Cari di Blog Ini

Sabtu, 29 Desember 2012

Mengatasi Rasa Takut Terbang Dengan Pesawat Pada Anak

Anak-anak dalam penerbangan
Si Kecil Takut Terbang? Begini Solusinya!

Tidak mudah berwisata bersama anak-anak, apalagi jika masih balita. Selalu ada saja masalah yang terjadi dalam perjalanan maupun ketika tiba di tempat tujuan. Simak tiga masalah yang kerap terjadi saat berwisata bersama anak beserta solusinya:

Takut terbang
Banyak anak mengalami rasa takut terbang dengan pesawat terbang, begitu pula orang dewasa. Biasanya, orang dewasa akan mudah mengatasi takut terbang dengan minum obat antimabuk agar tertidur selama penerbangan. Bagi anak kecil, hal ini tidak dapat dilakukan. Biasanya mereka akan menangis, berteriak, dan menolak untuk duduk tenang. Solusinya, sebelum pergi, bacakan buku tentang pesawat terbang. Ceritakan bagaimana pesawat tersebut dapat terbang, apa saja yang akan terjadi saat penerbangan, dan bunyi-bunyi yang akan muncul di dalam pesawat. Saat penerbangan, tenangkan anak dengan membawakannya boneka kesayangan atau bacakan buku cerita lucu selama penerbangan.

Anak tidak mau makan
Bukan hanya anak-anak, orang dewasa pun kadang tidak mau mengonsumsi makanan di pesawat karena rasanya yang kurang lezat ataupun makanan sudah dingin. Solusinya, bawa makanan atau camilan kesukaan anak-anak dari rumah. Selama menunggu pesawat di bandara, bisa juga mengajaknya makan di restoran yang ada di bandara agar perutnya tidak kosong selama perjalanan.

Jet-lag
Bila berwisata bersama anak ke suatu tempat yang memiliki perbedaan waktu, biasanya akan terjadi jet-lag. Dalam beberapa hari, jet-lag akan hilang sendirinya, namun selama beberapa hari itu anak Anda akan merasa tidak nyaman. Solusinya, ubah jam tidur Anda sesuai dengan waktu setempat, ajak anak bermain agar ia juga dapat menyesuaikan diri. Bantu anak beradaptasi di zona waktu yang baru tersebut.

okezone.com