Cari di Blog Ini

Selasa, 20 Maret 2012

Banten Bangun Airport Pada Tahun 2014

Landasan Pacu Bandar Udara
Pembangunan Bandara Banten Selatan Mulai 2014

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten menargetkan pembangunan Bandar Udara (Bandara) Banten Selatan akan dimulai 2014 mendatang. Bandara yang akan dibangun di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang ini, akan menjadi penunjang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) bidang pariwisata di Tanjung Lesung, Pandeglang.

Dalam rangka merealisasikan rencana pembangunan Bandara Banten Selatan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten Muhadi, bersama Asda II Pemprov Banten HM Sholeh dan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Husni Hasan, Sabtu (17/3) melakukan kunjungan ke Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Kunjungan kerja ini, untuk melihat kondisi landasan pacu (run way) pesawat di Pulau Wangi-wangi, Kabupaten Wakatobi.

Menurut Sekda Banten Muhadi, akhir tahun 2014 Bandara Banten Selatan di Kecamatan Panimbang harus segera dibangun. "Jika semua persyaratan sudah terpenuhi dan mendapat persetujuan dari pusat, selambat-lambatnya akhir tahun 2014 Bandara Banten Selatan harus segera dibangun," jelas Muhadi.

Menurut Muhadi, pembangunan Bandara Banten Selatan di Panimbang bertujuan untuk mempermudah transportasi udara yang ada di Banten terutama untuk menunjang KEK Pariwisata Tanjung Lesung sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2012 dan kawasan –kawasan wisata lainya yang ada di Banten Selatan. Rencana pembangunan Bandara Banten Selatan untuk tahap awal, kata Muhadi, akan dibangun run way dengan panjang 2.500 meter dan lebar 30 meter. Sedangkan untuk pembangunan ke depanya, run way akan dibangun hingga panjang 3.500 meter sehingga bisa dilalui pesawat sejenis Boeing dan pesawat besar lainnya.

Sementara itu, Kepala Dishubkominfo Provinsi Banten Husni Hasan menambahkan, tujuan jajaran Pemprov Banten ke Kabupaten Wakatobi yaitu untuk melihat pembangunan run way di daerah tersebut, sebagai masukan bagi kegiatan pembangunan Bandara Banten Selatan. "Kementerian Perhubungan sudah memberi maklumat untuk segera melaksanakan pembangunan fisik Bandara Banten Selatan, karena penetapan lokasinya sudah disepakati sejak 2010 lalu," kata Husni.

Dijelaskan, pembangunan Bandara Banten Selatan akan dilaksanakan oleh pihak swasta, namun Pemprov Banten beserta pemerintah pusat akan mengasistensi perkembangan pembangunannya. "Semua sumber daya manusia atau navigator yang akan bekerja di Bandara Banten Selatan akan mendapat pelatihan dari Kementerian Perhubungan," ujarnya.

Setelah mendapat gambaran tentang langkah awal dalam membangun bandara, Gubernur Banten akan segera mengeluarkan surat izin pembangunannya. Sementara Dishubkominfo Banten juga akan segera meminta pihak swasta untuk segera membuat Design Engineering Detail (DED) pembangunan bandara udara tersebut. "Jika tidak ada hambatan dan berjalan sesuai target, pada 2015 Bandara Banten Selatan sudah bisa mulai dioperasikan," katanya.

www.suarapembaruan.com