Cari di Blog Ini

Selasa, 25 Desember 2012

Pesona Sungai Batanghari Jadi Obyek Wisata Sungai Di Jambi

Sungai Batanghari Jambi
Jambi Akan Kembangkan Wisata Sungai

Gubernur Jambi Hasan Basri Agus mengatakan, pihaknya akan mengembangkan potensi pariwisata, khususnya wisata sungai di daerah tersebut. Dia mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi akan mengembangkan Sungai Batanghari, khususnya di wilayah Kota Jambi dan Seberang sebagai basis tujuan wisata budaya dan kuliner. "Obyek utamanya adalah keindahan Sungai Batanghari dan Kampung Seberang yang kental nuansa tradisional dan religiusitasnya," kata Hasan Basri AGus di Jambi, Sabtu (22/12/2012).

Pemprov Jambi juga akan membangun kawasan khusus untuk kuliner khas Jambi di daerah seberang itu, namun dengan tetap mempertahankan kondisi asli bangunan dan struktur wilayah tersebut. "Seberang akan kita kembangkan menjadi daerah tujuan wisata, namun dengan tetap mempertahankan bentuk asli, baik dalam bidang arsitekturnya, sosial, agama dan budayanya. Sebab karena hal-hal itulah, Kampung Seberang menjadi menarik," katanya.

Saat ini, rencana sudah dimulai dengan membangun jam menara dan jembatan pendestrian. Jam dan jembatan itu akan menjadi ikon kota. Menurut Hasan, pembangunan jam menara dan jembatan yang memakan dana hampir Rp 100 miliar itu tidak lepas dari pro dan kontra. "Ada sebagian masyarakat yang mengatakan bahwa pembangunan jam menara dan fasilitas lainnya itu adalah pemborosan. Namun menurut saya, kalau dinilai dalam jangka pendek, memang benar. Namun kita harus memandang jauh ke depan. Setiap kota butuh ikon dan kebanggaan bagi warganya sendiri. Jadi proyek itu akan dapat dinikmati oleh generasi hingga masa mendatang," jelasnya.

Gubernur Jambi mencontohkan pembangunan monumen nasional pada zaman Bung Karno. Menurutnya, pada akhirnya masyarakat Indonesia sadar bahwa setiap bangsa butuh sesuatu yang monumental bagi kebanggaannya. "Kita perlu ikon, suatu kota butuh ikon sebagai kebanggaannya. Proyek ini jangan dilihat dengan jangka pendek, tapi pandanglah dengan jauh ke depan." katanya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Jambi juga mencanangkan kegiatan gerakan Batanghari Bersih yang diprogram oleh Badan Lingkungan Hidup Provinsi Jambi. Kegiatan yang bertujuan menjaga dan melindungi kondisi air dan bantaran Sungai Batanghari dari berbagai kotoran dan gerusan abrasi itu diikuti oleh lebih 500 orang yang tergabung dalam Komunitas Batanghari Bersih. "Selain sebagai sumber kehidupan, Sungai Batanghari juga merupakan obyek wisata yang potensial untuk dikembangkan di masa mendatang sehingga seluruh masyarakat Jambi wajib menjaga keindahan dan kelestarian sungai itu," kata Hasan.

travel.kompas.com