Cari di Blog Ini

Selasa, 29 Januari 2013

Garuda Indonesia-Jet Airways Akan Kerjasama Code Share Penerbangan Indonesia-India

Untuk memperluas ekspansi jaringan penerbangannya ke India, Garuda Indonesia bersiap untuk kerjasama code share dengan maskapai penerbangan asal India, Jet Airways. Selain Garuda Indonesia, ada beberapa maskapai penerbangan nasional yang juga berminat untuk melayani penerbangan Indonesia-India, diantaranya Lion Air dan Indonesia AirAsia.
Garuda Indonesia. ZonaAero
Garuda Indonesia
Garuda, Lion dan AirAsia Ramai-ramai Incar Penerbangan ke India

Sejumlah maskapai penerbangan Indonesia antara lain PT Garuda Indonesia Tbk, PT Indonesia AirAsia dan PT Lion Mentari Airlines berencana melakukan ekspansi ke India. Bahkan, dalam waktu dekat Garuda Indonesia akan melakukan kerjasama code share dengan Jet Airways, maskapai penerbangan asal India sebagai langkah awal ekspansinya.

Duta Besar Indonesia untuk India, Rizali Indrakesuma W, mengatakan pemerintah akan berupaya memfasilitasi keinginan maskapai penerbangan swasta tersebut. Langkahnya dengan mendorong pemerintah India bersedia membuka konektivitas penerbangan udara secara langsung antar kota-kota di negara tersebut dengan Indonesia. "Awalnya pemerintah Indonesia tidak bersedia mengalihkan hak Garuda pada penerbangan ke India kepada maskapai penerbangan swasta lainnya. Namun belakangan, pemerintah menyadari tidak bisa hanya mengandalkan pada Garuda untuk memasuki pasar penerbangan udara di India," kata dia seperti dilansir travelbizmonitor, Senin (28/1/2013).

Dia mengaku jika Lion Air, dan AirAsia juga telah mendekati pemerintah Indonesia untuk mendapatkan persetujuan rute ke India. Konektivitas udara menjadi faktor penting terkait kerjasama sektor pariwisata antara kedua negara. "Jika kita bisa memiliki kerjasama penerbangan langsung dengan India maka akan ada kenaikan signifikan pada jumlah perjalanan ke kedua negara. Semua negara tetangga menuai keuntungan dari sektor pariwisata karena mereka memiliki konektivitas udara langsung dengan India seperti Thailand, Malaysia, Singapura, dan lainnya," tegas dia.

Dia menyebutkan jumlah wisatawan India ke Indonesia terus tumbuh dari tahun ke tahun, meski pertumbuhannya tidak sesuai harapan. Jumlah wisatawan India ke Indonesia sebanyak 1,5 juta pada 2012, naik dari 2010 yang baru sebanyak 1 juta. "Target kami untuk 2013 adalah dua juta," ujarnya. Langkah mencapai jumlah tersebut, kata dia, melalui partisipasi Indonesia pada pameran perjalanan, penjualan misi, festival budaya, dan lainnya.

bisnis.liputan6.com