Cari di Blog Ini

Selasa, 25 Desember 2012

Penumpang Pesawat Yang Baik Tak Melakukan Hal-hal Seperti Ini

Kabin penumpang pesawat terbang
Jangan Lakukan 5 Hal Ini di Pesawat, Menyebalkan!

Sedikit berbeda dengan moda transportasi lain, menjadi penumpang pesawat boleh dibilang harus memiliki etika sendiri. Di dalam pesawat, kita harus patuh dengan sejumlah aturan seperti tidak boleh bermain ponsel sampai harus menurut pula aturan untuk mengenakan atau melepaskan sabuk pengaman. Nah, ternyata ada hal lain yang juga perlu diperhatikan ketika menumpang pesawat. Bila tidak, bisa dipastikan, Anda akan menjadi sasaran kebencian penumpang lain.

Bertelanjang kaki
Jangan karena merasa akan melakukan perjalanan jauh, Anda lantas asyik-asyik saja bergaya seperti di rumah. Boleh saja mencopot sepatu, tapi tetapkan kenakan kaus kaki. Kalau kaki Anda berbau, pastikan jangan pernah untuk bertelanjang kaki. Asli, aksi telanjang kaki ini bakal menyebalkan penumpang lain.

Cuek merebahkan kursi
Memang, kursi pesawat bisa direbahkan agar membuat nyaman penumpang. Namun, tolong juga pikirkan orang yang berada di belakang Anda. Dengan Anda merebahkan kursi dengan maksimal, bisa dipastikan ruang yang dimiliki penumpang di belakang bakal jauh berkurang. Apalagi, jika penumpang itu akan makan. Belajarlah untuk bertoleransi.

Menghabiskan tempat di kabin pesawat
Pesawat memang menyediakan tempat khusus untuk barang-barang penumpang yang tak terlalu besar dalam kabin. Tapi, tidak berarti Anda bisa seenaknya memenuhi seluruh kabin (overhead bin). Jangan juga meletakkan jas tebal Anda sehingga tak tersisa lagi tempat untuk penumpang lain.

Berbicara keras-keras
Ada yang hobi ngobrol dengan penumpang lain saat di pesawat, tapi banyak juga yang malas. Tak ada salahnya ngobrol dengan teman seperjalanan, namun demi toleransi pula jagalah agar suara obrolan itu tak mengganggu penumpang lain yang lebih suka tidur. Selain itu, perhatikan juga isyarat dari orang yang Anda ajak obrol. Kendati dia merespons baik, boleh jadi dia sebenarnya hanya basa-basi. Perhatikan isyarat seperti lebih banyak diam, mengalihkan pandangan ke tempat lain, melihat jam, atau membuka majalah. Lebih sensitif dengan isyarat macam ini.

Candaan tidak lucu
Boleh jadi ada yang menganggap bercanda ketika mengatakan dia membawa bom. Bila Anda menganggap candaan seperti ini lucu sekali, siap-siap saja ditendang dari pesawat!

www.republika.co.id