Cari di Blog Ini

Sabtu, 19 Januari 2013

Alor, Wisata Laut Dengan 26 Titik Diving Yang Mempesona Para Penyelam Dunia

Kepopuleran Alor sebagai destinasi wisata bawah laut kelas dunia ternyata tidak banyak diketahui oleh wisatawan lokal. Justru wisatawan dari luar negeri yang banyak tahu tentang potensi keindahan bawah laut Alor yang berada di Nusa Tenggara Timur ini. Untuk obyek penyelaman keindahan bawah laut, di laut Alor tercatat memiliki 26 titik diving yang sangat terkenal popularitas bagi para penyelam dari berbagai negara.
Alor Nusa Tenggara Timur. ZonaAero
Alor, Surga Tersembunyi Indonesia

Alor di Nusa Tenggara Timur adalah surga tersembunyi, khususnya bagi turis mancanegara. Karena salah satu pulau kecil Indonesia ini memiliki 18 titik selam yang disebut "Baruna’s Dive Sites at Alor". Sampai saat ini turis bule memang lebih mengenal Pulau Alor dibanding wisatawan lokal. Banyak situs tentang Alor merupakan situs dengan bahasa Inggris,yang jelas ditujukan bagi wisatawan mancanegara (wisman). Selain paket turnya bertarif dolar Amerika, juga dilengkapi dengan foto-foto rombongan turis asing yang pernah berkunjung ke sana.

Pantai Maimol

Pantai Maimol mempunyai jarak yang Kurang lebih sekitar 8 km dari kota Kalabahi. Maimol sebagai kampung nelayan tradisional, memiliki potensi cukup baik guna menjadi penghasil ikan di wilayah kabupaten Alor, namun oleh pemerintah kabupaten Alor belum dikelola secara profesional.untuk menjadikan pantai maimol menjadi tujuan objek wisata yang bertaraf internasional

Taman Laut Selat Pantar

Keindahan dan keunikan alam bawah laut Selat Pantar sangat menakjubkan. Bahkan jika dibandingkan dengan Taman Laut Komodo di NTT, Berau di Kalimantan Timur, Bunaken di Sulawesi Utara dan Raja Ampat di Papua, Selat Pantar masih tetap yang terbaik, meski selama ini untuk diving, taman laut Komodo, Bunaken, Berau, dan Raja Ampat lebih populer, tapi di mata para diver kelas dunia taman laut Selat Pantar yang terletak di Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur, lebih unggul karena keindahannya yang menakjubkan. Konon terindah setelah taman laut Kepulauan Karibia. Banyak wisatawan asing yang pernah ke Alor terkagum-kagum. Sebab, selain dimanjakan keindahan taman lautnya, mereka juga menemukan fenomena taman laut tersebut langka dan sangat menarik. Makanya, wajar jika wisata bahari Alor dengan panorama bawah laut yang spefisik di Selat Pantar menjadi primadona dan pemikat bagi para diver kelas dunia dari Amerika, Australia, Austria, Inggris, Belgia, Belanda, Jerman, Kanada, Selandia Baru, dan beberapa negara di Asia.

Tercatat, ada 26 titik diving yang memesona wisatawan di sana. Ke-26 titik diving itu yaitu, Half Moon Bay, Peter’s Prize, Crocodile Rook, Cave Point, The Edge, Coral Clitts, Baeylon, The Arch, Fallt Line, The Pacth, Nite Delht, Kal’s Dream, The Ball, Trip Top, The Mlai Hall, No Man’s Land, The Chatedral, School’s Ut, dan Shark Close.

Taman Laut Selat Pantar Alor Nusa Tenggara Timur. ZonaAero
Titik diving yang terakhir ini sangat menarik karena merupakan kumpulan ikan hiu dasar laut yang sangat bersahabat dengan para diver. Keindahan bawah laut yang terdapat di Alor Besar, Alor Kecil, Dulolong, Pulau Buaya, Pulau Kepa, Pulau Ternate, Pulau Pantar, dan Pulau Pura, juga mengundang decak kagum para diver profesional dari Jakarta dan Bali untuk datang ke sana. Bahkan, para diver kelas dunia mengakui, bahwa kawasan taman laut Alor merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Tengok saja pengakuan Ken Parker dari Amerika Serikat, "More big fish, prolific swarming masses of schools than anywhere I’ve seen in 20 years of diving."

Wisata Lain

Bagi pendaki gunung yang menyukai tantangan di tempat yang masih belum terjamah, Gunung Delaki Sirung di Pulau Pantar dan Gunung Koya-Koya di Pulau Alor, adalah tempatnya. Kepenatan yang melelahkan itu segera sirna membawa kesejukan dan kesegaran jiwa setelah menyaksikan fenomena geologi vulkanik di Desa Air Panas dan Air Terjun di Pulau Pantar, taman wisata alam Tuti Adagae di Pulau Alor.

Sementara ranch mini peternakan rusa (terbaik di kawasan timur Indonesia) jangan dilewatkan untuk dikunjungi. Kesejukan dan kesegaran di alam Hutan Nostalgia juga akan menyapa setiap pengunjung yang ingin melepas kepenatan.