Cari di Blog Ini

Selasa, 15 Januari 2013

Penumpang Sepi, Tiket Pesawat Di Pekanbaru Dijual Murah

Harga tiket pesawat untuk penerbangan dalam negeri di Pekanbaru saat ini sedang dijual murah. Hal ini disebabkan masyarakat Pekanbaru dan sekitarnya diperkirakan sedang enggan bepergian karena sebelum banyak yang sudah melakukan perjalanan dalam rangka liburan tahun baru. Jumlah penumpang pesawat yang sedikit atau dikenal dengan istilah low season ini membuat banyak maskapai penerbangan menjual tiketnya dengan harga murah. Selain low season, murahnya harga tiket pesawat tersebut dikarenakan beberapa maskapai memang ada yang masih menggelar masa promo tiket pesawat dalam rangka tahun baru.
Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. ZonaAero
Siapa Mau? Harga Tiket Pesawat di Pekanbaru Diobral

Tiket pesawat terbang untuk berbagai rute dalam negeri atau domestik yang terbang di Pekanbaru, Riau, dijual dengan harga relatif murah alias obral oleh perusahaan maskapai penerbangan hingga akhir bulan Januari. "Untuk pembelian tiket, maskapai ramai-ramai membuka harga murah, bahkan harga promosi yang hingga akhir Januari ini," kata staf Shirotol Jannah Tour and Travel Rika di Pekanbaru, Senin (14/1).

Ia mencontohkan, Garuda Indonesia yang hanya memiliki satu rute di Pekanbaru, yakni Pekanbaru-Jakarta membuka harga Rp640.000 per orang untuk penerbangan pukul 16.30 WIB dan 18.25 WIB dari enam kali penerbangan dalam sehari. Lalu Sriwijaya Air yang membuka rute Pekanbaru-Batam pada 20 November lalu tiketnya dijual dengan harga Rp310.000 per orang, sedangkan Pekabaru-Medan yang dikurangi penerbangannya menjadi satu kali sehari harga tiketnya Rp330.000 per penumpang.

Kemudian, Lion Air untuk rute Pekanbaru-Medan yang diterbangi satu kali sehari, mulai 14 Januari sampai 5 Februari mendatang membuka harga paling murah, yakni Rp302.000 per orang. "Kalau Lion, tiket murahnya hanya pada bulan yang berlangsung, seperti Januari dan bisa dilihat harga promosi di tanggal berapa aja. Pada Februari dan Maret harganya masih normal dan untuk harga promosi belum bisa dilihat," katanya.

Karyawan Riau Cemerlang Travel Jery mengatakan bahwa kondisi itu terjadi karena masyarakat Pekanbaru dan umumnya dari enggan berpergian seusai liburan tahun baru, sehingga maskapai memasuki low season. "Pada musim sepi penumpang atau low season seperti sekarang ini, hal tersebut dianggap wajar karena setiap tahun selalu terjadi. Sementara penumpang yang menjalankan bisnisnya di Pekanbaru masih sepi, jadi yang kami jual seadanya saja," ujarnya.

www.metrotvnews.com