Cari di Blog Ini

Rabu, 13 Februari 2013

Fokus Layani Penerbangan Haji, Garuda Indonesia Tunda Resmikan Rute Penerbangan Baru

Garuda Indonesia memutuskan untuk menunda peresmian beberapa rute penerbangan barunya agar bisa lebih fokus melayani penerbangan Haji pada tahun 2013 ini. Beberapa rute penerbangan baru yang ditunda peresmiannya oleh Garuda Indonesia tersebut termasuk lima rute penerbangan yang memiliki titik keberangkatan penerbangan dari Surabaya-Batam, Banjarmasin, Medan, Singapore hingga Jeddah.
Garuda Indonesia Boeing 747-400. ZonaAero
Garuda Indonesia Boeing 747-400
Garuda Indonesia Tunda Rute Penerbangan Baru

Maskapai Garuda Indonesia dipastikan menunda lima rute penerbangan baru. Pasalnya, perusahaan milik BUMN ini tengah memfokuskan maskapainya untuk mengangkut jemaah tahun 2013. "Agak kesulitan juga ketika musim haji kebetulan di kawasan Eropa sedang musim Summer dan menjadi musim liburnya mereka," papar General Manager Branch Office Surabaya PT. Garuda Indonesia (GI) Tbk, Ari Suryanta, Selasa (12/02/2013).

Disebutkan, rencana rute baru tersebut dengan titik berangkat Surabaya-Batam, Banjarmasin, Medan, Singapore hingga Jeddah. Rute baru tersebut rencananya menggunakan pesawat B 747 seri 400. Namun, lantaran proses keberangkatan haji kerap terkendala. Tandasnya, tahun ini, PT GI lebih memfokuskan pada musin haji 2013 mendatang. "Kami sudah menyediakan dua pesawat jenis B 747-400 dengan kapasitas 450 penumpang. Sementara untuk rute domestik akan dilayani menggunakan Pesawat Boeing 737-800 Next Generation. Biasanya pesawat dua jenis itu untuk carteran dimusim liburan saja," ujar Ari.

Seperti diketahui, PT GI sebelumnya mengajukan rencana penambahan lima rute penerbangan langsung baik domestik maupun internasional pada 2013. Rute internasional berskala regional seperti Surabaya-Singapura kembali dihidupkan setelah ditutup beberapa tahun lalu.

Ari Suryanta mengungkapkan penambahan lima rute penerbangan ini akan melengkapai tujuh rute yang ada pada 2012 lalu. "Jadi nantinya ada 12 rute yang menerbangi Surabaya ke sejumlah tujuan hingga akhir 2013. Tujuh rute asal Surabaya yang ada di 2012 diantaranya terdapat dua rute yang akan dibuka pada November 2012 yaitu rute Surabaya-Semarang dan Surabaya-Mataram," pungkasnya.

www.lensaindonesia.com