Cari di Blog Ini

Rabu, 09 Januari 2013

Menteri BUMN Resmikan Perum Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (PPNPI) Tanggal 16 Januari 2013

Menteri BUM Dahlan Iskan telah menyampaikan bahwa pendirian Perum Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (PPNPI) ditetapkan pada tanggal 16 Januari 2013. Dengan adanya Perum Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (PPNPI), layanan pengaturan navigasi penerbangan di seluruh wilayah Indonesia akan menjadi lebih terintegrasi.
Penerbangan
BUMN navigasi penerbangan diresmikan pekan depan

Pemerintah pekan depan akan meresmikan pembentukan Perum Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (PPNPI), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) baru yang mengatur lalu lintas udara. "Pembentukan Perum Navigasi akan diresmikan pada Rabu, 16 Januari 2013," kata Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan usai rapat di Kantor Pusat PT Wijaya Karya (Persero) Jakarta, Selasa.

Setelah ada PPNPI, Dahlan menjelaskan, pengelolaan navigasi penerbangan akan diintegrasikan. Dahlan menambahkan, Ichwanul Idrus yang sebelumnya menjabat Direktur Navigasi Kementerian Perhubungan akan diangkat menjadi direktur utama BUMN baru itu. "Ichwanul kita nilai cocok memimpin Perum Navigasi selain karena sudah berpengalaman juga memiliki jiwa kepemimpinan. Kita anggap mampu memimpin BUMN Navigasi," kata Dahlan.

Perum Navigasi akan berada di bawah Kementerian BUMN namun Kementerian Perhubungan juga terlibat dalam supervisi.

Selama ini Air Traffic Control (ATC) di Indonesia dikelola oleh dua BUMN yaitu PT Angkasa Pura I untuk wilayah Indonesia Timur dan PT Angkasa Pura II untuk wilayah Indonesia Barat. "Dengan terbentuknya BUMN baru ini diharapkan Indonesia akan siap mengambil alih seluruh pengelolaan sistem layanan penerbangan terintegrasi di Indonesia dalam 1-2 tahun mendatang," kata Dahlan.

www.antaranews.com