Cari di Blog Ini

Senin, 07 Januari 2013

Panjang Runway Bandara Pontianak Akan Ditambah 250 Meter

Bandara Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat akan ditambah lagi panjang landasan pacunya. Saat ini landasan pacu (runway) Bandar Udara Supadio memiliki panjang 2.250 meter. Mulai bulan Juli 2013, panjang landasan pacu tersebut ditambah 250 meter sehingga panjang keseluruhan menjadi 2.500 meter.
Bandar Udara Supadio Pontianak Kalimantan Barat
Bandara Supadio: Runway Diperpanjang 250 meter

PT Angkasa Pura II pada tahun 2013-2014 menyatakan akan memperpanjang landasan pacu Bandara Supadio Pontianak dari 2.250 meter menjadi 2.500 meter. Corporate Secretary PT Angkasa Pura II (Persero) Trisno Heryadi mengatakan proyek perpanjangan landasan pacu dan runway bersifat multiyears (tahun jamak). "Proyek ini direncanakan akan dimulai pada Juli 2013 dengan memanfaatkan rentang penambahan usia performance bandara, pasca overlay [penebalan] pada Januari mendatang," ujarnya dalam siaran Pers hari ini, Selasa (1/1/2013).

Trisno mengatakan pada tahun 2010-2011, PT Angkasa Pura II telah melakukan program pelebaran runway Bandara Supadio Pontianak 30 meter menjadi 45 meter. Pada kurun waktu yang sama, tuturnya telah dilakukan overlay (penebalan) pada beberapa bagian bandara. Dia menambahkan pada tahun 2012, Angkasa Pura II bekerjasama dengan lembaga afiliasi penelitian dan industri (LAPI) ITB dan Laboratorium Pekerjaan Umum Bandung melakukan penelitian terhadap landasan pacu Bandara Supadio.

Hasil penelitian itu, tuturnya merekomendasikan dilakukannya penebalan pada landasan pacu secara menyeluruh dengan menggunakan hotmix formula khusus sesuai hasil kajian. Dia menambahkan selain itu, pada 2012 PT Angkasa Pura II juga telah melakukan perbaikan dengan meningkatkan ketebalan landasan pacu (leveling) pada titik-titik tertentu untuk menghilangkan genangan air (ponding water) saat hujan terjadi. "Di sisi lain, program perawatan penghilangan kandungan karet bekas tapak ban (rubber deposit) juga dilakukan dengan melakukan pengerokan permukaan landasan,".katanya.

Menurutnya, PT Angkasa Pura II pada 2012 juga telah menuntaskan proses tender pekerjaan penebalan lanjutan pada landasan bandara Supadio. PT Waskita Karya, tuturnya menjadi pemenang tender dan akan memulai pekerjaan pada awal Januari 2013 dan ditargetkan 6 bulan selesai. Menurutnya penebalan itu, akan menambah umur performance runway Bandara Supadio hingga 3-4 tahun ke depan.

www.bisnis.com