Cari di Blog Ini

Sabtu, 17 Maret 2012

Pesawat Dan Rute Penerbangan Baru, Merpati Optimis Raih Pendapatan Rp. 2,1 Triliun

Pesawat Merpati Nusantara Airlines
Merpati Nusantara Airlines
Merpati Targetkan Pendapatan Rp 2,1 Triliun

PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) menargetkan pendapatan sebesar Rp 2,1 triliun sepanjang 2012. Maskapai pelat merah ini optimis peningkatan target akan ditopang dari ekspansi pengadaan pesawat dan pembukaan rute-rute baru.

Senior Vice President Sales dan Revenue Management Division PT Merpati Nusantara Airlines, Sugiharto mengatakan, dengan adanya ekspansi perseroan menargetkan jumlah penumpang dapat naik 7,84% menjadi 5,5 juta penumpang dari sebelumnya di 2011 sebanyak 5,1 juta penumpang. "Kami optimistis target jumlah penumpang tahun ini bisa tercapai karena pembukaan rute serta bertambahnya armada baru. Target kami load factor tahun ini bisa naik mencapai 85%, dibanding tahun lalu yang hanya 75%," katanya usai penyambutan penerbangan perdana rute Semarang-Jakarta di Bandara Internasional A Yani, hari ini.

Saat ini Merpati memiliki 35 pesawat, dan yang beroperasi hanya 25 unit. Pesawat-pesawat yang beroperasi tersebut adalah Boeing 737 series lima unit, Twin Otter lima unit, Cassa dua unit, Fokker 100 satu unit, Boeing 737-200 satu unit, dan MA 60 sebanyak 11 unit. "Pesawat-pesawat tersebut akan digunakan untuk menghidupkan kembali rute-rute yang sempat dihentikan karena kekurangan armada, diantaranya rute Ujung Pandang-Sorong, Ambon-Jayapura, Jakarta-Ampenan, Medan-Surabaya, dan Pontianak-Ujung Pandang," ujarnya.

Menurut dia, dibukanya kembali rute Semarang-Jakarta yang sempat ditutup pada 2004, merupakan respon terhadap pasar Semarang yang begitu potensial. Tercatat 2.500 orang terbang dari Semarang ke Jakarta tiap harinya. "Kami akan menghubungkan Semarang ke beberapa kota di Sumatera dan Kalimantan seperti Tanjung Karang, Pangkal Pinang dan Bengkulu," terangnya.

Rute Semarang-Jakarta akan dilayani oleh pesawat jenis Boeing 737 seri 400 dengan kapasitas 148 kursi. Jadwal keberangkatan dari Bandara Internasional Ahmad Yani pukul 16.35, sedang dari terminal 2F Bandara Soekarno Hatta pukul 15.00 dengan harga tiket mulai Rp 200.000.

Merpati juga akan membuka penerbangan terusan Semarang-Jakarta-Makassar, Semarang-Jakarta Biak, Semarang-Jakarta-Jayapura, dan Semarang-Jakarta-Merauke. Rencananya April nanti Merpati juga akan membuka rute penerbangan Jakarta-Semarang-Pangkalan Bun PP, serta Semarang-Jakarta-Pekanbaru-Medan-Batam dengan pesawat Boeing 737. "Di awal Maret kami telah membuka rute Tanjungkarang-Pangkal Pinang, dan Tanjungkarang-Bengkulu," kata Sugiharto.

www.suaramerdeka.com