Cari di Blog Ini

Jumat, 26 Oktober 2012

Agar Barang Bawaan Tetap Aman Saat Pemeriksaan Di Bandara

Pintu Metal Detektor di Bandara
4 Cara Menjaga Barang Saat Pemeriksaan di Bandara

Traveler sering kehilangan barang karena lengah saat pemeriksaan keamanan di bandara. Ikuti 4 tips berikut untuk menjaga barang tetap aman. Ceroboh dengan keamanan barang seringkali dilakukan traveler saat berada di bandara. Dompet atau ponsel bisa hilang, sekalipun Anda baru saja melewati petugas keamanan bandara. Untuk meningkatkan kewaspadaan Anda terutama saat melewati petugas keamanan, ikuti 4 kiat berikut, seperti yang dilansir ABC News, Senin (28/5/2012):

1. Simpan uang dalam dompet
Jangan membawa uang terlalu banyak, bawa saja secukupnya dan simpan dengan rapi di dalam dompet. Jika menyimpannya di dalam saku, pastikan uang Anda tidak terlihat orang, yang bisa memancing tindakan kriminal. Jika dompet Anda mengandung bahan logam, seperti yang ada di pengait dompet, simpan dompet di dalam tas sebelum melewati alat deteksi barang logam (metal detector). Mengeluarkan dompet dari saku dan meletakkan di sembarang tempat bisa memicu tindak kriminal.

2. Tunggu sampai tas masuk ke pemeriksaan sinar X
Sering kali, traveler tergesa-gesa masuk metal detector, padahal tas mereka masih antre masuk ke mesin sinar X. Akibatnya, tidak ada yang mengawasi tas tersebut dan berisiko diambil orang. Orang jahat bisa saja mengambil tas tanpa sengetahuan Anda, karena sang pemilik sudah terlebih dahulu melewati detector dan meninggalkan tasnya di belakang. Begitupula setelah pemeriksaan, jangan langsung pergi. Pastikan Anda telah mengambil dan membawa seluruh barang tanpa ada yang tertinggal.

3. Awasi terus keberadaan tas
Selalu ada kemungkinan Anda melewati lebih dari satu petugas keamanan saat berada di bandara. Ini berarti Anda harus ekstra waspada, jangan waspada hanya pada pemeriksaan pertama saja. Di beberapa bandara, pemeriksaan deteksi logam pada tubuh penumpang dikhususkan pada ruangan tertentu, sedangkan barang tetap diperiksa di luar. Jika berada di bandara seperti ini, ada baiknya Anda membawa serta tas jinjing yang berisi barang berharga. Tentu ini untuk mencegah terjadinya salah ambil tas yang dilakukan penumpang lain.

4. Ingat-ingat orang yang ada di sekitar Anda
Pencurian seringkali dilakukan oleh orang-orang yang berada di sekitar Anda. Saat melewati gerbang pemeriksaan barang logam, sebaiknya Anda mengingat penumpang lain yang ada di sekeliling. Jika ada yang menunjukkan gerak gerik tak wajar, tak ada salahnya bersikap waspada dengannya.

travel.detik.com