Cari di Blog Ini

Senin, 12 Maret 2012

Astronot Perempuan China Mengangkasa Pertengahan Tahun 2012

Roket Longmarch China
Roket Longmarch China
Juni, China Terbangkan Astronot Perempuan

China memastikan akan mengirim astronot perempuan ke luar angkasa dalam misi peluncuran pesawat luar angkasa berawak pertamanya, meskipun penentuan tiga awak untuk misi masih belum final. "Kru yang beranggotakan tiga orang itu akan diputuskan pada detik-detik terakhir," kata Niu Hongguang, wakil kepala program Misi Roket Berawak China. Seperti dilansir Xinhua, Kamis 12 Maret 2012, para astronot itu kini tengah menjalani pelatihan.

Nantinya, tiga astronot terpilih akan terbang menggunakan pesawat luar angkasa Shenzhou-9 ke pangkalan antariksa Tiangong-1 yang diluncurkan September 2011. Penerbangan ini juga berarti rampungnya misi peluncuran luar angkasa pertama China yang dimulai dengan peluncuran pesawat Shenzhou-8, Oktober 2011.

Pemasangan Shenzhou-9 dan roket pembawanya, Longmarch 2F, telah selesai dilaksanakan. Proses peluncuran pesawat berawak ini diperkirakan akan dilaksanakan antara Juni dan Agustus tahun ini, ungkap Niu. "Misi peluncuran Shenzhou-8 dan Tiangong-1 telah menjadi dasar yang baik untuk pengiriman pesawat berawak tahun ini," kata Niu. Dia juga menambahkan, pesawat berawak ini akan menggunakan tekologi baru.

dunia.vivanews.com