Cari di Blog Ini

Sabtu, 22 Juni 2013

Pariwisata Batu Angus Di Ternate, Maluku Utara

Info Pariwisata: Pariwisata Batu Angus Di Ternate, Maluku Utara. Batu Angus terbentuk dari material bekas aliran lava yang berada di sisi kiri dan kanan jalan raya dengan latar belakang Gunung Gamalama. Obyek wisata ini dinamakan Batu Angus karena lava-lava beku ini memiki warna yang hitam kelam. Batu Angus bukanlah batu biasa. Jika dilihat hanya dengan sepintas lalu, batu ini memang seperti batu biasa saja. Tapi jika lebih diperhatikan lagi secara keseluruhan, para wisatawan akan melihat keindahan lain dari kumpulan batu-batu ini.
Batu Angus Ternate. ZonaAero
Wisata Batu Angus Andalan Kota Ternate

Objek wisata Batu Angus merupakan salah satu wisata andalan yang dimiliki Kota Ternate. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kota Ternate, Husen Alting, di Ternate, Jumat, mengatakan, Batu Angus merupakan objek wisata paling diminati wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri ketika berkunjung ke daerah itu. "Setiap wisatawan yang berkunjung ke Ternate, objek wisata pertama yang ingin dikunjungi adalah Batu Angus. Mereka merasa belum berkunjung ke Ternate jika belum mengunjungi objek wisata itu," kata Kepala Disparekraf Kota Ternate Husen Alting di Ternate, Jumat.

Objek wisata Batu Angus yang letaknya sekitar 10 km dari Kota Ternate, merupakan hamparan batu yang tampak seperti hangus terbakar. Hamparan batu itu membentang dari kaki Gunung Gamalama hingga ke pantai. Batu Angus tersebut merupakan sisa lahar letusan Gunung Gamalama pada abad ke-17 dan lahar yang telah berubah menjadi batu itu tampak seperti batu yang baru hangus terbakar.

Di objek wisata Batu Angus itu ada situs sejarah berupa tempat tewasnya seorang tentara Jepang yang parasutnya tidak terbuka normal saat terjun dari pesawat pada perang tahun 1945.

Batu Angus Ternate Maluku Utara. ZonaAero. ZonaAero
Husen mengatakan, objek wisata Batu Angus juga menawarkan panorama pemandangan menarik berupa lereng dan puncak Gunung Gamalama serta birunya laut perairan Ternate.

Objek wisata lainnya di Ternate yang juga cukup diminati wisatawan, kata Husen, antara lain sejumlah benteng peninggalan masa kolonial, seperti Benteng Ford Oranye, Benteng Tolucco, Benteng Kalamata dan Benteng Kastela serta Danau Tolire.

Kedaton Kesultanan Ternate yang menyimpan berbagai peninggalan sejarah seperti mahkota emas berambut dan baju besi, juga merupakan objek wisata yang diminati wisatawan saat berkunjung ke daerah ini.

www.republika.co.id