Cari di Blog Ini

Rabu, 26 Desember 2012

Batavia Air, Merpati, Dan Lion Air Ajukan Penerbangan Tambahan Di Bandara Juanda

Bandara Juanda
Tiga Maskapai Minta Tambah Rute ke Bandara Juanda

Tiga maskapai penerbangan mengajukan penambahan rute dan jadwal penerbangan domestik, menyambut momen libur hari raya Natal dan tahun baru 2013 ke pengelola Bandara Internasional Juanda Surabaya. Ketiga maskapai tersebut adalah, Batavia Air, Merpati Nusantara, dan Lion Air, dengan penambahan rute penerbangan ke Jakarta, Kupang, Lombok, Denpasar, Ujung Pandang dan Medan. "Pada rute Internasional penerbangan, tambahan hanya diajukan oleh China Airlines dengan tujuan Taipe," kata Humas PT Angkasapura I, Saryo, Senin (24/12/2012).

Sementara penambahan jam terbang (extra flight), juga dilakukan di rute-rute tersebut 1 hingga 2 kali dalam sehari selama long weekend berlangsung. Jakarta, kata Saryo, masih menjadi favorit tujuan penumpang dari Bandara Juanda dan masih merupakan rute dengan pergerakan paling padat. Sebanyak 36 persen penumpang dari Bandara Juanda menuju ke Jakarta, dengan 50 penerbangan dalam sehari sejak pukul 06.00 WIB hingga 23.00 WIB.

Setelah Jakarta baru Balikpapan dan Banjarmasin, disusul Bali dan Lombok. Pihaknya memprediksi, pergerakan pesawat akan meningkat 6% sampai 14% dibanding tahun lalu menjadi 5.055 pesawat, sedangkan pergerakan penumpang diperkirakan mengikuti di kisaran 16% sampai 23% menjadi 652.178 penumpang. "Tingginya prediksi pergerakan penumpang itu karena libur Natal dan Tahun Baru kali ini bersamaan dengan libur sekolah," katanya.

Monitoring lalu lintas udara Natal dan Tahun Baru 2013 di Bandara Internasional Juanda Surabaya dilakukan sejak H-3 Natal-H+3 Tahun baru (22 Desember-4 Januari 2013). Dalam monitoring, semua pihak di lingkungan bandara disatukan dalam posko terpadu yang menjamin kelancaran, kenyamanan, dan keamanan penumpang pesawat selama libur Natal dan Tahun Baru 2013.

regional.kompas.com