Cari di Blog Ini

Selasa, 21 Februari 2012

Penerbangan Jakarta-Mamuju Dilayani Pesawat Garuda Indonesia dan Sriwijaya

Penerbangan Jakarta-Mamuju Dilayani Pesawat Garuda Indonesia dan Sriwijaya.
Sriwijaya Terbangi Rute Mamuju-Jakarta

Maskapai Sriwijaya Air akan membuka rute penerbangan dari Bandara Tampapadang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, untuk melayani rute Mamuju-Jakarta pada 2012. "Untuk meningkatkan akses transportasi udara di Sulbar, pemerintah di Sulbar telah menjalin kerja sama dengan maskapai Sriwijaya Air," kata Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Senin (20/2).

Ia mengatakan dalam kerja sama itu maskapai Sriwijaya Air telah menyatakan diri siap melayani rute penerbangan dari Mamuju ibukota Provinsi Sulbar menuju Jakarta setiap harinya. "Meskipun belum ada kepastian kapan Sriwijaya akan melakukan penerbangan perdana dari Jakarta menuju Mamuju, namun maskapai tersebut telah memberikan kepastian akan membuka rute penerbangan Mamuju-Jakarta pada tahun ini,"katanya.

Gubernur mengatakan selain maskapai Sriwijaya Air yang menyatakan diri siap membuka rute penerbangan ke Sulbar, maskapai penerbangan Garuda Indonesia juga sudah menyatakan diri bersiap membuka rute penerbangan dari Mamuju menuju Jakarta. Ia mengatakan Garuda Indonesia menyatakan diri siap membuka rute penerbangan ke Sulbar setelah jalan lingkar yang akan dibangun di Bandara Tampapadang Mamuju setelah dilaksanakan tahun ini. "Garuda menyatakan jalan lingkar Bandara Tampapadang Mamuju segera diselesaikan dulu agar pesawatnya dapat lebih leluasa mendarat di bandara tersebut,"katanya.

Menurut dia, pembangunan bandara Mamuju terus digenjot pembangunannya pada tahun ini dalam rangka menyambut akan dibukanya rute penerbangan dari Mamuju menuju Jakarta, diantaranya, dengan membangun infrastruktur Bandara Tampapadang Mamuju dengan memperluas landasan pacunya agar bisa didarati pesawat berbadan besar seperti Garuda dan Sriwijaya Air. "Pemerintah akan melakukan perluasan landasan pacu Bandara Tampapadang Mamuju dari sepanjang 2.025 meter menjadi 2.500 meter dan memperlebar landasan pacu dari 25 meter menjadi 45 meter pada 2011, dengan anggaran ratusan miliar rupiah untuk meningkatkan akses transportasi udara didaerah ini," katanya.

Selain itu, kata dia, akan dibangun jalan lingkar dibandara Tampapadang Mamuju dengan mengalihkan jalan trans sulawesi di depan bandara untuk mendukung akan diperluasnya landasan pacu bandara dengan anggaran puluhan miliar rupiah," katanya.

www.mediaindonesia.com