Cari di Blog Ini

Selasa, 16 Oktober 2012

Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta

Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta
Bandara Soekarno-Hatta

Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta (IATA: CGK, ICAO: WIII) (disingkat Bandara Soetta) merupakan sebuah bandar udara utama yang melayani kota Jakarta di pulau Jawa, Indonesia. Bandar udara ini diberi nama seperti nama Presiden Indonesia pertama, Soekarno, dan wakil presiden pertama, Muhammad Hatta. Bandar udara ini sering disebut Cengkareng, dan menjadi kode IATA-nya, yaitu CGK. Kepanjangan dari CGK adalah Cengkareng.

Letaknya sekitar 20 km barat Jakarta di Kota Tangerang, Banten. Operasinya dimulai pada tanggal 1 Januari 1984, menggantikan Bandar Udara Kemayoran (penerbangan domestik) di Jakarta Pusat, dan Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur. Bandar Udara Kemayoran telah ditutup, sementara Halim Perdanakusuma masih beroperasi, melayani penerbangan charter dan militer. Terminal 2 dibuka pada tanggal 1 Januari 1984.

Soekarno-Hatta memiliki luas 18 km², memiliki dua landasan paralel yang dipisahkan oleh dua taxiway sepanjang 2,400 m. Terdapat dua bangunan terminal utama: Terminal 1 untuk semua penerbangan domestik kecuali penerbangan yang dioperasikan oleh Garuda Indonesia dan Merpati Nusantara Airlines, dan Terminal 2 melayani semua penerbangan internasional juga domestik oleh Garuda dan Merpati.

Setiap bangunan terminal dibagi menjadi 3 concourse. Terminal 1A, 1B dan 1C digunakan (kebanyakan) untuk penerbangan domestik oleh maskapai lokal. Terminal 1A melayani penerbangan oleh Lion Air dan Wings Air. Terminal 1B melayani penerbangan oleh Batavia Air, Kartika Airlines, dan Sriwijaya Air. Sedangkan terminal 1C melayani penerbangan oleh Airfast Indonesia, Indonesia AirAsia, dan Mandala Airlines.

Terminal 2D dan 2E digunakan untuk melayani semua penerbangan internasional maskapai luar. Terminal 2D untuk semua maskapai luar yang dilayani oleh PT Jasa Angkasa Semesta, salah satu kru darat bandara. Terminal 2E untuk maskapai internasional yang dilayani oleh Garuda, termasuk semua penerbangan internasional Garuda dan Merpati. Terminal 2F untuk penerbangan domestik Garuda Indonesia dan Merpati Nusantara Airlines.

Terminal 3 telah dibuka untuk umum pada tanggal 1 Januari 1985. Terminal ini bernuansa eco-airport (bandara ramah lingkungan). Terminal 3 akan dipergunakan oleh Maskapai penerbangan berbiaya murah dan direncanakan dapat didarati pesawat model Airbus A380.

Bandara Soekarno-Hatta dirancang oleh arsitek Amerika Serikat seperti John F. Kennedy yang juga merancang Bandar Udara Internasional John Fitzgerald Kennedy di New York City. Salah satu karakteristik besar bandara ini adalah gaya arsitektur lokalnya, dan kebun tropis di antara lounge tempat tunggu. Bagaimanapun, karena perawatannya yang kurang, lokasinya tidak strategis dan pendapatan kurang, bandar udara ini lebih rendah daripada bandara internasional lainnya di daerah itu.

Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta memiliki 150 loket check-in, 30 pengklaiman bagasi dan 42 gerbang. Setiap sub-terminal memiliki 25 loket check-in, 5 pengklaiman bagasi dan 7 gerbang.

Angkasa Pura II sedang merencanakan pembangunan terminal baru dengan fitur desain yang modern. Terminal 3 dibangun untuk maskapai bertarif rendah. Terdapat sebuah rencana besar untuk membangun 5 terminal penumpang + 1 terminal haji dan 4 landasan pacu. Awalnya, Angkasa Pura II menargetkan 1 Januari 1985 sebagai hari terhubungnya bandara ini dengan Stasiun Manggarai (stasiun pusat Jakarta masa depan) oleh kereta api. Namun, rencana ini masih tertunda.

Kode Bandara :
IATA:CGK
ICAO:WIII

Sejarah Bandara Soekarno-Hatta

Antara 1928–1974, Bandar Udara Kemayoran yang ditujukan untuk penerbangan domestik dianggap terlalu dekat dengan basis militer Indonesia, Bandar Udara Halim Perdanakusuma. Penerbangan sipil di area tersebut menjadi sempit, sementara lalu lintas udara meningkat cepat, yang mana mengancam lalu lintas internasional.

Pada awal 1970-an, dengan bantuan USAID, delapan lokasi berpotensi dianalisa untuk bandar udara internasional baru, yaitu Kemayoran, Malaka, Babakan, Jonggol, Halim, Curug, Tangerang Selatan dan Tangerang Utara. Akhirnya, Tangerang Utara dipilih dan ditandai juga Jonggol dapat digunakan sebagai bandara alternatif. Sementara itu, pemerintah memulai upgrade terhadap Bandar Udara Halim Perdanakusumah untuk melayani penerbangan domestik.

Antara 1974-1975, sebuah konsorsium konsultan Kanada mencakup Aviation Planning Services Ltd., ACRESS International Ltd., dan Searle Wilbee Rowland (SWR), memenangkan tender untuk proyek bandara baru. Pembelajaran dimulai pada 20 Februari 1974 dengan total biaya 1 juta Dollar Kanada. Proyek satu tahun tersebut disetujui oleh mitra dari Indonesia yang diwakili oleh PT Konavi. Pada akhir Maret 1975, pembelajaran ini menyetujui rencana pembangunan 3 landasan pacu, jalan aspal, 3 bangunan terminal internasional, 3 terminal domestik dan 1 terminal Haji. Terminal domestik bertingkat tiga dibangun antara 1975-1981 dengan biaya US$ 465 juta dan sebuah terminal domestik termasuk apron dari 1982-1984 dengan biaya US$126 juta. Sebuah proyek terminal baru, diberi nama Jakarta International Airport Cengkareng (kode: JIA-C), dimulai.

1975 – 1977: Untuk membuka lahan dan mengatur perbatasan provinsi dibutuhkan waktu. Schiphol Amsterdam ditanyai pendapatnya yang mana menurut mereka agak mahal dan overdesign. Biayanya meningkat karena penggunaan sistem desentralisasi. Sistem sentralisasi menjadi yang terbaik.

Tim tersebut masih menggunakan sistem desentralisasi. Sistem awal Bandar Udara Orly West, Lyon Satolas, Hanover-Langenhagen dan Kansas City digunakan karena simpel dan efektif.

12 November 1976: Undangan Tender kepada konsultan Perancis dengan pemenangnya Aeroport de Paris.

18 Mei 1977: Kontrak akgir ditandatangani antara Pemerintah Indonesia dengan Aeroport de Paris dengan biaya 22,323,203 franc dan Rp 177.156.000 yang ekuivalen dengan 2,100,000 Franc. Waktu yang dibutuhkan untuk pekerjaan tersebut adalah 18 bulan, dan pemerintah menunjuk PT Konavi sebagai mitra lokal.

Hasilnya adalah:
  • 2 landasan pacu termasuk taxiway
  • Jalan aspal: 1 di timur, yang lainnya di barat untuk layanan bandara. Jalan barat ditutup untuk publik.
  • 3 terminal yang dapat menangani sekitar 30 juta penumpang per tahun
  • 1 terminal untuk penerbangan internasional dan 2 untuk domestic
  • Kebun di dalam bandara dipilih sebagai gambaran.
  • 1 Januari 1978: Pekerjaan dimulai dengan biaya untuk 4 tahun. Sainraptet Brice, SAE, Colas bersama PT Waskita Karya sebagai pembangun.
  • 1 Januari 1979: Pemerintah Indonesia menandatangani perjanjian senilai Rp 384.8 miliar dengan pembangun. Biaya struktur tersebut mencapai Rp 140.450.513.000 dari APBN, 1,223,457 Franc disumbang oleh Perancis dan US$15,898,251 dari pemerintah.
  • 1 Desember 1983: Bandar udara ini secara fisik selesai.
  • 1 Januari 1984: Terminal kedua dimulai pembangunannya pada 1 Januari 1984. Pada 1 Januari 1984, Kepres No. 64 Tahun 1984 mengenai kontrol udara dan daratan di sekitar Bandar Udara Soekarno-Hatta dikeluarkan.
Maskapai penerbangan yang beroperasi di terminal penumpang Bandara Internasional Soekarno-Hatta
PenerbanganTujuanTerminal
AirAsiaKuala Lumpur2D
Air CanadaCalgary, Edmonton, Montréal-Mirabel, Montréal-Pierre Elliott Trudeau, Ottawa-Macdonald-Cartier, Toronto-Lester B. Pearson, Vancouver2D
Air ChinaBeijing, Shanghai-Hongqiao, Shanghai-Pudong, Tianjin2D
Air MacauMacau2D
American AirlinesLas Vegas-Mc Carran, Los Angeles, Miami, New York City-Jhon F. Kennendy, New York City-La Guardia, San Francisco, Washington D.C-Dulles, Washington D.C-Ronald Reagan2A
Ansett Australia AirlinesMelborune, Perth, Sydney, Singapore2D
Batavia Air (Domestik)Ambon, Balikpapan, Bandar Lampung, Banjarmasin, Batam, Bengkulu, Berau, Denpasar/Bali, Gorontalo, Jambi, Jayapura, Kendari, Kupang, Langsa, Luwuk, Manado, Manokwari, Makassar, Malang, Mataram, Medan, Padang, Palangkaraya, Palembang, Palu, Pangkalpinang, Pekanbaru, Pontianak, Semarang, Surabaya, Tarakan, Ternate, Yogyakarta1B
Batavia Air (Internasional)Guangzhou2E
Cathay PacificHong Kong2D
Cebu PacificManila2D
China AirlinesHong Kong, Taipei-Songshan, Taipei-Taoyuan2D
China Eastern AirlinesBeijing, Shanghai-Hongqiao, Shanghai-Pudong, Tianjin2D
China Southern AirlinesBeijing, Shanghai-Hongqiao, Shanghai-Pudong, Tianjin2D
CitilinkSurabaya1B
Czech AirlinesPrague (all airlines)2E
Emirates AirlineDubai2D
Etihad AirwaysAbu Dhabi2D
EVA AirTaipei-Songshan, Taipei-Taoyuan2D
FlyUSNew York City-Jhon F. Kennendy, New York City-La Guardia2A
Garuda Indonesia (Domestik)Ambon, Balikpapan, Banda Aceh, Bandar Lampung, Banjarmasin, Batam, Biak, Denpasar/Bali, Jambi, Jayapura, Kendari, Kupang, Makassar, Malang, Manado, Mataram, Medan, Padang, Palangkaraya, Palembang, Palu (dimulai 1 Juli 2010), Pekanbaru, Pontianak, Semarang, Solo, Surabaya, Timika, Yogyakarta2F
Garuda Indonesia (Internasional)Amsterdam, Bangkok-Suvarnabhumi, Beijing, Dammam, Dubai, Guangzhou, Ho Chi Minh City, Hong Kong, Jeddah, Kuala Lumpur, Melbourne , Perth, Riyadh, Seoul-Incheon, Shanghai-Hongqiao, Shanghai-Pudong, Singapore, Sydney, Taipei-Songshan, Taipei-Taoyuan, Tokyo-Narita2E
Hong Kong AirlinesHong Kong, Taipei-Songshan, Taipei-Taoyuan, Toronto-Lester B. Pearson2D
Indonesia AirAsia (Domestik)Medan, Denpasar/Bali, Surabaya, Yogyakarta3
Indonesia AirAsia (Internasional)Bangkok-Suvarnabhumi, Johor Bahru, Kota Kinabalu, Kuala Lumpur, Penang, Southampton2D
Japan AirlinesTokyo-Haneda, Tokyo-Narita2D
Jetstar AirwaysPerth, Singapore2D
Kartika AirlinesBatam, Bengkulu, Medan, Padang, Palembang, Manado, Ternate, Makassar1B
KLM Royal Dutch AirlinesAmsterdam, Den Haag, Kuala Lumpur, Rotterdam2E
Korean AirSeoul-Gimpo, Seoul-Incheon2E
Kuwait AirwaysKuwait, Kuala Lumpur2D
Lion Air (Domestik)Ambon, Balikpapan, Banda Aceh, Banjarmasin, Batam, Bau Bau, Bengkulu, Bima, Denpasar/Bali, Gorontalo, Jambi, Kaimana, Kendari, Kupang, Makassar, Manado, Mataram, Medan, Nabire, Padang, Palu, Pangkal Pinang, Pekanbaru, Pontianak, Semarang, Solo, Sorong, Sumbawa, Surabaya, Tahuna, Tual, Yogyakarta1A
Lion Air (Internasional)Ho Chi Minh City, Kuala Lumpur, Singapore, Jeddah (Menunggu Persetujuan Pihak Arab Saudi)2E
Lufthansa German AirlinesBerlin-Schönefeld, Berlin-Tegel, Boyolangu, Dortmund, Frankfurt, Hamburg, Hannover, Kediri, Labo, Mainz, Malang, Munich, Stuggart, Surabaya, Tulungagung2D
Malaysia AirlinesJohor Baru, Kuala Lumpur, Melbourne, Shah Alam, Subang2D
Mandala AirlinesBalikpapan, Banjarmasin, Batam, Bengkulu, Denpasar/Bali, Jambi, Kupang, Medan, Padang, Pangkal Pinang, Pekanbaru, Pontianak, Semarang, Surabaya, Tarakan, Yogyakarta3
Merpati Nusantara Airlines (Domestik)Bandar Lampung, Biak, Denpasar, Jayapura, Makassar, Merauke, Sorong, Surabaya, Timika2F
Philippines AirlinesManila, Singapore2D
Qatar AirwaysDoha, Singapore2D
Qantas AirwaysMelborune, Perth, Sydney, Singapore2D
Royal Brunei AirlinesBandar Seri Begawan2E
Saudi Arabian AirlinesJeddah, Riyadh, Singapore2E
Shanghai AirlinesShanghai-Hongqiao, Shanghai-Pudong2A
Shenzhen AirlinesShenzhen2D
Singapore AirlinesBarcelona, Berlin, Hong Kong, Kuala Lumpur, Las Vegas, Singapore, Toronto-Lester B. Pearson2D
Sriwijaya Air (Domestik)Ambon, Balikpapan, Banda Aceh, Bandar Lampung, Banjarmasin, Batam, Bengkulu, Denpasar/Bali, Gorontalo, Jambi, Kendari, Kupang, Makassar, Malang, Medan, Padang, Palangkaraya, Palembang, Palu, Pangkal Pinang, Pekanbaru, Pontianak, Semarang, Solo, Surabaya, Tanjung Pandan, Tanjung Pinang, Tarakan1B
Sriwijaya Air (Internasional)Singapore2D
Taiwan AirlinesTaipei-Songshan, Taipei-Taoyuan2D
Thai AirAsiaPhuket2D
Thai Airways InternationalBangkok-Suvarnabhumi2D
Tiger AirwaysSingapore2D
Turkey AirlinesIstanbul,Singapore2D
United American AirlinesLas Vegas-Mc Carran, Los Angeles, Miami, New York City-Jhon F. Kennendy, New York City-La Guardia, San Francisco, Washington D.C-Dulles, Washington D.C-Ronald Reagan2A
United States of America AirlinesLas Vegas-Mc Carran, Los Angeles, Miami, New York City-Jhon F. Kennendy, New York City-La Guardia, San Francisco, Washington D.C-Dulles, Washington D.C-Ronald Reagan2A
ValuairSingapore2D
Viva MacauMacau2D
Wings AirBali, Fak Fak, Luwuk, Manado, Mataram, Medan, Palembang, Pekanbaru, Sorong, Surabaya, Ternate, Solo, Yogyakarta1A
YemeniaDubai, Kuala Lumpur, Sana’a2D

wikipedia.org