Senin, 07 Januari 2013




: Posted on Senin, 07 Januari 2013 - 02.43

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia menyampaikan bahwa Bandara Kuala Namu, Medan, Sumatera Utara, akan dioperasikan mulai bulan Maret 2013. Moda transportasi menuju Bandara Kuala Namu dengan menggunakan kereta api juga akan segera diuji coba dalam waktu dekat. Selain tentang persiapan operasional Bandara Kuala Namu, Kemenhub juga menyampaikan rencana pembangunan Bandara Karawang yang ditujukan untuk menopang kegiatan penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta.
Bandar Udara Kuala Namu Medan Sumatera Utara
Maret 2013 Bandara Kuala Namu Medan Beroperasi

Kementerian Perhubungan menyatakan pada Maret 2013 Bandara Kuala Namu-Medan akan beroperasi. Pembangunan bandara Kuala Namu-Medan, imbuhnya menelan biaya Rp 4,69 triliun dari sumber dana pemerintah dan PT Angkasa Pura II. "Maret [bandara] Kuala Namu [Medan] akan beroperasi dan jalur KA dari stasiun Medan menuju Kuala Namu akan diuji coba pada satu minggu ke depan, Cek posisi awal 2013 apakah sesuai target," ujarnya di Jakarta, Kamis, (3/1/2013).

Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono mengatakan pada kuartal I 2013 pihaknya juga akan melakukan uji coba jalur kereta bandara Kuala Namu Medan. Menurutnya, pada 2012 pihaknya telah mengganti rel baru dari stasiun Medan menuju Aruskabu yang menelan biaya Rp 67,2 miliar. Dia menjelaskan pihaknya telah mengirim dua set kereta api dari Jawa untuk melakukan uji coba jalur kereta bandara Kuala Namu karena kereta yang dipesan belum tersedia dan membutuhkan waktu 18 bulan.

Dia juga menambahkan pembangunan bandara Karawang sangat diperlukan untuk menopang Bandara Soekarno Hatta yang saat ini menampung lebih dari 51 juta penumpang per tahun. Pembangunan bandara Karawang, tuturnya akan menggunakan kerja sama pemerintah dan swasta (public private partnership). Menurutnya pihak swasta akan membangun terminal dan pemerintah akan membangun runway dan taxiway bandara Karawang .

Studi kelayakan, imbuhnya akan dilakukan tahun ini dan pihaknya akan melakukan pembahasan mengenai tata ruang bandara Karawang. Menurutnya jika semua proses awal berjalan lancer maka proses tender dapat dilakukan sejak 2014 dengan jangka waktu 1 hingga 2 tahun. Dia menjelaskan pada 2020 diperkirakan bandara Karawang dapat beroperasi.

www.bisnis.com


Bagikan :


Artikel penerbangan terkait :

Copyright © 2013. ZonaAero | Template by Full Blog Design | Proudly powered by Blogger
ZonaAero