Cari di Blog Ini

Minggu, 11 Maret 2012

Pembangunan Bandara Sumarorong Kabupaten Mamasa Dipastikan Selesai Tahun 2012

Bandara Sumarorong Mamasa Sulawesi Barat
Bandara Sumarorong Mamasa Sulawesi Barat
Gubernur Yakin Bandara Sumarorong Selesai 2012

Pemerintah di Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat menganggarkan sekitar Rp7 miliar yang bersumber dari APBD untuk pembebasan lahan yang akan digunakan untuk bandara di Kecamatan Sumarorong. “Pada 2012 pemerintah di Mamasa telah mengalokasikan anggaran untuk melakukan pembebasan areal pembangunan Bandara Sumarorong Kabupaten Mamasa sekitar Rp7 miliar,” kata Bupati Mamasa Ramlan Badawi di Mamuju, Selasa. Ia mengatakan, anggaran tersebut dialokasikan melalui APBD Mamasa tahun 2012 dan akan digunakan untuk membebaskan areal Bandara Sumarorong yang saat ini masih dikuasai masyarakat seluas delapan hektare. Menurut dia, dengan akan dibebaskannya lokasi pembangunan Bandara Sumarorong Kabupaten Mamasa, nantinya bandara itu memiliki panjang landasan pacu sekitar 700 meter akan dapat semakin digenjot. Ia mengatakan, pemerintah pusat telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan Bandara Sumarorong Mamasa sekitar Rp150 miliar pada 2012. “Sebelumnya pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan akan mengalokasikan anggaran untuk pembangunan Bandara Sumarorong Mamasa sekitar Rp14 miliar di tahun 2012, namun kemudian ditingkatkan menjadi Rp150 miliar,” katanya. Menurut dia, Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh terus berjuang agar anggaran pembangunan Bandara Sumarorong Mamasa ditingkatkan karena keinginannya membuat bandara di Kecamatan Sumarorong yang merupakan bandara perintis dapat cepat dirampungkan pembangunannya dengan anggaran besar. Menurut dia, dengan anggaran sekitar Rp150 juta maka landasan pacu Bandara Sumarorong sepanjang 700 meter akan segera dirampungkan pembangunannya, untuk segera dapat dioperasikan sebagai sarana transportasi udara di Kabupaten Mamasa.
Gubernur Sulawesi Barat, Anwar Adnan Saleh, yakin pembangunan Bandara Sumarorong di Kabupaten Mamasa akan selesai dalam tahun 2012.

Keyakinan Anwar itu dia sampaikan dalam bincang-bincang dengan sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat Mamasa di ruang mes Pemprov Sulbar di Aralle, Senin (5/3) malam, usai membuka pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Mamasa yang dipusatkan di Aralle.

Keyakinan Anwar itu cukup beralasan, sebab menurutnya, saat ini pembangunan bandara dengan landasan pacu sepanjang 1500 meter di Sumarorong ini kembali mendapatkan tambahan anggaran dari Kementrian Perhubungan sebesar Rp114 miliar. "Tadinya saya sempat marah-marah sama Menteri Perhubungan soal bandara karena anggarannya dikurangi. Sekarang sudah dikembalikan Rp114 miliar. Jadi saya yakin betul 2012, itu bandara selesai 1.500 meter," ujar Anwar.

www.ujungpandangekspres.com