Cari di Blog Ini

Minggu, 23 Desember 2012

PAL-V, Kendaraan Terbang Perpaduan Mobil Dan Helikopter

PAL-V Mobil Helikopter
PAL-V, Kendaraan Terbang Perpaduan Mobil Dan Helikopter

Para peminat dunia penerbangan mungkin sudah banyak tahu tentang Terrafugia Transition, mobil terbang yang konon kabarnya sudah siap untuk dipasarkan. Ternyata bukan Terrafugia Transition saja sebagai satu-satunya mobil terbang yang sudah berhasil melakukan uji penerbangan dan siap diproduksi secara komersial. Sebuah perusahaan yang berkedudukan di Belanda, PAL-V Europe, juga sudah berhasil melakukan uji coba penerbangan pada sebuah prototipe mobil terbang rancangannya. Nama mobil terbang itu pun mirip dengan nama perusahaan pembuatnya, PAL-V, yang merupakan singkatan dari Personal Air and Land Vehicle.

Jika Terrafugia Transition merupakan konsep kendaraan yang memadukan mobil dan pesawat terbang, maka PAL-V adalah perpaduan mobil dan helikopter. Prototipe PAL-V sudah mulai dikembangkan sejak 2004 lalu. Perancangan berhasil diselesaikan pada tahun 2008. Dan pada bulan Maret 2012 lalu, PAL-V berhasil melakukan serangkaian uji coba penerbangan.

Rancangan asli PAL-V menggunakan bahan bakar bensin untuk menggerakkan mesinnya yang berkekuatan 160 kW. Tapi kabarnya ada beberapa prototipe yang menggunakan biodiesel dan bioethanol. Pada saat terbang, PAL-V mampu melesat hingga kecepatan 180 km/jam. Sebagai mobil, kendaraan ini digerakkan oleh tiga roda. Dan sebagai sebuah helikopter, PAL-V menggunakan dua bilah baling-baling untuk menghasilkan daya angkat.

Jika pengendara akan mengubah fungsi dari mobil menjadi pesawat terbang, maka kendaraan PAL-V harus berhenti dulu. Kendaraan ini tidak dilengkapi mekanisme proses transformasi otomatis. Ekor yang yang memang sudah terpasang distel lagi agar menjadi lebih panjang, lalu rotor yang terlipat harus dibuka dulu. Proses ini bisa dilakukan dalam waktu kurang dari 10 menit.

PAL-V dirancang untuk operasional penerbangan dibawah ketinggian 1.200 meter. Kabarnya kendaraan jenis ini bisa terbang di kawasan udara banyak negara tanpa perlu mengajukan permohonan izin jadwal penerbangan terlebih dahulu. PAL-V Europe mengatakan bahwa pemerintah AS dan Eropa tengah melakukan penelitian pengembangan jalan tol digital yang menggunakan GPS untuk memberikan jalur penerbangan yang aman bagi kendaraan terbang sejenis PAL-V.

Pada modus terbang, PAL-V menggunakan prinsip terbang kendaraan Gyrocopter. Rotornya berputar dengan gerakan yang lebih lambat jika dibandingkan dengan putaran rotor helikopter. Ini memberikan kemampuan pada PAL-V untuk melakukan lepas landas dan mendarat dengan kecepatan rendah. Keuntungan lainnya, PAL-V tidak akan terhempas jatuh jika tiba-tiba mesin mati mendadak. Rotor akan tetap berputar sehingga kendaraan bisa mendarat tanpa menghempas tanah.

PAL-V memiliki dimensi dengan panjang 4 meter, lebar 1,6 meter, dan tinggi 1,6 meter. Mampu terbang dengan bobot hingga 910 kg. Berat kendaraan ini 680 kg, sehingga PAL-V mampu terbang dengan membawa beban 230 kg. Perusahaan pembuatnya mengatakan bahwa kalangan penegak hukum, militer, dan kalangan medis sudah menyatakan berminat pada produk kendaraan ini.

www.gizmag.com

Video Mobil Terbang PAL-V :

viedo PAL-V | ZonaAero