Antonov An-225 Mriya adalah jenis pesawat angkut kelas berat yang dirancang oleh Biro Desain Antonov pada dasawarsa 1980-an dan melakukan penerbangan perdana pada 21 Desember 1988. Antonov An-225 Mriya dirancang untuk misi khusus mengangkut pesawat antariksa ulang-alik Buran milik Uni Soviet (Rusia) yang sebelumnya dilakukan oleh pesawat Myasishchev VM-T. |
Antonov An-225 Mriya (Ukraina: Антонов Ан-225 Мрія, Dream, NATO pelaporan nama: 'Cossack') adalah pesawat kargo pengangkutan melalui udara strategis, dirancang oleh Biro Desain Antonov pada 1980-an. Ini adalah pesawat dunia terberat. Desain, dibangun untuk mengangkut pengorbit Buran, adalah pembesaran An-124 Ruslan sukses. Nama-An 225's, Mriya (Мрiя) berarti "Dream" (Inspirasi) di Ukraina. Satu An-225 telah selesai pada tahun 1988 dan sebuah An-225 kedua telah selesai sebagian. Yang An-225 dalam operasi komersial yang membawa muatan besar Antonov An-225 dirancang untuk mengangkut pendorong roket Energia dan pesawat ulang-alik Buran untuk program luar angkasa Uni Soviet. Ini dikembangkan sebagai pengganti Myasishchev VM-T. Misi asli-An 225 dan tujuan yang hampir sama dengan Amerika Serikat 'Shuttle Carrier Aircraft. An-225 terbang pertama kali pada tanggal 21 Desember 1988. Pesawat itu pada layar statis di Paris Air Show tahun 1989 dan terbang selama hari-hari publik di pameran udara Farnborough pada tahun 1990. Dua pesawat diperintahkan, tetapi hanya satu An-225 (nomor ekor UR-82060) selesai. Hal ini dapat membawa barang ultra-berat dan kebesaran, sampai dengan 250.000 kg (£ 550,000) internal, atau 200.000 kg (£ 440,000) pada badan pesawat atas. Cargo di atas pesawat bisa 70 meter (230 kaki) panjang. Sebuah Sebuah kedua-225 sebagian dibangun pada akhir 1980-an untuk program luar angkasa Uni Soviet. An-225 kedua termasuk pintu kargo belakang dan ekor didesain ulang dengan stabilizer vertikal tunggal. Hal itu direncanakan akan lebih efektif untuk transportasi kargo. Setelah runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991 dan pembatalan program luar angkasa Buran, operasional satunya An-225 ditempatkan dalam penyimpanan pada tahun 1994. Keenam Ivchenko Perkembangan mesin telah dihapus untuk digunakan pada An-124s, dan yang kedua tidak lengkap badan pesawat An-225 juga disimpan. An-225 pertama kemudian kembali bermesin dan dimasukkan ke dalam pelayanan. Pada tahun 2000, kebutuhan tambahan kapasitas An-225 telah menjadi jelas, sehingga keputusan itu dibuat pada bulan September 2006 untuk menyelesaikan An-225 kedua. Badan pesawat kedua dijadwalkan selesai sekitar tahun 2008, kemudian tertunda. Pada Agustus 2009, pesawat itu belum selesai dan kerja telah ditinggalkan. Berdasarkan Antonov's An awal-124, An-225 memiliki ekstensi barel pesawat ditambahkan depan dan belakang dari sayap, yang menerima ekstensi root untuk meningkatkan span. Dua Ivchenko Kemajuan mesin D-18T turbofan ditambahkan ke akar sayap baru, sehingga total menjadi enam, dan mendarat meningkatkan kapasitas sistem gigi dengan 32 roda dirancang. belakang Kargo-124's An pintu dan jalan telah dihapus untuk menghemat berat, dan empennage diubah dari vertikal stabilizer tunggal untuk ekor kembar dengan stabilizer horisontal besar. Ekor kembar itu penting untuk memungkinkan pesawat untuk membawa besar, beban eksternal berat yang akan mengganggu aerodinamis dari ekor konvensional. Berbeda dengan An-124, An-225 ini tidak dimaksudkan untuk menerbangkan taktis dan tidak dirancang untuk operasi pendek lapangan. Awalnya 225 memiliki berat bruto maksimum 600 ton (1.320.000 £) tetapi pesawat diubah pada 2000-01, dengan biaya sebesar US $ 20M, dengan lantai diperkuat yang meningkatkan berat kotor maksimum 640 ton (1.410.000 £). Baik sebelumnya dan kemudian bobot lepas landas mendirikan An-225 sebagai pesawat dunia terberat, menjadi lebih berat daripada Airbus A380 double-decker meskipun Airbus berencana untuk lulus pendaratan maksimum An-225's berat dengan 591,7 ton (1.304.000 £) untuk A380 . The Hughes H-4 Hercules, yang dikenal sebagai "Spruce Goose", memiliki lebar sayap yang lebih besar dan tinggi keseluruhan yang lebih besar, tetapi 20% lebih pendek, dan karena bahan yang digunakan dalam konstruksi, juga lebih ringan. Selain itu, Hercules hanya terbang sekali, membuat An-225 pesawat terbesar di dunia untuk terbang beberapa kali. An-225 lebih besar dari pesawat Airbus A380, dan juga lebih besar dari Antonov An-124, Boeing 747 Large Cargo Freighter, dan Lockheed C-5 Galaxy, pesawat kargo terdekat setara berat. Pada akhir 1980-an, usaha ini dimulai oleh pemerintah Soviet untuk menghasilkan pendapatan dari aset militernya. Pada tahun 1989, sebuah perusahaan induk didirikan oleh Biro Desain Antonov sebagai airlift berat pengiriman perusahaan dengan nama "Antonov Airlines", yang berbasis di Kiev, Ukraina dan beroperasi dari Bandar Udara London Luton dalam kemitraan dengan Air Foyle HeavyLift. Sebagai program luar angkasa Soviet dalam tahun-tahun terakhir, An-225 dianggap dan diterima menjadi cara utama untuk mengangkut Shuttle Buran. An-225 juga telah dikontrak oleh Kanada dan pemerintah AS untuk mengangkut bantuan militer ke Timur Tengah dalam mendukung pasukan koalisi. Pada bulan November 2004, FAI menempatkan An-225 di Guinness Book of Records untuk 240 nya catatan. Pada tanggal 11 Agustus 2009, kargo item tunggal terberat yang pernah dikirim melalui angkutan udara telah dimuat sebuah Antonov 225. Pada 16,23 meter (53,2 kaki) dan 4,27 meter (14,0 kaki) lebar, konsinyasi-generator untuk pembangkit listrik tenaga gas di Armenia dan yang loading frame-ditimbang dalam di sebuah rekor 189,09 ton (£ 416.900). Juga selama 2009, An-225 dicat dalam skema cat baru biru dan kuning, setelah Antonov menghentikan kerjasama dengan AirFoyle dan bermitra dengan Volga-Dnepr pada tahun 2006. Pada bulan Februari 2010, An-225 diangkut 108 ton mesin konstruksi dari Jepang ke Santo Domingo, Republik Dominika untuk Haiti yang dilanda gempa. Pada tanggal 11 Juni 2010, An-225 membawa potongan terpanjang di dunia kargo udara, ketika terbang dua bilah baru 42 meter turbin angin (subjek percobaan) dari Tianjin, Cina ke Denmark. Contoh biaya pengiriman barang dengan An-225 adalah € 266,000 untuk terbang saluran cerobong asap dari Denmark ke Kazakhstan pada tahun 2008. |
|
Antonov An-225 Mriya (Gambar 2). ZonaAero. |
Gambar 2. |
|
|
Antonov An-225 Mriya (Gambar 3). ZonaAero. |
Gambar 3. |
|
|
Antonov An-225 Mriya (Gambar 4). ZonaAero. |
Gambar 4. |
|
Antonov An-225 Mriya adalah jenis pesawat angkut kelas berat yang dirancang oleh Biro Desain Antonov pada dasawarsa 1980-an dan melakukan penerbangan perdana pada 21 Desember 1988. Pesawat ini dirancang untuk misi khusus mengangkut pesawat antariksa ulang-alik Buran milik Uni Soviet (Rusia) yang sebelumnya dilakukan oleh pesawat Myasishchev VM-T. Pesawat Antonov An-225 Mriya dioperasikan oleh maskapai Antonov Airlines, Ukraina.
Dalam laporannya, pihak NATO menyebut pesawat ini dengan nama "Cossack". Sedangkan nama Mriya diambil dari khasanah bahasa Ukraina yang secara harfiah diartikan sebagai "inspirasi". Pada rencana awal,
Antonov An-225 Mriya akan dibuat sebanyak 2 unit, namun akhirnya hanya satu unit yang dapat diselesaikan pembuatannya.
Berdasarkan dimensi yang dimiliknya, Antonov An-225 Mriya menjadi pesawat terbang dengan ukuran terbesar di dunia. Panjang pesawat mencapai 84 meter dan bentangan sayap 88,4 meter. Bandingkan dengan dimensi yang dimiliki oleh Airbus A-380 yang memiliki panjang badan 72,73 meter dan bentang sayap 79,75 meter.
Dalam satu kali penerbangan, An-225 mampu mengangkut kargo hingga seberat 250.000 kg kargo internal (di dalam kabin kargo) atau 200.000 kg kargo eksternal (diletakkan diatas badan pesawat) dengan panjang kargo eksternal hingga 70 meter.
Spesifikasi Antonov An-225 Mriya
Karakteristik Umum
- Kru : 6
- Payload : 250.000 kg
- Panjang : 84 m
- Lebar Sayap : 88,4 m
- Tinggi : 18,1 m
- Luas Area Sayap : 905 m²
- Bobot Kosong : 285.000 kg
- Bobot Maksimum Lepas Landas : 600.000 kg
- Mesin : 6 unit ZMKB Progress D-18 Turbofan, masing-masing memiliki daya dorong sebesar 229.5 kN
Kinerja
- Kecepatan Maksimum : 850 km/jam (460 knots, 530 mph)
- Kecepatan Jelajah: 800 km/jam (430 knots, 500 mph)
- Jarak Jangkau Dengan Bahan Bakar Penuh : 15.400 km
- Batas Maksimum Ketinggian Penerbangan : 11.000 m
- Beban Sayap : 662,9 kg/m²
- Rasio Dorongan dan Berat : 0,234
Wikipedia.org