Cari di Blog Ini

Minggu, 28 Oktober 2012

Kursi Di Bagian Belakang Pesawat Lebih Aman Dalam Penerbangan

Kecelakaan Pesawat Terbang Penumpang
Mau Lolos dari Kecelakaan Pesawat, Duduk di Kelas Ekonomi!

Ternyata, ongkos mahal untuk bisa duduk nyaman di pesawat kelas bisnis, tidak berbanding lurus dengan faktor keselamatan. Riset terbaru membuktikan, penumpang kelas ekonomi berada dalam kondisi yang lebih aman saat terjadi kecelakaan pesawat.

Sebuah proyek penelitian senilai AUD 1,5 juta (sekitar Rp 15 miliar) digelar di Gurun Sonoran, Meksiko. Tujuannya untuk meneliti kecelakaan pesawat terbang dan apa kira-kira yang akan terjadi dengan penumpang saat pesawat jatuh. Sebagai uji coba, digunakanlah pesawat Boeing 727 berkapasistas 170 tempat duduk. Pesawat itu dengan sengaja dijatuhkan ke darat seperti layaknya insiden kecelakaan pesawat.

Tiga boneka didudukan di dalam pesawat secara menyebar. Pesawat ini diterbangkan dengan pilot sungguhan yaitu James Slocum. Slocum lantas keluar dengan parasut pada ketinggian 762 meter. Setelah itu pesawat dikendalikan dengan remote control. Lusinan kamera dipasang di dalam kabin pesawat, di lokasi tempat pesawat akan jatuh, di pesawat pengamat yang membuntuti pesawat jet tersebut, dan di helm sang pilot. Akhirnya terungkaplah posisi paling aman di pesawat.

Pesawat percobaan ini jatuh dengan bagian muka terlebih dahulu. Bagian kokpit hancur lebur. Dari kondisi pesawat ketahuan kalau penumpang kelas satu tidak akan selamat dari benturan tersebut. Namun, 78 persen penumpang punya kesempatan untuk selamat. Semakin duduknya ke arah belakang, kesempatan selamat semakin besar. Anne Evans, mantan penyelidik pada badan investigasi kecelakaan udara Inggris, meneliti black box pesawat percobaan ini. "Lebih aman duduk di belakang pesawat, data rekaman penerbangan juga di belakang pesawat. Bagian depan lebih rentan karena dampak benturan yang lebih besar," kata Evans.

Hasil rekaman percobaan penghancuran pesawat jet ini akan ditayangkan di televisi Inggris pada bulan Oktober. Ini adalah percobaan kedua yang menghancurkan pesawat jet. Percobaan pertama menghancurkan pesawat jet dilakukan oleh badan antariksa NASA pada 1984 dan pesawat itu hancur menjadi bola api raksasa.

travel.detik.com