Cari di Blog Ini

Senin, 25 Februari 2013

Bandara Kalimarau Berau Diusulkan Menjadi Bandara Internasional

Fasilitas di Bandara Kalimarau, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, dinilai sudah lengkap dan memadai sehingga bandara tersebut sangat memungkinkan untuk melayani penerbangan internasional. Menteri perhubungan menyambut baik usulan dari Bupati Berau dan Gubernur Kalimantan Timur agar Bandara Kalimarau bisa segera dijadikan bandara internasional yang melayani penerbangan ke luar negeri.
Bandara Kalimarau, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. ZonaAero
Bandara Kalimarau, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur
Segera Jadi Bandara Internasional

Pembangunan terminal baru Bandara Kalimarau yang diprakarsai Pemerintah Kabupaten Berau mendapat pujian tiga menteri yang hadir di grand opening, Sabtu (23/2/2013). Para menteri tampak terpukau saat meninjau langsung seluruh bagian terminal baru yang kini sudah dilengkapi terminal keberangkatan dan kedatangan internasional itu.

Menteri Perhubungan EE Mangindaan yang ketika itu menerima usulan dari Bupati Berau Makmur HAPK dan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak agar Bandara Kalimarau bisa menjadi bandara internasional, langsung merespon dan meminta Dirjen Perhubungan Udara segera menindaklanjuti usulan. Artinya, tidak lama lagi Bandara Kalimarau yang kini masih jadi satu-satunya bandara di Kalimantan yang dilengkapi garbarata ini bakal menjadi bandara internasional. "Kalau memang persyaratan untuk itu sudah terpenuhi, why not? Bandara ini bisa menjadi bandara internasional," ungkap EE Mangindaan disambut tepuk tangan lebih seribu undangan yang hadir.

Tidak hanya Menhub EE Mangindaan yang mendukung Bandara Kalimarau menjadi bandara internasional. Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin yang juga meninjau seluruh fasilitas yang tersedia di terminal internasional, termasuk tempat pemeriksaan imigrasi yang berada di bawah kendali Kementerian Hukum dan HAM, mengakui kalau seluruh perangkat yang ada sudah lengkap. Ia bahkan mendukung penuh segera beroperasinya Bandara Kalimarau menjadi bandara internasional. Terlebih Berau saat ini menjadi salah satu kiblat wisata di Kalimantan Timur. "Tentu kita akan dukung penuh dan ini harus segera ditindaklanjuti, terlebih rute internasional juga segera terbuka di daerah ini," ungkapnya.

Maskapai siap

Bupati Makmur juga mengungkapkan pengembangan Kalimarau dan rencana pembukaan beberapa maskapai penerbangan ke Berau. Makmur berharap langkah pemerintah daerah tersebut mendapat dukungan dari pemerintah pusat. "Saat ini sudah ada beberapa maskapai yang sudah siap membuka rute ke Berau dengan semakin meningkatnya frekuensi aktivitas masyarakat melalui transportasi udara ini," ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak yang menyebutkan maskapai Maswings yang kini melayani rute Tarakan-Tawau di Malaysia Timur juga bersiap membuka rute ke Berau. Belum lagi rencana Wings Air yang juga membuka rute Kinibalu-Berau. "Tidak hanya kemudahan bagi masyarakat di daerah ini, tetapi juga memudahkan masyarakat Indonesia yang bekerja di negara tetangga," ungkapnya.

www.kaltimpost.co.id