Cari di Blog Ini

Sabtu, 25 Mei 2013

Susi Air Miliki Simulator Pesawat Cesna Grand Caravan 208B Di Pangandaran

Informasi Penerbangan: Simulator Pesawat dari model Cesna Grand Caravan 208B telah menjadi bagian penting dari fasilitas Susi Training Center yang berlokasi di Kantor Pusat maskapai Susi Air di Pangandaran, Jawa Barat. CEO Susi Air, Susi Pudjiastuti mengatakan bahwa alas an pembelian simulator pesawat dari Kanada tersebut dikarenakan maskapainya tidak sanggup jika harus mengirim semua pilot pesawat Susi Air untuk berlatih simulasi di Amerika. Agar lebih ekonomis, pihaknya lebih memilih untuk membeli dan memiliki sendiri simulator pesawat yang dibutuhkan para pilot tersebut.
Simulator Pesawat Susi Air. ZonaAero
Keren, Susi Air Punya Simulator Pesawat di Pangandaran

Maskapai umumnya memiliki pusat pelatihan untuk awak penerbangan, begitu pun Susi Air yang memiliki Susi Training Center di Pangandaran, Jawa Barat. Kerennya, training center tersebut punya simulator pesawat sendiri. "Ini adalah Training Centre internal untuk para pilot Susi Air," tutur CEO Susi Air, Susi Pudjiastuti dalam acara peresmian Susi Training Centre di kantor pusat Susi Air, Jl Merdeka, Pangandaran, Ciamis, Jumat (24/5/2013).

Dalam gedung yang memiliki 4 lantai ini, terdapat ruang-ruang kelas, ruang instruktur, administrasi, ruang kerja Susi Pudjiasti dan simulator. Gedung ini sudah aktif beroperasi dari 6 bulan yang lalu tapi hari ini baru diresmikan. "Kami tak sanggup mengirim seluruh pilot ke AS untuk latihan simulator, maka dari itu kami beli sendiri," kata Susi.

Menurut Direktur Operasional sekaligus suami dari Susi, Christian von Strombeck, semua pilot Susi Air sudah pernah training di sini. Yang dibanggakan dari gedung ini, adalah alat simulator milik mereka sendiri. "Selain itu, simulator juga bisa mengeksplorasi kemampuan pilot juga kopilot," tambah Christian.

Simulator ini merupakan model dari pesawat Cesna Grand Caravan 208B. Dalam simulator yang dibeli dari Kanada, para pilot bisa berlatih dengan lebih maksimal sebelum akhirnya berlatih dengan pesawat asli. Jika di pesawat asli, tak mungkin menempatkan pilot dan kopilot yang sedang berlatih secara bersamaan di dalam satu pesawat. Beda lagi jika menggunakan simulator. Hal itu mungkin saja dilakukan, dan lebih memudahkan para instruktur untuk mengamati para pilot dan kopilot yang sedang berlatih.

Selain simulator, gedung training centre ini juga memiliki ruang kelas yang bertema minimalis serta modern. Setiap lantai, ada kaca besar yang menjadi pengganti tembok. Sehingga ruangan terasa lebih terang saat siang hari. Nuansa segar pun terasa jelas karena banyak pot pohon yang ditaruh di dalam gedung. Terakhir, yang juga bisa dibilang paling keren, ada helipad di lantai paling atas yaitu di atap lantai 4.

travel.detik.com