Cari di Blog Ini

Senin, 04 Februari 2013

Garuda Indonesia Buka Penerbangan Langsung Jakarta-London Tahun Ini

Pada tahun ini rute penerbangan langsung Jakarta-London siap dilayani pesawat Garuda Indonesia. Setidaknya pada kuartal IV tahun 2013, Garuda Indonesia sudah melayani penerbangan langsung Jakarta-London. Rute penerbangan internasional ini akan dilayani menggunakan pesawat berbadan lebar jenis Boeing 777-300 Extended Range yang memiliki kapasitas penumpang hingga 314 orang.
Garuda Indonesia. ZonaAero
Garuda Indonesia
Garuda Indonesia Operasikan Rute Jakarta-London

Maskapai Garuda Indonesia akan mengoperasikan rute Jakarta-London secara langsung. Rencana tersebut akan dimulai pada kuartal IV-2013. Langkah ini dilakukan sebagai pengembangan penerbangan internasional dan sebagai bagian dari langkah perusahaan menjadi pemain global. Maskapai pelat merah ini akan mengoperasikan rute penerbangan langsung dari London-Jakarta melalui Gatwick Airport, London. Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar menjelaskan penerbangan langsung tersebut akan dilayani Garuda Indonesia enam kali setiap minggu menggunakan pesawat Boeing 777-300 Extended Range berkapasitas 314 penumpang, terdiri dari 8 kursi first class, 38 kursi business class, dan 268 kursi economy class.

Pembukaan rute penerbangan Jakarta-London diharapkan dapat mendorong aktivitas ekonomi antara Indonesia dan Inggris. Hal ini menyusul terus meningkatnya transaksi perdagangan di antara kedua negara setiap tahunnya. Kehadiran rute penerbangan langsung Jakarta-London akan melengkapi rute internasional Jakarta-Abu Dhabi-Amsterdam.

Pembukaan rute ini merupakan bagian dari program Quantum Leap 2011-2015 untuk mengembangkan jaringan penerbangan internasional. "Sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan layanan kepada pengguna jasa, rute penerbangan baru ini akan dilayani dengan armada Boeing 777-300ER yang dilengkapi dengan WiFi dan layanan "Chef on Board" untuk "First Class". Layanan ini dihadirkan untuk memberikan kenyamanan lebih kepada penumpang ketika melakukan penerbangan jarak jauh," kata Emir dalam siaran pers di Jakarta, Minggu (3/2/2013).

Menurut Emir, pihaknya memilih Gatwick sebagai bandara operasional untuk penerbangan langsung Jakarta-London karena kenyamanan serta luasnya jaringan dan pilihan aksesibilitasnya menuju negara-negara Eropa lainnya. Pembukaan rute baru ini juga diharapkan dapat membuka akses langsung dari Asia Tenggara ke Eropa ataupun sebaliknya.

Selain rute tersebut, tahun ini Garuda Indonesia juga akan membuka rute-rute penerbangan internasional baru menuju Auckland dan Brisbane. Selain itu, Garuda Indonesia juga terus memperluas jaringan penerbangannya ke Eropa melalui codeshare agreement dengan maskapai-maskapai penerbangan internasional lainnya, termasuk Etihad Airways, yang memungkinkan penumpang untuk terbang ke 7 kota besar di seluruh Eropa.

bisniskeuangan.kompas.com