Cari di Blog Ini

Jumat, 30 Maret 2012

Lokasi Jatuh Mesin F-1 Roket Saturn-V Pembawa Apollo 11 Ditemukan Bos Amazon

Roket Saturn-V pembawa pesawat Apollo 11
Mesin Apollo 11 Ditemukan di Dasar Samudera Atlantik

Pendiri situs Amazon, Jeff Bezos mengklaim dia telah menemukan lokasi mesin F-1 yang tenggelam di Samudera Atlantik. Mesin F-1 ini adalah mesin yang membawa Apollo 11 dalam misinya ke bulan pada 1969 lalu. Dalam tulisan di blognya, Bezos mengatakan lima mesin itu ditemukan berkat bantuan mesin sonar canggih di kedalaman 4.300 meter.

Mesin F-1 digunakan roket Saturn V yang membawa modul pendaratan Apollo 11 keluar Bumi menuju ke Bulan. Mesin itu terbakar hanya beberapa menit sebelum terpisah dari tingkat kedua roket dan jatuh ke Samudera Atlantik.

Pengumuman Bezos ini hanya beberapa hari setelah sutradara James Cameron sukses dengan ekspedisi laut dalamnya di Palung Mariana yang merupakan titik terdalam di Bumi.

Upaya pencarian mesin F-1 bukanlah hal berbau angkasa luar pertama yang dilakukan Bezos. Pada 2000 lalu, dia mendirikan sebuah perusahaan penerbangan, Blue Origin, yang mendapatkan dana NASA. Perusahaan ini bertugas merancang penerbangan sub orbit bisa dilakukan secara komersial.

Dalam situs ekspedisi Bezos, jutawan dan penggemar teknologi angkasa luar ini menggambarkan mesin F-1 sebagai salah satu keajaiban modern yang memiliki 32 juta tenaga kuda dan membakar 12.000kg kerosen dan oksigen cair tiap detiknya. "Saya berusia lima tahun saat menyaksikan peluncuran Apollo 11 di televisi. Dan tanpa keraguan peristiwa itu merupakan kontribusi terbesar atas kecintaan saya terhadap ilmu pengetahuan, teknologi dan eksplorasi. Kami belum tahu kondisi mesin-mesin ini. Mesin itu menghantam samudera dalam kecepatan tinggi dan tenggelam dalam air asin selama lebih dari 40 tahun. Di sisi lain, mesin ini dibuat dari bahan yang sangat kuat. Kita lihat saja," kata Bezos.

Tim ekspedisi yang dibiayai Bezos pribadi berencana untuk mencari satu atau dua mesin lagi. Bezos juga berencana untuk meminta izin NASA yang masih menjadi pemilik mesin itu untuk memamerkan mesin F-1 di Museum Penerbangan di Seattle, kampung halaman Bezos.

NASA sejauh ini masih meminta penjelasan lebih lanjut soal penemuan tersebut, demikian dilaporkan Associated Press. Benda-benda lain terkait misi Apollo -termasuk modul komando Apollo 11- saat ini tengah dipamerkan di Museum Penerbangan dan Angkasa Luar Smithsonian, Washington DC.

www.mediaindonesia.com