Kamis, 18 Oktober 2012




: Posted on Kamis, 18 Oktober 2012 - 14.45

Penumpang Pesawat Terbang
Jika Bepergian Dengan Menggunakan Jasa Maskapai Penerbangan

Pada saat tiba di bandara, Anda segera datangi check-in counter milik maskapai penerbangan yang pesawat terbangnya akan Anda tumpangi. Bisa dilihat pada TV monitor keberangkatan atau bertanya pada petugas kalau masih ragu. Di pintu masuk nanti akan ada alat X-ray. Letakkan tas atau bawaan Anda pada ban berjalan yang masuk ke perangkat detektor X-Ray. Untuk ponsel biasanya disediakan keranjang kecil, jadi tidak perlu ikut dimasukkan ke alat detektor x-ray.

Setelah menemukan check-in counter maskapai penerbangan yang Anda cari, tiket pesawat atau tanda bukti pembelian tiket pesawat Anda serahkan kepada petugas counter untuk check-in. Jika ada, Anda bisa minta bangku yang di aisle (lorong) atau di window seat (dekat jendela). Jika bawaan Anda berupa tas kecil, bawa saja ke cabin pesawat (bersama Anda). Tapi jika besar, masukkan ke belt yang ada di petugas check-in (kalau ragu tanyakan apakah tas boleh dibawa masuk kabin atau harus masuk bagasi). Di sini Anda akan diberi boarding pass/pass naik. Bentuknya berupa lembaran kertas yang diberi barcode/kode baris. Lihat disitu pada gate berapa pesawat Anda berada.

Setelah itu Anda masuki gate atau ruang tunggu dimana pesawat Anda berada. Sebelum masuk Anda diharuskan membayar airport tax. Besarnya berbeda setiap daerah. Setelah itu Anda tinggal menunggu di lounge/ruang tunggu. Jika pesawat akan berangkat, akan ada pemberitahuan yang diumumkan melalui pengeras suara. Serahkan boarding pass pada petugas. Boarding pass akan disobek, sobekan pertama untuk diserahkan kepada petugas, sisanya diserahkan ke Anda.

Selanjutnya Anda tinggal menunggu pintu keberangkatan dibuka dan langsung menaiki pesawat. Kalau bingung mencari kursi yang harus Anda tempati, bisa minta bantuan pramugari untuk mencari nomor kursi yang sesuai dengan yang tercantum pada boarding pass Anda.

Setelah pesawat yang Anda tumpangi sudah tiba di bandara tujuan, Anda tinggal mengikuti penumpang lain keluar bandara. Tunggu di conveyor belt (sabuk berjalan) jika Anda membawa barang yang dimasukkan ke bagasi pesawat (nomor belt sesuai dengan yang ada di boarding pass) Setelah selesai dan keluar bandara, Anda bisa pilih untuk naik taksi atau bis bandara sesuai tujuan Anda. Semoga membantu.

id.answers.yahoo.com


Bagikan :


Artikel penerbangan terkait :
thumbnail Tata Cara Bepergian Menggunakan Pesawat Terbang Johan Suryantoro 2012-10-18T14:45:00+07:00 5.0 5 Reviews

Copyright © 2013. ZonaAero | Template by Full Blog Design | Proudly powered by Blogger
ZonaAero