Cari di Blog Ini

Kamis, 02 Februari 2012

Pemindahan Terminal Penerbangan Internasional Bandara Soekarno-Hatta

Pemindahan Terminal Penerbangan Internasional Bandara Soekarno-Hatta
Relokasi Penerbangan Internasional di Terminal 2D dan E

Seiring dengan penataan yang sedang dilakukan, PT Angkasa Pura II, selaku pengelola bandara akan merelokasi penerbangan luar negeri di Terminal 2D dan 2E Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, terhitung Senin (6/2/2012) pukul 00.00 WIB. "Adanya perubahan lokasi ini sejalan dengan penataan Bandara Soekarno Hatta menuju bandara berkelas dunia pada 2014 mendatang," kata Deputi General Manager PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Soekarno Hatta, Mulya Abdi, kepada wartawan, Rabu (1/2/2012) sore.

Dalam relokasi itu, lanjut Mulya, sejumlah maskapai penerbangan dipindahkan dari Terminal 2D ke 2E, dan sebaliknya dari 2E ke 2D. Maskapai yang direlokasi dari Terminal 2D ke 2E adalah Saudi Arabia (SV), China Airlnes (CI), China Southern (CZ), Korean Air (KE). Sementara maskapai yang berubah lokasi penerbangan dari Terminal 2E ke 2D, yakni Tiger Airways (TR), Lion Air (JT), Value Air (VF), Kuwait Airways (KU), dan Yeremia Airlines (IY).

Sementara maskapai penerbangan yang tidak pindah dari Terminal 2D namun terjadi perpindahan pendaftaran kembali penumpang adalah Royal Brunei Airlines (BI), Emirates Airline (EK), dan Philipines Airline (PH). Sementara maskapai penerbangan yang tetap di Terminal 2E namun berubah tempat pendaftaran kembali penumpang adalah Sriwijaya Air (SJY). Maskapai penerbangan yang tidak mengalami perubahan tempat dan pendaftaran kembali di Terminal 2D adalah SingaporeAirlines (SQ), Thai Airways (TG), dan Batavia Airlines (Y6).

Sementara maskapai penerbangan yang tidak mengalami perubahan tempat dan pendaftaran penumpang di Terminal 2E adalah Garuda Indonesia (GA), KLM Royal Deutch (KL) dan Mihinlaka.

Senior Manager Services PT AP II Bandara Internasional Soekarno Hatta Jaya, Tahoma Sirait, menjelaskan, saat ini jumlah penumpang di Terminal 2 D sudah mencapai 17.482 orang per hari, baik yang berangkat dan datang. Sementara di terminal 2E mencapai 11.995 orang per hari. "Adanya relokasi ini, diharapkan di Terminal 2 D jumlah penumpang berkurang menjadi 13.600 orang per hari, dan di Terminal 2E jumlah penumpang naik menjadi 12.700 per hari," kata Jaya.

megapolitan.kompas.com