Cari di Blog Ini

Selasa, 05 Februari 2013

Garuda Indonesia Siapkan Medan Jadi Penerbangan Penghubung Kedua

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia tengah persiapkan Medan untuk menjadi penerbangan penghubungnya (Hub) yang kedua. Melalui Medan, pesawat Garuda Indonesia akan melayani penerbangan yang menghubungkan Medan-Banda Aceh, Padang, Batam, dan Palembang. Hub Medan ini rencananya akan rampung disiapkan pada kuartal II tahun 2013.
Garuda Indonesia. ZonaAero
Garuda Indonesia
Garuda Targetkan Bangun Penghubung di Medan

PT Garuda Indonesia Airlines Tbk (GIAA) membuka penerbangan penghubung (HUB) di Makassar agar dapat menghubungkan kota-kota di Timur Indonesia. Kawasan selanjutnya yang menjadi bidikan yakni HUB kedua di Medan, Sumatera Utara. "Yang kita sentuh itu pasar lokal yang permintaannya kuat. Di Jakarta, Makassar, dan Barat Medan. Dengan adanya based di Medan, kita bisa melayani pasar lokal di Medan," jelas VP Service Planning Garuda Indonesia Prijastono Purwanto, di Makassar, Senin (4/1/2013).

Prijastono mengatakan, untuk membuka HUB baru tersebut, diperkirakan rampung pada kuartal II tahun 2013. Meski demikian, masih belum diketahui dengan pasti jumlah pesawat yang dibutuhkan. "Akan melayani Medan-Banda Aceh, Batam, Padang, dan Palembang," ujar Prijastono.

Menurut Prijastono, Medan termasuk rute dengan trafik penerbangan yang tinggi, layaknya Makassar yang berada di Timur. Namun, diungkapkannya, saat ini perseroan lebih memfokuskan penambahan rute di kawasan timur.

VP Eastern Indonesia Region Garuda Indonesia Rosyinah mengatakan, HUB kedua memang dapat berada di Medan, akan tetapi dapat juga direncanakan HUB ketiga di Balikpapan. "Karena di sana juga flight tinggi. Di Berau juga akan ditambah. Mungkin bisa saja Balikpapan jadi penghubung Medan dan Makassar," ujar Rosyinah.

economy.okezone.com