Cari di Blog Ini

Selasa, 11 Juni 2013

Pembangunan Bandara Internasional Kulonprogo Akan Dimulai Tahun Depan

Informasi Penerbangan: Bandara Internasional Kulonprogo yang direncanakan berlokasi di Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta akan mulai dibangun pada tahun 2014. Sebagai pengganti Bandara Adi Sucipto, Bandara Kulonprogo diperkirakan akan menelan biaya sebesar Rp 6 triliun untuk keseluruhan proses pembangunannya. Bandara baru ini dijadwalkan sudah bisa dioperasikan pada tahun 2016.
Master Plan Bandara Internasional Kulonprogo. ZonaAero
Bandara Kulonprogo Mulai Dibangun 2014

PT Angkasa Pura I menargetkan tahun depan pembangunanbandara baru pengganti Adi Sucipto di Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta senilai Rp6 triliun bisa dimulai.

Corporate Administraton Departement Head PT Angkasa Pura I Hary Budi Waluyo menjelaskan saat ini pihaknya telah membentuk satuan gugus tugas untuk menyelesaikan pembebasan lahan Bandara Kulonprogo atau New Jogja International Airport. "Kami targetkan awal tahun depan bisa dimulai dan pada 28 Mei 2013 kami sudah menghadap Gubernur Yogyakarta. Satuan gugus tugas juga melibatkan Pemda setempat," ujarnya, Minggu (9/6/2013).

Hary menjelaskan pembangunan Bandara Kulonprogo membutuhkan lahan seluas 600 hektar yang merupakan lahan milik Kesultanan Yogyakarta (Sultan Ground), Pakualam Ground dan milik masyarakat. Menurutnya pihak Kesultanan Yogyakarta dan Pakualam telah mengizinkan pihak Angkasa Pura I agar menggunakan lahan mereka untuk pembangunan Bandara Kulonprogo.

Dia menambahkan saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan pihak terkait untuk membebaskan sejumlah lahan milik masyarakat untuk pembangunan Bandara Kulonprogo. Bandara yang berlokasi di Kecamatan Temon Kabupaten Kulonprogo itu ditargetkan dapat beroperasi pada 2016.

www.bisnis.com