Cari di Blog Ini

Senin, 25 Februari 2013

Runway Bandara Dewandaru Karimunjawa Akan Diperpanjang Menjadi 1.200 Meter

Landasan pacu di Bandara Dewandaru, Karimunjawa, akan ditambah lagi panjangnya menjadi 1.200 meter. Saat ini landasan pacu Bandara Dewandaru hanya memiliki panjang 800 meter sehingga hanya bisa didarati oleh pesawat berukuran kecil saja. Untuk melaksanakan rencana tersebut, pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah menggandeng beberapa pihak.
Bandara Dewandaru, Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. ZonaAero
Bandara Dewandaru, Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
Landasan Pacu Dewandaru Akan Diperpanjang

Guna mendukung transportasi wisata Semarang - Karimunjawa, pemerintah provinsi Jateng dengan menggandeng stakeholder-nya akan meningkatkan potensi Bandara Dewandaru Karimunjawa, Kabupaten Jepara.

Langkahnya adalah dengan memperpanjang landasan pacu (runway) yang semula 800 meter menjadi 1200 meter. Ini penting agar bisa melayani lebih banyak pesawat, karena selama ini bandara itu hanya bisa didarati pesawat kecil, pada waktu-waktu tertentu saja. "Ya kemungkinan memang runway akan diperpanjang. Karena kalau banyak pesawat bisa mendarat di sana, akan membantu transportasi wisata yang selama ini hanya bisa dilayani oleh angkutan kapal," kata Prasetyo Aribowo, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Jateng, Sabtu (23/2/2013) di Semarang.

Terkait transportasi wisata, selama ini hanya ada dua kapal yang melayani rute itu, yakni KM Muria ekonomi dan KM Express Bahari 2 kelas eksekutif. Keduanya punya waktu tempuh berbeda. "Jika menggunakan kapal, pada bulan-bulan antara Desember sampai Maret sangat rawan gelombang besar, sehingga kapal tidak berani melayani penyeberangan," kata Prasetyo Aribnowo.

www.suaramerdeka.com