Cari di Blog Ini

Kamis, 20 Juni 2013

AirAsia Buka Penerbangan Surabaya-Singapura Dan Medan-Singapura

Informasi Penerbangan: AirAsia Buka Penerbangan Surabaya-Singapura Dan Medan-Singapura. Rute penerbangan Surabaya-Singapura dioperasikan mulai tanggal 15 Juli 2013, sedangkan rute penerbangan Medan-Singapura mulai dilayani pada tanggal 12 Agustus 2013. Pembukaan dua rut eke Singapura tersebut dikarenakan negara kota ini menyumbang 22% dari keseluruhan jumlah penumpang pesawat terbang Indonesia AirAsia.
Indonesia AirAsia. ZonaAero
AirAsia Tambah Dua Penerbangan Langsung dari Indonesia ke Singapura

AirAsia Indonesia kian giat menggaet penumpang yang datang dari atau menuju Singapura dengan membuka dua rute penerbangan langsung. Maskapai penerbangan berbiaya murah itu secara resmi meluncurkan rute Surabaya-Singapura yang mulai beroperasi pada 15 Juli 2013 dan rute penerbangan Medan-Singapura pada 12 Agustus 2013. Rute baru ini melengkapi penerbangan langsung (direct flight) yang sudah ada sebelumnya yakni dari Jakarta, Makassar, Bandung, Yogyakarta, Bali, dan Semarang. "Pembukaan rute baru ini guna mengakomodasi permintaan untuk perjalanan bisnis dan wisata," ujar Chief Executive Officer AirAsia Indonesia Dharmadi seperti keterangan tertulis yang diterima, Rabu (19/6/2013).

Darmadi mengungkapkan, pemilihan Medan dan Surabaya berdasarkan pertimbangan kedua kota tersebut mempunyai potensi yang besar. Surabaya, sebagai kota terbesar nomor dua setelah Jakarta, mempunyai minat penumpang pesawat yang cukup bagus. Sebagai indikator, terangnya, ada 5 penerbangan pulang pergi dari Surabaya-Kuala Lumpur. "Kalau Surabaya-Kuala Lumpur bisa, ini (rute penerbangan Surabaya-Singapura) juga harus bisa," tuturnya.

Sedangkan Medan dipilih karena kota tersebut merupakan titik yang ideal untuk memperluas ekspansi ke wilayah Asia Tenggara lainnya seperti Singapura, Thailand, atau Malaysia. Ditambah akan beroperasinya Bandara Kuala Namu yang bisa menampung lebih banyak lagi penumpang. Bukan hanya menarik minat penumpang dari Indonesia, Darmadi mengatakan, pihaknya juga berusaha menarik lebih banyak lagi penumpang dari Singapura. Salah satu caranya, AirAsia bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kota Medan untuk mengembangkan destinasi wisata. "Medan sebetulnya kompetitif. Kami berkerja sama dengan Dinas Pariwisata Medan untuk mengembangkan wisata misalnya Danau Toba atau Samosir," tuturnya.

Singapura tercatat berkontribusi sekitar 22% terhadap total kapasitas kursi penerbangan AirAsia Indonesia. Pada tahun yang sama, jumlah penumpang dari Indonesia ke Singapura dan sebaliknya mencapai 1,3 juta penumpang, atau 23% dari total jumlah penumpang AirAsia Indonesia pada 2012. CEO AirAsia Singapura Logan Velaitham mengungkapkan, pergerakan penumpang Grup AirAsia di Singapura meningkat 5% year-on-year dari 2011 ke 2012. Tercatat pula, 43% dari 3 juta turis datang dari Asia Tenggara. "Sejauh ini yang paling banyak berasal dari Indonesia," katanya.

AirAsia Indonesia sendiri berkontribusi sekitar 20% dari total penumpang asal Indonesia yang terbang ke Bandara Changi. Ia berharap angka ini terus tumbuh dengan adanya tambahan tiga penerbangan langsung dari Indonesia yakni dari Makassar yang sudah diresmikan terlebih dahulu serta dari Surabaya dan Medan yang baru saja diresmikan. "Saya selalu melihat peluang untuk menambahkan atau mengoneksikan rute baru menuju Bandara Changi dengan menawarkan lebih banyak penerbangan hemat untuk membentuk pasar yang baru guna memenuhi permintaan dari pelanggan kami," ujarnya.

Sebagai tahap awal, Darmadi mengungkapkan, akan ada dua penerbangan dengan rute Medan-Singapura dan 1 penerbangan pada rute Surabaya-Singapura. Pihaknya, menargetkan target setiap penerbangan bisa terisi 75% dari kapasitas penumpang pesawat. Adapun pesawat yang digunakan ialah Airbus A-320 dengan 180 kursi. "Target load factor di tiga bulan pertama 75%, setelah itu 80%. Paling gampang hitungnya sekali penerbangan minimal 135 penumpang," tuturnya.

Untuk merayakan rute baru ini, AirAsia Indonesia menawarkan tarif promo istimewa mulai dari Rp99.000 untuk rute Medan–Singapura dan Surabaya–Singapura. Calon penumpang bisa mulai membeli tiket dengan harga istimewa tersebut mulai hari ini melalui semua saluran penjualan laman resmi AirAsia, kantor penjualan, call center, atau biro perjalanan terdekat dari hingga 23 Juni 2013. Sementara periode penerbangan mulai dari 15 Juli 2013 hingga 30 September 2013 untuk rute Surabaya–Singapura dan mulai dari 12 Agustus 2013 hingga 30 September 2013 untuk rute Medan–Singapura.

Dengan dua rute yang baru diluncurkan, AirAsia Indonesia akan mengoperasikan sebanyak 8 rute dari berbagai kota di Indonesia menuju Singapura. Sementara itu secara grup, AirAsia mengoperasikan 17 penerbangan langsung dari Singapura ke berbagai tujuan internasional.

www.metrotvnews.com