Cari di Blog Ini

Rabu, 30 Januari 2013

Turki Bangun Bandara Terbesar Di Dunia

Pemerintah Turki telah membuka tender pembangunan bandara baru di negara itu. Tender senilai 7 miliar euro atau sekitar Rp 91,5 triliun akan menghasilkan sebuah bandara internasional dengan kapasitas 150 juta penumpang pesawat terbang per tahun. Itu berarti bandara baru di negara Turki ini akan menjadi Bandar udara terbesar di dunia mengalahkan gelar bandara terbesar di dunia yang saat ini dipegang oleh Bandara Harsfield-Jackson di Kota Atlanta, Amerika Serikat yang memapu melayani 90 juta penumpang per tahun pada tahun 2012 lalu.
Istanbul (Turki). ZonaAero
Istanbul (Turki)
Ambisi Turki Bangun Bandara Terbesar

Ambisi Turki untuk membangun bandar udara terbesar di dunia, mulai berjalan. Negara ini mengajukan tender untuk proyek yang diperkirakan menelan tujuh miliar euro itu.

Otoritas bandara Turki menyatakan, mulai Jumat (25/1/2013) ini, perusahaan yang tertarik bisa melakukan kalkulasi untuk proyek tersebut. "Mereka yang memutuskan untuk ikut tender bisa mendaftar sebelum 3 Mei, batas akhir tender ini diselenggarakan," ujar sumber di otoritas bandara.

Dalam proyek ini nantinya akan dibangun enam landasan pacu (runway) dan bandara tersebut akan berkapasitas 150 juta penumpang per tahun.

Jika terwujud, maka akan mengalahkan Bandara Harsfield-Jackson di Kota Atlanta, Amerika Serikat (AS) yang saat ini bandara tersibuk dunia dengan 90 jutaan penumpang per tahun per 2012.

web.inilah.com