Cari di Blog Ini

Kamis, 08 November 2012

TSA (Transportation Security Administration), Standar Keamanan Penerbangan AS

Gembok TSA Padlock
Mengenal TSA dalam Kasus Koper Agnes Monica

Saat kopernya dibongkar paksa, Agnes Monica mengungkapkan tentang kunci TSA. TSA (Transportation Security Administration) adalah bagian dari sistem keamanan bandara di Amerika. Bagi traveler yang berpergian ke Amerika, pasti tidak asing dengan TSA. Transportation Security Administration adalah badan pemerintahan AS yang mengurus keamanan di bandara-bandara Amerika. Tentu saja, pengamanan dan pemeriksaannya sungguh ketat!

TSA dibentuk setelah kejadian pembajakan pesawat pada 11 September 2001. TSA menjaga keamanan bandara komersil dan bagasi di seluruh wilayah Amerika. TSA menetapkan standar tinggi tentang keamanan. Traveler pun tak lepas dari pemeriksaan TSA. Selain memeriksa traveler, TSA juga menyediakan layanan untuk mereka. TSA memberikan jasa perlayanan berupa lost and found, menyediakan tas laptop khusus untuk dimasukan dalam pemindai, dan membantu anak-anak yang terbang sendirian.

Satu lagi, TSA memiliki gembok khusus atau yang biasa dikenal dengan gembok TSA (TSA Padlock). Gembok ini merupakan kerjasama antara TSA dengan beberapa perusahaan. Anda bisa membeli gembok ini di mana saja. Tentu harus diperhatikan keasliannya. Gembok TSA ada 2 macam, yaitu Travel Sentry (logonya seperti hexagon warna merah) dan Safe Skies (logonya obor warna merah). Gembok standar TSA inilah yang dibicarakan Agnes Monica.

TSA pun mempunyai hak untuk memeriksa dan membuka bagasi atau koper penumpang pesawat. Hal ini dilakukan untuk pemeriksaan keamanan. Oleh sebab itu, TSA mempunyai kunci master untuk membuka gembok-gembok TSA dari berbagai dunia. Namun, dengan kunci master itu TSA tidak merusak apalagi membongkar secara paksa gembok tersebut. Jika TSA membuka gembok dengan kunci master, mereka akan melampirkan lembar pemberitahuan. Namun, kalau tidak menggunakan gembok TSA, mereka akan tetap membuka dan kemudian melampirkan lembar pemberitahuan.

Sebelumnya, penyanyi multi talenta Agnes Monica mengalami musibah saat mendarat di Bandara Soekarno-Hatta. Kopernya dibobol oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Dari tweet dan gambar yang dilontarkan di twitternya, @agnezmo, dia mengungkapkan kunci TSA miliknya bukan dibuka oleh pihak TSA! "Kalo dibuka oleh petugas official, mereka akan buka TSA-nya, bukan dicongkel dengan paksa," ujar Agnes Monica lewat akun twitternya.

travel.detik.com