Jumat, 01 Februari 2013




: Posted on Jumat, 01 Februari 2013 - 04.03

Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin telah ditargetkan akan menjadi bandara internasional oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Peningkatan status Bandara Syamsudin Noor ini parallel dengan semakin banyaknya masyarakat di Kalimantan Selatan yang sering bepergian ke luar negeri, misalnya ke Singapura dan Malaysia. Setelah Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin menjadi bandara yang juga digunakan untuk melayani penerbangan internasional, diharapkan kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri ke kawasan wisata di Provinsi Kalimantan Selatan juga akan meningkat.
Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin. ZonaAero
Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin
2014, Syamsudin Noor Jadi Bandara Internasional

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menargetkan pada 2014 Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin menjadi bandara internasional sehingga penerbangan ke berbagai negara bisa dilakukan secara langsung. Kepala Bidang Angkutan Udara Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi Kalsel, Ismail Iskandar di Banjarmasin, Selasa mengatakan, status Syamsudin Noor menjadi bandara internasional sangat penting untuk segera diwujudkan karena akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata Kalsel. "Beberapa fasilitas penting agar Syamsudin Noor menjadi bandara internasional sebenarnya sudah cukup, hanya terkendala pada kondisi terminal penumpang saja, kita akan berjuang pada 2014 ini cita-cita tersebut bisa terwujud," katanya.

Menurut dia, dengan adanya bandara internasional di Kalimantan Selatan, maka diyakini sektor pariwisata Kalsel terutama pariwisata religius akan jauh lebih berkembang, karena dalam setiap tahunnya cukup banyak warga negara Malaysia, Singapura dan beberapa negara lainnya yang berkunjung ke Kalsel untuk ziarah ke beberapa makam ulama terkenal. Para peziarah tersebut, beberapa diantaranya adalah warga Kalsel yang kini menjadi warga negara Malaysia dan lainnya, yang ingin melihat langsung perkembangan Islam dan sejarah nenek moyang mereka. Selain itu, kata dia, tidak sedikit warga Kalsel yang sering melakukan perjalanan ke berbagai negara, terutama ke Singapura, baik itu melakukan bisnis maupun perjalanan wisata. "Cukup banyak warga Kalsel yang pulang pergi ke Singapura, sehingga wajar bila kini sudah ada penerbangan langsung Banjarmasin-Singapura," katanya.

Sebelumnya, Silk Air telah mengadakan pembicaraan dengan pejabat di Kalsel dan PT Angkasa pura untuk membuka jalur penerbangan langsung Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru ke Bandara Changi, Singapura. Hanya saja, untuk melaksanakan rencana tersebut, perlu adanya perubahan status Bandara Syamsudin Noor dari domestik menjadi internasional. Hal tersebut, karena berkaitan dengan perizinan ke tingkat atas disamping perlu adanya pembenahan pembangunan terminal baru dan fasilitas yang memadai.

Berdasarkan survei yang dilakukan Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (Indonesia National Air Carrier Association/INACA) animo warga Kalsel khususnya pengusaha, pelajar, orang yang mau berobat dan wisatawan untuk bisa terbang langsung dari Bandara Syamsudin Noor ke Singapura sangat tinggi. "Melihat potensi tersebut, bila Syamsudin Noor menjadi bandara internasional, tentu akan sangat menguntungkan bagi Kalsel," katanya.

Saat ini, kata dia, pemerintah bersama PT Angkasa Pura sedang melakukan pembahasan intensif untuk meningkatkan fasilitas bandara sehingga layak menjadi bandara internasional.

www.republika.co.id


Bagikan :


Artikel penerbangan terkait :
thumbnail Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin Akan Menjadi Bandara Internasional Tahun Depan Johan Suryantoro 2013-02-01T04:03:00+07:00 5.0 5 Reviews

Copyright © 2013. ZonaAero | Template by Full Blog Design | Proudly powered by Blogger
ZonaAero