Cari di Blog Ini

Sabtu, 24 Maret 2012

Pembangunan Bandara Barito Utara Kalimantan Tengah Ditargetkan Selesai Tahun 2013

Bandara Beringin, Muara Teweh, Kalimantan Tengah
Bandara Barito Utara Selesai 2013

Pembangunan bandara baru di Desa Trinsing, Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, ditargetkan selesai pada 2013. "Pemerintah pusat pada 2013 akan mengucurkan dana sebesar Rp36 miliar untuk menyelesaikan pembangunan bandara tersebut," kata Bupati Barito Utara Achmad Yuliansyah di Muara Teweh, Selasa (20/3/2012).

Menurut Yuliansyah, pada 2012 bandara tersebut masih dalam pekerjaan di antaranya pembenahan akhir untuk kawasan taksi, apron, dan drainase.

Bandara baru yang sedang dibangun itu berada di lahan seluas 180 hektare dan memiliki panjang landasan 2.250 meter dan lebar run way 30 meter. Bandara baru itu menggantikan bandara lama, yakni Bandara Beringin Muara Teweh yang tidak bisa dikembangkan lagi. Bandara yang baru ini nantinya bakal bisa didarati pesawat berbadan besar seperti Fokker dan Boeing. "Kami mengharapkan bandara itu selesai sesuai target dan tahun depan mulai operasional," katanya.

Pembangunan bandara tersebut selain mendapat bantuan pemerintah pusat juga dari APBD kabupaten sejak 2006 yang diperkirakan menelan dana sekitar Rp300 miliar.

www.mediaindonesia.com