Cari di Blog Ini

Kamis, 13 Juni 2013

Spaceport America Di New Mexico Menjadi Bandara Luar Angkasa Pertama Di Dunia

Informasi Penerbangan: Bandara Spaceport America yang berlokasi di New Mexico pantas disebut sebagai bandara luar angkasa yang pertama di dunia. Hal ini dikarenakan Bandara Spaceport America tidak melayani pesawat terbang biasa, tapi khusus untuk pesawat angkasa luar. Para wisatawan yang ingin menikmati perjalanan ke luar angkasa di sekitar orbital Bumi akan dilayani oleh perusahaan Virgin Galactic dan XCOR Aerospace yang telah mempersiapkan pesawat-pesawat luar angkasa buatannya masing-masing.
Spaceport America, New Mexico. ZonaAero
Pertama di Dunia, Bandara Luar Angkasa di New Mexico

Tak ada batasan siapa dan ke mana perginya petualangan, termasuk ke luar angkasa. Di New Mexico, AS, ada bandara luar angkasa pertama yang dibangun di dunia. Berbeda dengan bandara kebanyakan, Bandara Spaceport tidak berada di dekat pemukiman. Karena, bandara ini tidak menjadi terminal untuk pesawat terbang, melainkan pesawat luar angkasa.

Bangunan sangat megah yang berada di New Mexico ini berdiri di tengah area lapang yang luas. Bentuk bangunannya melengkung, dengan desain modern juga indah. Di bagian depannya, terdapat puluhan kaca yang juga memiliki fungsi sebagai dinding bandara. Ini bukan hanya bandara saja, tapi juga berisi pesawat dari maskapai penerbangan luar angkasa yaitu Virgin Galactic. Karena keren dan pertama di dunia, bandara ini jadi incaran banyak wisatawan. Jangan cuma membayangkan, Anda pun bisa melancong ke sana.

Bandara Spaceport America memiliki paket tur yang bisa dinikmati para wisatawan. Ditengok dari situs resmi Spaceport America, Rabu (12/6/2013) Anda bisa tur keliling bandara sambil melihat segala kegiatan dan fasilitas yang ada di sana. Ada dua pilihan tur yang bisa dipilih yaitu paket satu hari atau satu minggu. Paket satu minggu berisi keliling bandara sekaligus keliling New Mexico. Paket ini cocok bagi Anda yang ingin liburan tapi tak mau pusing memikirkan itinerary. Sedangkan untuk pilihan paket satu hari, Anda bisa berkeliling menggunakan bus dengan membayar paket sebesar USD 59 atau yang setara dengan Rp 600 ribu. Dalam paket tur ini, para peserta bisa keliling bandara selama 3,5 jam.

Peserta tur bisa menjelajah bandara dari mengintip seperti apa landasannya hingga ke sudut-sudut bandara. Jika tertarik, Anda bisa mengambil paket ini, namun hanya tersedia setiap akhir pekan. Tur ini berlangsung 2 kali per hari yaitu pada pukul 09.00 dan 13.00 waktu setempat.

Tidak lama lagi, Virgin Galactic dan XCOR Aerospace juga akan membuka tur. Bukan keliling bandara melainkan ke luar angkasa. Para peserta akan dibawa ke ketinggian 113 km hingga ke atmosfer terluar bumi. Peserta tur ini bisa melihat langsung dari angkasa luar. Mereka juga akan merasakan keadaan tanpa gravitasi selama beberapa menit.

travel.detik.com