Cari di Blog Ini

Selasa, 23 Oktober 2012

Kiat Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Penerbangan
Tips Mencari Tiket Murah, Mau..?
Oleh : Vari

Orang mengenal beberapa maskapai murah meriah atau biasa disebut sebagai Low Cost Carrier sejak beberapa tahun lalu. Sekarang umumnya maskapai yang sudah ada juga mulai ikut menawarkan layanan Low Cost Carrier. Meskipun sudah menawarkan layanan penerbangan murah, pada awal kemunculan layanan ini masih menjual tiket secara manual melalui counter keagenan tiket pesawat yang ditunjuk. Seiring dengan kemajuan teknologi, tiket pesawat mulai dijual secara online, maskapai penerbangan murah pun melakukan metode penjualan tiket online.

Jumlah pengguna internet yang makin banyak, membuat penjualan tiket secara online pun semakin laris. Dengan mengandalkan media internet, para traveler pun makin rajin berburu segala sesuatu tentang, termasuk promo tiket pesawat yang biasanya berharga miring. Mengenai hal ini, ada baiknya para traveler melakukan beberapa hal dibawah ini:
  1. Daftarkan email Anda untuk mendapatkan promo tiket pesawat dari maskapai. Untuk itu mulailah mengkoleksi satu-persatu website maskapai murah meriah dari berbagai negara dan daftarkan alamat email Anda dedikasikan untuk urusan jalan-jalan. Hal ini menjadi salah satu upaya untuk ‘menangkap’ promo terbaru dari maskapai murah meriah tersebut. Semua website maskapai yang sekiranya cukup penting sebaiknya di-bookmark agar mudah mencarinya jika dibutuhkan. Pengumuman promo tiket ini biasanya dibuka perdana mulai tengah malam. Jadi, para traveler sebaiknya rela untuk begadang jika ingin mendapat tiket murah.
  2. Tentukan tujuan berlibur atau jalan-jalan sehingga bisa memilah promo tiket yang dibutuhkan juga kemudahan untuk menentukan anggaran. Jangan terlalu menuruti nafsu. Hanya karena ada maskapai yang menawarkan promo tiket pesawat yang 'sangat murah', kita langsung mengubah tujuan berlibur sesuai rute penerbangan yang ditawarkan hanya karena prinsip "yang penting dapat tiket murah".
  3. Usahakan untuk bisa membuat jadwal berlibur 1 tahun ke depan. Sebab seringkali promo tiket yang diberikan bisa dibeli makin murah untuk tahun depan.
  4. Sebagai seorang traveler, wajib memiliki peta dunia, bisa juga google maps. Ini untuk memudahkan kita mengetahui kawasan mana saja yang memiliki banyak tujuan wisata. Dengan satu rute penerbangan, kita juga bisa mengunjungi kawasan wisata yang berdekatan. Dengan anggaran yang tak perlu banyak, kita jadi bisa berkunjung ke beberapa tempat menarik sekaligus. Tentu saja kunjungan ke tempat-tempat yang berdekatan itu dilakukan melalui jalur darat.
  5. Teliti dengan jam penerbangan jika ingin melakukan perjalanan point to point (tujuan menyambung) dalam 1 hari. Misalnya tujuan utama Anda adalah ke Hong Kong menggunakan maskapai A, namun karena tidak ada rute langsung dari Jakarta ke Hong Kong dengan maskapai tersebut melainkan misalnya dari Kuala Lumpur, maka Anda harus ambil penerbangan dari Jakarta ke Kuala Lumpur (KL) dahulu baru setelah itu ke Hongkong. Jika ternyata jam penerbangannya dalam satu hari terlalu berdekatan, sisakan waktu paling tidak 4-5 jam untuk jeda point Jakarta-KL dengan point KL-Hong Kong, karena Anda harus mempertimbangkan proses imigrasi dan pengambilan bagasi begitupun dengan proses check-in, imigrasi dan boarding penerbangan point selanjutnya.
  6. Teliti dalam membeli layanan tambahan dalam penerbangan. Maskapai murah meriah kini kerap menggunakan berbagai cara untuk menjebak pelanggan agar membayar lebih untuk berbagai fitur atau layanan tambahan. Yang dimaksud dengan menjebak disini adalah, mengeluarkan berbagai komponen yang semula merupakan layanan pasti jika kita membeli tiket pesawat di maskapai besar dan memberikan ekstra biaya agar kita memperoleh layanan tersebut. Layanan tambahan yang kini harus berbayar adalah:
    • Bagasi 15 kg (dan lebih), makin berat bagasinya makin mahal biayanya, aturan tas tangan yang masuk kabin kini makin ringan, hanya 7 kg untuk maskapai terkenal murah meriah dari Malaysia itu dan umumnya 10 kg untuk maskapai lain.
    • Makanan dan minuman. Kalau untuk perjalanan domestik mungkin tidak terlalu berat membayar dalam rupiah, namun jika perjalanan keluar negeri itu kita akan dikenakan biaya sesuai dengan mata uang negara keberangkatan, jatuhnya akan lebih mahal untuk makanan atau minuman yang sama.
    • Nomor tempat duduk. Mau duduk di samping jendela atau dimanapun jika Anda mau pilih nomor sendiri kini bisa dikenakan biaya tambahan.
    • Asuransi. Jika sudah punya asuransi perjalanan sendiri, sudah tentu tidak perlu membeli lagi namun jika untuk perjalanan cukup jauh, disarankan membelinya.
  7. Rajin datang ke Pameran Wisata/Travel Expo. Umumnya pameran ini diselenggarakan 3-4 kali dalam setahun. Biasanya dilaksanakan pada bulan November, Maret, Mei dan Agustus. Jadi rajin-rajinlah mencari info tentang pameran ini. Pada saat pameran seperti ini justru saatnya promo berbagai maskapai internasional menawarkan harga tiket pesawat yang cukup murah.
  8. Ikutan milis traveling. Ini cukup membantu karena banyak sekali info yang bisa didapat untuk perjalanan murah meriah tidak hanyak promo tiket pesawat. Plus Anda bisa bertanya tentang pengalaman para peserta forum/milis mengenai maskapai yang Anda ingin tumpangi. Lumayan, survei gratis.
kompas.com