regional Sumatera, Kholil Wahyudi mengatakan Sky lanjut Kholil merupakan maskapai komersial pertama yang terbang ke Silangit, karena adanya kerjasama dengan pemerintah setempat untuk mempermudah akses transportasi, pariwisata, dan pembangunan di Tapanuli. "Selama ini, akses transportasi ke Silangit cukup jauh jika melalui jalur darat sekitar tujuh jam dari Kota Medan. Sehingga banyak wisatawan domestik, maupun luar negeri banyak yang mengurungkan niatnya untuk pergi ke Silangit," kata dia.

Sky Aviation, kata dia akan melayani penerbangan dari Batam ke Silangit, Tapanuli Utara yakni pada Jumat dan Minggu, masing-masing satu kali penerbangan. "Dari Batam akan terbang sekitar pukul 12.30 WIB, sedangkan dari Silangit kembali ke Batam pukul 14.30 WIB," jelasnya.

travel.kompas.com