Cari di Blog Ini

Jumat, 18 Januari 2013

FAA Melarang Terbang Pesawat Boeing 787 Dreamliner

Federal Aviation Administration (FAA) atau Badan Penerbangan Federal Amerika pada Rabu 15 Januari 2013 melarang terbang semua pesawat Boeing 787 Dreamliner hingga kendala teknis yang sering didapati pada pesawat jenis baru tersebut bisa diatasi. Setelah pengumuman dari FAA tersebut, menyusul badan-badan pengawas penerbangan di seluruh dunia mengikuti dengan mengumumkan larangan terbang pesawat Boeing 787 Dreamliner.
Boeing 787 Dreamliner. ZonaAero
Badan Pengawas Penerbangan AS Larang Terbang Boeing 787 Dreamliner

Badan Penerbangan Federal Amerika (FAA) yang menetapkan standar bagi pengawas penerbangan sedunia, Rabu (15/1/2013) melarang Dreamliner terbang hingga risiko kebakaran baterai dapat diatasi. Maskapai-maskapai di Chili, India dan Eropa menghentikan penerbangan pesawat mereka, menyusul dihentikannya penerbangan Dreamliner di Amerika dan Jepang. Kamis pagi, 39 dari ke-50 pesawat Dreamliner yang beroperasi di seluruh dunia telah dilarang terbang.

Badan-badan pengawas penerbangan di seluruh dunia telah melarang terbang pesawat penumpang Boeing 787 Dreamliner, setelah peringatan keselamatan dikeluarkan oleh Badan Pengawas Penerbangan Federal Amerika.

FAA, yang menetapkan standar bagi pengawas penerbangan sedunia, hari Rabu (15/1/2013) memperingatkan bahwa pesawat generasi baru itu tidak boleh terbang sampai risiko kebakaran baterai dapat diatasi. Tindakan itu diambil sehari setelah satu dari pesawat bermesin dua dan berbadan lebar itu terpaksa melakukan pendaratan darurat di Jepang ketika peringatan cockpit memberi indikasi kerusakan baterai dan penumpang mencium sesuatu sedang terbakar.

www.voaindonesia.com